Membuat Dekorasi Meja Kerja di Rumah untuk Suasana Baru WFH

Agar tidak bosan untuk tetap bekerja di rumah

12 April 2020

Membuat Dekorasi Meja Kerja Rumah Suasana Baru WFH
Pexels/Huseyn Kamaladdin

Masa pemberlakuan social distancing diperpanjang bukan lagi 14 hari.

Bahkan sejak Jumat, 10 April 2020 mulai diberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar di DKI Jakarta.

Hal itu tentu membuat masa WFH menjadi lebih panjang.

Mungkin sebagian dari Mama yang menjalani WFH sudah mulai merasa bosan dengan suasana bekerja di rumah.

Tidak bisa bebas berpergian dan dituntut untuk tetap di rumah membuat rasa jenuh muncul.

Efek buruk rasa bosan ini bisa berdampak pada produktivitas pekerjaan.

Pikiran menjadi tidak jernih dan semangat bekerja menurun. Hal itu tentu akan sangat memengaruhi performa bekerja.

Agar rasa bosan itu bisa diatasi, Popmama.com ingin memberikan solusi berupa ide membuat dekorasi meja kerja di rumah.

Membangun suasana baru di rumah akan bisa meningkatkan semangat bekerja dan menjernihkan pikiran.

Ide apa saja yang bisa Mama lakukan untuk membuat suasana meja kerja menjadi terlihat baru? Yuk simak tulisan ini.

1. Buat DIY kalender dekoratif

1. Buat DIY kalender dekoratif
calendarclub.ca

Untuk menjaga pekerjaan tetap sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan, adanya kalender sangatlah penting. Adanya kalender akan memudahkan untuk menghitung hari dan menjaga diri agar tidak salah dalam memperhitungkan tenggat waktu.

Akan lebih menyenangkan jika kalender di meja kerja dibuat menjadi lebih kreatif. Kalender bisa dibuat dengan mencetaknya atau manual dengan menggunakan alat tulis.

Buat kolom di setiap tanggal agar bisa ditulis pengingat-pengingat penting yang harus dikerjakan di hari itu. Gunakan warna yang variatif agar kalender menjadi lebih berwarna dan menyenangkan untuk dilihat. Hal itu akan membuat mood kerja menjadi lebih baik.

Editors' Picks

2. Meletakkan buku favorit

2. Meletakkan buku favorit
Pexels/Emily

Letakkan beberapa buku favorit yang dirasa berguna dalam pekerjaan atau kehidupan Mama. Buku bisa menjadi sumber inspirasi untuk.menyelesaikan pekerjaan. Bisa juga sebagai media pelepas penat sesaat ketika lelah bekerja.

Selain memilih buku favorit, bisa juga Mama memilih buku karena memiliki desain yang menarik. Mama bisa menyusun buku dengan urutan warna yang akan membentuk susunan warna yang menarik.

Tapi perlu diperhatikan untuk tidak menaruh buku terlalu banyak. Jika terlalu banyak buku yang ada di meja kerja justru akan membuat ruang gerak saat bekerja akan terganggu.

3. Tambahkan tanaman

3. Tambahkan tanaman
quillsuk.co.uk

Menambahkan tanaman pada meja kerja bisa membangun suasana nyaman saat bekerja.

Pandangan mata yang lelah karena terlalu lama menatap monitor komputer atau laptop dapat diistirahatkan sesaat setelah melihat warna hijau pada tanaman.

Cukup letakkan tanaman pada pot kecil agar meja kerja tidak terlalu penuh terisi tanaman. Bisa juga ditambah dengan bunga agar suasana meja kerja lebih nyaman.

Mama bisa memilih tanaman hidup atau tanaman rekayasa. Hal itu sesuai dengan preferensi masing-masing untuk memilih yang mana. Pilih yang sekiranya nyaman untuk dilakukan.

4. Menghias papan informasi

4. Menghias papan informasi
freepik.com/freepik

Adanya papan informasi pada meja kerja akan memudahkan Mama untuk menaruh catatan-catatan penting. Jika tidak punya papan khusus, dinding pun bisa dijadikan papan informasi.

Untuk membangun suasana baru pada meja kerja hiaslah papan informasi menjadi lebih kreatif. Bisa gunakan solasi warna warni yang memiliki gambar dekoratif untuk menghias papan informasi.

Mama juga bisa menempelkan foto-foto perjalanan bersama keluarga atau foto-foto kenangan. Bisa juga ditambahkan gambar-gambar ilustrasi.

5. Memasang kutipan inspiratif

5. Memasang kutipan inspiratif
pinterest/A8z MAdz

Ide dekorasi meja kerja berikutnya adalah dengan memasang kutipan inspiratif. Pilih kutipan-kutipan yang Mama sukai untuk membuat diri lebih bersemangat dan menjadi lebih positif.

Menuliskan kutipan inspiratif dengan metode lettering bisa digunakan untuk menghasilkan karya yang lebih dekoratif. Lalu kutipan inspiratif yang sudah dibuat bisa ditempel di papan informasi ataupun di sudut meja lainnya.

Menciptakan suasana baru saat ini sangat diperlukan untuk mencegah rasa jenuh dan stress. Apalagi jika dikaitkan dengan produktivitas kerja menjaga pikiran tetap jernih sangat penting.

Hal yang paling mungkin dilakukan adalah mendekorasi meja kerja agar terlihat seperti tempat yang baru. Tak perlu keluar dan bekerja di cafe atau pun working space di luar. Mama tetap bisa mendapatkan suasana baru untuk tetap bekerja di rumah dengan membuat meja kerja terlihat baru.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.