7 Fakta Menarik Monstera Variegata Tanaman Hias Ratusan Juta

Ternyata tanaman hias ini tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung lho, Ma!

15 September 2021

7 Fakta Menarik Monstera Variegata Tanaman Hias Ratusan Juta
Freepik/rawpixel.com

Bagi Mama yang memiliki hobi mengoleksi tanaman hias, pasti sudah tidak asing dengan nama tanaman monstera variegata.

Tanaman yang belakangan ini sedang marak diperbincangkan publik ini telah menjadi incaran para kolektor, sehingga tidak heran bila harganya bisa mencapai ratusan juta.

Keunikan daunnya yang lebar memang akan terlihat sangat cantik untuk menghiasi setiap sudut rumah. Rumah Mama akan tampak lebih hijau dan asri.

Namun dibalik harganya yang fantastis, tumbuhan monstera variegata ini memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui orang banyak lho, Ma.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta menarik tanaman hias monstera variegeta. Yuk berkenalan lebih jauh dengan tumbuhan berdaun unik ini!

1. Memiliki sejumlah nama penyebutan

1. Memiliki sejumlah nama penyebutan
Freepik/pvproductions

Tanaman monstera variegata merupakan tanaman yang mudah tumbuh serta minim perawatan. Tanaman ini sering disebut dengan istilah Monstera deliciosa 'Albo Variegata'. Meski begitu, nama tersebut bukanlah satu satunya penyebutan untuk tanaman ini.

Dilansir dari laman Thrusd, tanaman berdaun lebar ini memiliki sejumlah penyebutan yaitu Variegated Cheese Plant, Variegated Monstera, dan Variegated Swiss Cheese Plant. Nama Monstera Variegata dan Monstera albo Variegata sering terlihat pada toko tumbuhan di internet.

Namun, itu bukan nama ilmiah yang sebenarnya. Nama-nama tersebut mengacu pada kultivar berbeda, yakni Monstera 'Albo-Variegata' memiliki variegasi putih yang biasanya menutupi hingga setengah daun. Sementara itu, Monstera Deliciosa Thai Constellation memiliki variegasi kuning krem.

2. Dapat menghasilkan buah

2. Dapat menghasilkan buah
Freepik/kotkoa

Tanaman monstera variegata dapat disimpan di dalam ruangan sebagai tanaman hias karena memiliki daun yang khas.

Mereka dapat menghasilkan bunga putih yang tidak mencolok. Dengan kondisi serta perawatan optimal, tumbuhan ini juga dapat menghasilkan buah yang tidak dapat dimakan dan dapat dimakan begitu sisiknya terangkat.

Bagian terluar buahnya menyerupai kulit hijau jagung dan dapat menyebabkan sakit perut jika dikonsumsi mentah.

Editors' Picks

3. Dapat tumbuh mencapai sembilan meter

3. Dapat tumbuh mencapai sembilan meter
Freepik/pvproductions

Dikutip dari Indoorgardenookmonstera variegata merupakan jenis tanaman tropis asal Meksiko Selatan dan Panama serta daerah tropis lainnya.

Mereka termasuk salah satu dari banyak sub-tipe philodendron. Di alam liar, tumbuhan ini dapat tumbuh sangat besar mencapai sembilan meter. Inilah sebabnya Mama perlu ekstra hati-hati dalam pemilihan ruangan serta pot yang menampung pertumbuhan monstera variegata.

Kabar baiknya, Mama dapat menggunakan beberapa batang untuk mengarahkan pertumbuhannya ke mana pun yang diinginkan. Tumbuhan ini dapat menghasilkan daun dengan panjang 400 sampai 500 mm dengan potongan yang lebar.

Akar tanaman ini juga agak panjang dan bisa tumbuh hingga 250 mm.

4. Tidak dapat mentolerir sinar matahari secara langsung

4. Tidak dapat mentolerir sinar matahari secara langsung
Freepik/valeria_aksakova

Meski diperbolehkan diletakkan di dalam ruangan, Mama tidak disarankan untuk menyimpan monstera variegata dalam sudut ruangan yang memiliki paparan sinar matahari rendah. Demi pertumbuhan dan penyerapan optimal, simpanlah dalam sudut ruangan yang memiliki pencahayaan sinar matahari cukup.

Monstera variegata tidak dapat mentolerir sinar matahari secara langsung. Tanaman ini memang membutuhkan banyak sinar matahari, tetapi tidak dengan paparan langsung. Adapun kisaran suhu yang memberikan kondisi ideal untuk monstera variegata adalah sekitar 65-80 ° F (atau 18-27 ° C).

Setiap rentang suhu di bawah 50 ° F (10 ° C) sama saja berbahaya bagi tumbuhan. Belum lagi efek merugikan jangka panjang jika suhu rendah berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, optimalkan dan sesuaikan untuk menyediakan kebutuhan ruang yang optimal untuk monstera kesayangan di rumah.

5. Menghasilkan sedikit klorofil

5. Menghasilkan sedikit klorofil
Freepik/rawpixel.com

Seperti yang kita tahu, monstera variegata termasuk jenis tumbuhan hias langka. Kira-kira Mama tahu nggak nih apa alasan tumbuhan ini langka?

Di tengah permintaan tanaman yang tinggi, sayangnya tumbuhan ini menghasilkan sedikit klorofil dan mengalami fotosintetis lebih sedikit dibanding tanaman lain.

Hal ini dikarenakan daunnya tidak sepenuhnya berwarna hijau. Itu membuat pertumbuhan monstera variegata cenderung lebih lama dan membutuhkan keterampilan tertentu.

Maka tidak heran jika tanaman ini semakin hari semakin langka dan banyak orang menjualnya di kisaran harga yang sangat fantastis.

6. Cukup disiram sebanyak seminggu sekali

6. Cukup disiram sebanyak seminggu sekali
Freepik/pvproductions

Hal terpenting dalam merawat tanaman adalah mengevaluasi selalu keadaan tanaman yang sedang dirawat, termasuk mengetahui kebutuhan penyiraman. Gambarannya, jika Mama ingin merawat tanaman dengan benar, maka Mama perlu mengamatinya setiap saat dan melihat apakah mereka membutuhkan air.

Perlu diingat, jangan menyiramnya hanya karena melihat mereka tampak kering bagi Mama. Untuk penilaian tingkat kelembapan yang tepat, cobalah dengan mengecek kondisi permukaan tanahnya. Gunakan tusuk gigi lalu masukkan ke dalam tanah untuk mengecek apakah ada kelembapan di bawah lapisannya.

Jika kering, Mama boleh menyiramnya. Namun jika masih lembab, tunda penyiraman selama satu atau dua hari tergantung seberapa lembap tanahnya. Mengapa begitu? Secara umum, monstera mendapatkan manfaat yang lebih tinggi dari tanah yang bersifat lembab. Hal yang sama berlaku untuk jenis monstera variegata.

Ini karena mereka termasuk epifit dan tidak mentolerir air yang berlebihan. Penyiraman seminggu sekali sudah cukup. Lebih baik lagi jika melakukannya di pagi hari.

7. Perlunya mengganti pot tanaman sesuai waktu yang dibutuhkan

7. Perlu mengganti pot tanaman sesuai waktu dibutuhkan
Freepik/rawpixel.com

Mengganti pot merukapan faktor penting untuk pemeliharaan dan perawatan yang tepat bagi tanaman kesayangan Mama, tak terkecuali dengan monstera variegata.

Dikarenakan pertumbuhan serta penyerapan nutrisi dari tanah, Mama disarankan untuk mengganti pot tumbuhan monstera variegata setiap dua tahun sekali, atau lebih tepatnya 18 sampai 24 bulan.

Musim terbaik untuk repotting atau mengganti pot adalah sebelum daun baru muncul. Jika Mama menunggu sampai nanti, kemungkinan akan membuat terganggunya pertumbuhan daun baru.

Nah, jadi itulah beberapa fakta menarik tumbuhan monstera variegata. Semoga informasinya bisa memberikan pengetahuan baru ya. Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.