Menarik! Ternyata Ada Perbedaan Sumpit Asal China, Jepang, dan Korea

Yuk, kenali 3 perbedaan sumpit ini!

3 April 2020

Menarik Ternyata Ada Perbedaan Sumpit Asal China, Jepang, Korea
press.ikidane-nippon.com

Penggunaan sumpit adalah hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat dari negara-negara Asia Timur. Sumpit adalah peralatan makan wajib yang mereka gunakan. Tak hanya digunakan untuk makan mie saja tapi juga nasi dan lauk pauk lainnya.

Begitu juga dalam proses memasak makannya. Mereka sering menggunakan sumpit sebagai alat masak. Baik itu menggoreng, menumis, merebus, atau meniriskan makanan.

Hal yang menariknya, negara China, Jepang, dan Korea memunyai ciri khas bentuk sumpitnya. Jika dilihat sekilas terlihatnya sama saja sumpit.

Tapi masing-masing negara tersebut memiliki perbedaan lho. Yuk kenali perbedaan sumpit asal China, Jepang, dan Korea bersama Popmama.com!

Editors' Picks

China sebagai Tempat Lahirnya Sumpit

China sebagai Tempat Lahir Sumpit
Freepik

Asal tercipta sumpit berasal dari bangsa China sekitar 5.000 tahun yang lalu. Awalnya mereka menggunakan ranting pepohonan untuk mengambil makanan yang dibakar hingga akhirnya berkembang fungsi menjadi sumpit.

Secara bentuk, sumpit China lebih panjang ukurannya dibandingkan sumpit dari negara lainnya. Bahkan beberapa penghasil sumpit membuat ukurannya sepanjang 25 cm.

Hal itu disebebkan oleh pengaruh ukuran meja makan China yang besar. Sehingga diperlukan sumpit panjang untuk memudahkan dalam menjangkau makanan yang ingin diambil.

Bagian bawah sumpit berukuran sedikit lebih kecil dari bagian atas. Umumnya, sumpit China terbuat dari kayu, bambu, atau plastik.

Sumpit Jepang Berukuran Paling Kecil

Sumpit Jepang Berukuran Paling Kecil
Freepik

Berbeda dengan ukuran sumpit China yang panjang, ukuran sumpit Jepang lebih pendek. Bentuknya khas dengan bagian bawah sumpit yang kecil dan lebih runcing.

Bentuk bagian bawah yang lancip memudahkan masyarakat Jepang saat memakan Ikan. Ujung sumpit yang lancip memudahkan masyarakan Jepang memisahkan tulang ikan.

Umumnya sumpit Jepang terbuat dari bambu atau kayu.

Bentuk Sumpit Korea yang Unik

Bentuk Sumpit Korea Unik
quora.com

Dibanding sumpit China dan Jepang, sumpit Korea paling mudah dikenal. Sebab, bentuknya paling unik.

Sumpit khas Korea umumnya berbentuk pipih dan terbuat dari logam. Akan sangat sulit digunakan bagi sebagian orang yang belum terbiasa karena bentuknya yang pipih dan berat karena terbuat dari logam. Sehingga akan terasa licin saat menggunakannya.

Di zaman kerajaan, sumpit Korea terbuat dari logam perak atau kuningan untuk memastikan makanan yang disajikan untuk raja tidak mengandung racun.

Jika ada racun dalam makanan maka warna sumpit akan berubah. Tapi sumpit Korea umumnya terbuat dari stainless steel.

Seiring berkembang waktu, jenis-jenis sumpit lebih bervariasi. Banyak sumpit yang dimodifikasi dengan lukisan indah di bagian atasnya, baik itu sumpit China, Jepang, atau Korea. Tak heran jika sumpit kini bisa menjadi kado spesial.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.