6 Jenis Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

Tanaman yang dianggap baik untuk manusia, ternyata belum tentu untuk kucing lho, Ma!

30 Desember 2021

6 Jenis Tanaman Tidak Disukai Kucing
Pixabay/guvo59

Kucing termasuk salah satu hewan yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita.

Mulai dari pekarangan rumah, di jalanan hingga di tempat makan bertenda pun sering sekali bertemu dengan kucing. Tidak jarang kehadirannya juga tertolak oleh orang-orang sekitar karena takut atau alergi dengan bulu kucing.

Di sisi lain, kucing juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang. Tingkah lucu yang dilakukan kucing sering memikat hati para pemiliknya untuk memeliharanya. Bagi Mama yang juga memelihara kucing dalam rumah, maka perlu memahami bahwa ada tanaman-tanaman inilah yang justru tidak disukai oleh kucing

Jika Mama ingin mengetahui apa saja jenis tanaman yang tidak disukai kucing, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Yuk Ma, disimak!

1. Lavender

1. Lavender
Pexels/pixabay

Tanaman yang satu ini sudah sangat populer digunakan untuk berbagai hal. Lavender sendiri terkenal akan aromanya yang harum menurut manusia.

Selain itu, lavender juga digunakan untuk pengharum ruangan, parfum serta aroma pada sabun mandi.

Tidak hanya itu, tanaman lavender juga sering digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Tampilannya yang berwarna ungu terlihat sangat cantik khususnya jika ditanam di rumah. Meskipun tanaman ini banyak disukai oleh manusia, tetapi ternyata kucing tidak menyukainya.

Kucing termasuk hewan yang sensitif terhadap aroma dan aroma dari lavender termasuk salah satunya. Lavender dirasa mengganggu bagi kucing lho, Ma.

Sebenarnya lavender juga mampu mengusir serangga-serangga lainnya, tidak hanya kucing. Tetapi apabila Mama menanam terlalu banyak lavender di rumah, bukan hanya menjadi pencegah serangga saja karena justru akan menjadi racun bagi kucing.

2. Rosemary

2. Rosemary
Instagram.com/31housetohome

Rosemary juga merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai oleh kucing, tentunya karena aroma dari tanaman ini.

Rosemary sendiri memiliki aroma dengan ciri yang khas dan banyak diminati. Mama mungkin lebih sering menggunakan rosemary sebagai bumbu penyedap.

Tidak hanya itu, banyak orang juga menggunakan rosemary untuk aromaterapi. Memang banyak sekali manfaatnya bagi manusia, namun ternyata tidak bagi kucing.

Kucing dan beberapa serangga lainnya seperti nyamuk, lalat, dan sebagainya tidak menyukai aroma yang terdapat pada tanaman ini. Hal ini terjadi karena kucing sensitif terhadap aroma yang kuat.

Editors' Picks

3. Pennyroyal

3. Pennyroyal
Freepik/wirestock

Pennyroyal termasuk dalam keluarga mint, tetapi varietas yang terkecil. Tanaman ini cukup sering digunakan sebagai pengusir hama.

Perlu diketahui bahwa kucing juga tidak menyukai tanaman ini. Kucing tidak menyukai aroma spearmint yang sangat kuat yang dikeluarkan oleh Pennyroyal.

Pennyroyal sendiri sering digunakan dalam makanan dan teh herbal sebagai penyedap mint. Namun, Mama harus berhati-hati dengan minyak dari tanaman ini karena bisa menjadi racun bagi manusia dan hewan.

Apabila kucing mencium aroma dari Pennyroyal, mereka akan langsung pergi dan memilih untuk menghindar.

4. Coleus Canina

4. Coleus Canina
Instagram.com/reneesremakery

Tanaman Coleus Canina atau yang disebut juga Scaredy Cat Plant merupakan tanaman yang berasal dari Jerman.

Tanaman ini tidak hanya efektif dalam menngusir kucing, tetapi juga hewan lainnya seperti anjing dan kelinci. Hewan-hewan tidak menyukai tanaman ini karena bau yang dikeluarkan oleh Scaredy Cat Plant.

Scaredy Cat Plant sebenarnya masuk sebagai salah satu yang tanaman yang tahan kekeringan dan juga suka cahaya matahari. Dengan begitu, perawatan yang dibutuhkan oleh tanaman ini juga tidak rumit.

Scaredy Cat Plant tumbuh dengan bunga berwarna ungu atau biru yang cantik.

5. Curry Plant

5. Curry Plant
Pixabay/blandinejoannic

Curry Plant berbeda dari tanaman kari untuk memasak. Curry Plant memiliki nama ilmiah yaitu Helichrysum italicum.

Tanaman ini juga termasuk tanaman yang tidak disukai oleh kucing. Mama mungkin akan mempertimbangkan menanam tanaman ini di tempat yang suka dilewati kucing. Ketika kucing melewati tanaman ini, Curry Plant akan mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh kucing.

Selain itu, tekstur dari tanaman ini juga kasar, sehingga kucing enggan melewati bahkan menyentuhnya. Tetapi, tanaman ini dapat menimbulkan efek berbahaya bagi bunga lain yang Mama tanam, jadi mungkin Mama tidak ingin menanam terlalu banyak.

Jangan khawatir karena tanaman ini tidak berbahaya dan beracun pada manusia ya, Ma!

6. Serai Wangi

6. Serai Wangi
Freepik/Jcomp

Mama pasti sudah sering mendengar tanaman yang satu itu, yaitu Serai Wangi.

Sama seperti tanaman lainnya, Serai Wangi juga mengeluarkan aroma. Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman ini adalah aroma sitrus. Masyarakat Indonesia sendiri sering menggunakan tanaman ini sebagai rempah-rempah untuk masakan.

Selain itu, aroma khas yang terdapat pada Serai Wangi juga sering dibuat untuk teh herbal. Bagi manusia, aroma yang dikeluarkan oleh Serai tergolong wangi yang segar. Meskipun begitu, ternyata kucing tidak menyukai tanaman yang satu ini. Kalau Mama ingin mengusir kucing, tanaman ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Itulah 6 tanaman yang tidak disukai kucing yang sudah dirangkum. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.