7 Tanaman yang Membuat Ruangan Jadi Lebih Sejuk

Mama bisa menghemat listrik dengan bantuan tanaman ini!

24 November 2021

7 Tanaman Membuat Ruangan Jadi Lebih Sejuk
Freepik/Rawpixel.com

Salah satu kelebihan menanam tanaman di rumah, yakni bisa memberikan pasokan udara yang banyak.

Makanya, tidak jarang rumah yang ditanami tanaman akan terasa lebih asri dan juga lebih sejuk. Kegiatan menanam tanaman jadi salah satu hal yang penting dilakukan di rumah, apalagi di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Pada umumnya, sebagian besar tanaman jenis apapun mampu memproduksi O2 atau oksigen dan menarik CO2 atau karbon dioksida. Namun, tahukah Mama bahwa ada tanaman-tanaman tertentu yang memberikan efek sejuk yang lebih pada ruangan?

Dengan tanaman tersebut, rumah Mama akan terasa lebih sejuk sekalipun tidak menggunakan pendingin ruangan. Berikut 7 tanaman yang dapat membuat ruangan semakin sejuk yang sudah Popmama.com rangkum.

Yuk, disimak!

1. Tanaman Lidah Mertua atau Snake Plant

1. Tanaman Lidah Mertua atau Snake Plant
Pexels/fabianstroobants

Tanaman sansevieria atau yang dikenal dengan nama lidah mertua termasuk salah satu tanaman hias yang paling sering diminati. Lidah mertua termasuk jenis tanaman sukulen, yakni memiliki kemampuan untuk tahan di tempat kering.

Maka dari itu, perawatan tanaman ini tidaklah sulit karena hanya membutuhkan sedikit air dan cahaya matahari. Tanaman lidah mertua dikenal dengan bentuk daun yang panjang dan tegak ke atas. Tanaman ini berfungsi sebagai pembersih udara karena mampu menyerap racun yang ada di ruangan.

Lidah mertua juga dipercaya mampu membersihkan polusi udara baik di dalam maupun luar ruangan secara alami. Sebagai gantinya, tanaman lidah mertua akan melepaskan oksigen ke lingkungan sekitarnya.

2. Tanaman Aglaonema atau Sri Rezeki

2. Tanaman Aglaonema atau Sri Rezeki
Pexels/tiiapakk

Tanaman aglaonema juga menjadi pilihan yang tepat untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk. Tanaman ini memiliki nama lain yang unik, yaitu sri rezeki. Aglaonema juga menjadi tanaman hias yang cukup populer karena bentuknya yang indah dan kemudahan merawatnya.

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang oval dan corak pada daunnya. Selain itu tanaman ini juga mudah dirawat karena hanya membutuhkan jumlah air yang sedang dan cahaya matahari yang rendah. Maka dari itu, tanaman ini cocok ditanam dalam ruangan.

Aglaonema terkenal dengan kemampuan membersihkan udara dari racun formaldehida dan benzena. Tidak hanya itu, tanaman ini juga baik untuk kesehatan karena dapat memancarkan oksigen ke lingkungannya.

Bahkan, tanaman ini tergolong yang terbaik dalam membersihkan udara menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Editors' Picks

3. Tanaman Laba-Laba atau Spider Plant

3. Tanaman Laba-Laba atau Spider Plant
Pexels/kulbir

Tanaman laba-laba atau yang disebut spider plant bukan tanaman yang terbuat dari atau dipenuhi oleh laba-laba.

Tanaman ini disebut spider plant karena bentuk dari daunnya yang kurus-kurus dan jatuh menyerupai kaki laba-laba. Tanaman yang satu ini juga termasuk salah satu juara pembersih udara menurut laporan dari NASA.

Apakah Mama tahu bahwa produk rumah tangga seperti kayu manufaktur, produk plastik hingga pakaian dan tirai memiliki bahan kimia bernama formaldehida. Bahan kimia ini termasuk penyebab kanker yang berasal dari udara.

Di sisi lain, tanaman spider plant telah melalui uji coba NASA dan telah dibuktikan mampu menghilangkan sekitar 90 persen bahan kimia.

Ketika mulai menyerap bahan kimia berbahaya dan membersihkan udara, maka tanaman ini juga melepaskan oksigen sehingga membuat rumah Mama terasa lebih sejuk. Sebagai bonus, tanaman ini juga aman apabila Mama memiliki hewan peliharaan di rumah.

4. Tanaman Koin Cina atau Chinese Money Plant

4. Tanaman Koin Cina atau Chinese Money Plant
Pexels/urielmont

Chinese money plant merupakan sebuah taanaman yang berasal dari Negara China. Sama seperti yang sebelumnya, nama money plant ini diberikan karena tampilan daunnya yang menyerupai uang koin China.

Tidak dapat mengeluarkan uang asli, tetapi tanaman ini memberikan manfaat yang lebih banyak. Tanaman ini mampu menyaring dan menghilangkan udara yang kotor di ruangan dan memberikan aliran oksigen dalam jumlah yang banyak.

Dari fungsinya ini juga memunculkan manfaat-manfaat dalam kesehatan, seperti mengurangi stress, gangguan tidur dan berbagai hal lainnya.

Tanaman ini mampu membuat ruangan Mama terasa lebih sejuk secara alami. Tidak perlu khawatir akan perawatannya, karena tanaman ini hanya memerlukan perawatan yang rendah. Jenis ini justru dapat lebih maksimal bekerja ketika di tanam dalam ruangan.

Ukuran yang bisa dicapai oleh money plant sekitar 20 hingga 30 centimeter dan sangat cocok dijadikan dekorasi ruangan juga. 

5. Tanaman Palem Kuning atau Areca Palm

5. Tanaman Palem Kuning atau Areca Palm
Instagram.com/matildabotanic

Jika tanaman-tanaman sebelumnya mungkin tidak terlalu besar, tanaman yang satu ini mampu bertumbuh hingga 2 meter di dalam pot. Palem kuning atau areca palm harus menjadi salah satu pilihan Mama untuk membuat ruangan menjadi sejuk.

Areca palm yang diletakkan dalam ruangan dapat meningkatkan kelembapan di sekitar ruangan tersebut. Seperti yang Mama ketahui, kulit yang terlalu sering terpapar udara kering seperti pendingin ruangan tidaklah baik.

Tanaman ini dapat menghasilkan oksigen yang lebih banyak karena luas permukaan daunnya juga lebih banyak.

Areca palm juga termasuk tanaman yang dapat membersihkan udara dari polusi di dalam ruangan menurut laporan NASA. Hasilnya, tanaman ini menghasilkan udara bebas polusi yang tentunya lebih baik untuk kesehatan keluarga Mama.

Tanaman satu ini juga sangat cocok dijadikan dekorasi rumah karena bentuknya tinggi dan daunnya hijau asri.

6. Tanaman Ara atau Weeping Fig

6. Tanaman Ara atau Weeping Fig
Instagram.com/ thevenetianpantry

Weeping fig dalam nama ilmiahnya merupakan salah satu tanaman penyaring udara terbaik selanjutnya menurut NASA.

Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan Australia. Mirip dengan spider plant, tanaman ini juga dapat menyaring udara dari bahan kimia yang ada dalam ruangan. Dengan daun yang lebat, tanaman ini dinilai dapat menjaga kelembapan udara dalam ruangan.

Inilah yang membuat ruangan Mama dengan tanaman weeping fig terasa lebih sejuk. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dalam perawatannya.

Namun, tanaman ini berbahaya bagi kucing atau anjing peliharaan di rumah. Jadi, dapat pastikan hewan peliharaan Mama tidak mendekat bahkan memakan daun dari tanaman ini. 

7. Tanaman Pakis Boston atau Boston Fern

7. Tanaman Pakis Boston atau Boston Fern
Pixabay/inonoyazy

Beralih ke tanaman gantung, ada pakis boston atau boston fern. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang menyerupai pedang sehingga dikenal juga dengan nama sword fern.

Pakis boston dapat hidup baik di dalam maupun luar ruangan. Biasanya, tanaman ini bisa tumbuh di ketinggian 40 hingga 90 centimeter.

Tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman gantung. Sama seperti yang sebelum-sebelumnya, tanaman ini juga dapat menyaring udara kotor sehingga mampu memperbaiki kualitas udara dalam ruangan.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu membuat ruangan lebih sejuk karena ia mengembalikan kelembaban udara secara alami. Maka dari itu, tanaman ini dapat meningkatkan tingkat kelembapan yang ada pada ruangan Mama!

Demikian beberapa jenis tanaman yang dapat membuat ruangan semakin sejuk secara alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.