7 Tips Mudah Menjaga Rumah Bersih dan Rapi

Rumah harus menjadi tempat yang paling nyaman untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga

30 April 2021

7 Tips Mudah Menjaga Rumah Bersih Rapi
Pixabay/jeanvdmeulen

Memiliki rumah yang bersih dan rapi pasti tentu menjadi dambaan semua orang. Rumah harus menjadi tempat ternyaman untuk beristirahat dan bersantai dari segala aktivitas pekerjaan. Rumah juga yang menjadi tempat untuk mempersatukan seluruh keluarga usai memiliki aktivitas keseharian masing-masing.

Kenyamanan rumah pun sangat bergantung pada kondisi di dalamnya, apakah bersih dan rapi atau justru tidak terurus. Namun, harapan dengan kenyataan nyatanya tidak selalu beriringan. Terkadang atau mungkin sering kondisi di dalam rumah justru kebalikan dari keinginan, berantakan dan kotor.

Apalagi kalau Mama masih memiliki anak-anak kecil yang sering mengeluarkan semua mainan yang milikinya. Rasanya rumah seperti kapal pecah walaupun sudah dibereskan.

Kali ini Popmama.com punya tips mudah menjaga rumah bersih dan rapi agar semua anggota keluarga nyaman berada di dalamnya.

Yuk, diperhatikan agar Mama bisa coba menerapkannya di rumah!

1. Segera kembalikan barang ke tempat semula setelah digunakan

1. Segera kembalikan barang ke tempat semula setelah digunakan
Freepik/kwanchai_k

Hal yang membuat rumah menjadi berantakan dan terlihat kotor biasanya karena kebiasaan menunda untuk membereskan barang-barang yang sudah digunakan. Terkadang ada rasa malas atau merasa barang akan digunakan lagi besoknya menjadi alasan untuk menunda.

Padahal, untuk bisa menjaga rumah bersih dan rapi, kebiasaan untuk selalu meletakkan barang di tempatnya adalah salah satu cara yang sangat efektif. Rumah akan selalu bersih dan rapi jika terbiasa untuk langsung membersihkan barang-barang yang sudah dipakai.

2. Gunakan lemari atau laci untuk menyimpan barang

2. Gunakan lemari atau laci menyimpan barang
Freepik/Navintar

Jangan meletakkan atau menyimpan barang di lantai atau meja. Sebab, hal ini akan membuat rumah terlihat berantakan. Rumah juga akan sulit untuk dibersihkan karena terlalu banyak barang yang berserakan di lantai.

Lemari atau laci untuk menyimpan barang sangat membantu menjaga rumah bersih dan rapi. Ruangan menjadi lebih rapi karena tidak berserakan di lantai atau meja. 

Selain membuat rumah bersih dan rapi, lemari atau laci juga akan memudahkan Mama saat mengorganisasi penyimpanan barang. Ketika mencari barang pun juga akan menjadi lebih mudah.

Editors' Picks

3. Bersihkan ruangan sambil berjalan

3. Bersihkan ruangan sambil berjalan
Freepik

Saat Mama berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, usahakan untuk sambil membersihkan tempat lainnya.

Misalnya, sambil berdiri dan berjalan menuju tempat cuci piring, selain membawa piring kotor, lihat juga apakah ada tisu atau piring kotor lain yang harus dibawa ke tempat cuci piring. Sesampainya di tempat cucian piring segera bersihkan cucian piring yang kotor tanpa menundanya.

Mindset untuk segera membersihkan barang-barang sangat berpengaruh untuk menjaga rumah bersih dan rapi.

4. Punya peralatan bersih-bersih

4. Pu peralatan bersih-bersih
Freepik/wayhomestudio

Memunyai peralatan bersih-bersih sangat berpengaruh untuk menjaga rumah bersih dan rapi. Cukup peralatan bersih-bersih yang sederhana seperti sapu, kain pel, kemoceng, dan cikrak saja sudah bisa membantu Mama menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Apabila punya anggaran lebih, beli robot penyedot debu otomatis akan sangat memudahkan Mama dalam urusan membersihkan rumah.

5. Tetapkan jadwal deep cleansing pada ruangan tertentu

5. Tetapkan jadwal deep cleansing ruangan tertentu
Pexels/Poline Zimmerman

Deep cleansing merupakan teknik atau cara membersihkan suatu area di rumah secara menyeluruh. Tidak hanya membersihkan lantai atau permukaan lemarinya saja. Bahkan, isi di dalam lemari pun juga dibersihkan.

Kebiasaan melakukan deep cleansing ini sangat berpengaruh untuk menjaga rumah bersih dan rapi. Hal terpenting lainnya, ruangan menjadi bebas debu dan hewan-hewan pengganggu seperti semut, cicak, kecoa, hingga tikus.

6. Lakukan decluttering barang secara rutin

6. Lakukan decluttering barang secara rutin
Pixabay/teenacobb

Sempatkan juga untuk melakukan decluttering atau memilah barang-barang yang masih digunakan dan tidak digunakan. Ini akan mencegah rumah menjadi sesak atau penuh dengan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Akibatnya, Mama bisa menjaga rumah bersih dan rapi setiap waktu.

7. Hindari membeli barang yang tidak penting

7. Hindari membeli barang tidak penting
Freepik/prostooleh

Jika Mama biasa melakukan decluttering maka akan muncul kesadaran untuk merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Mama akan terbiasa untuk memilah mana yang benar-benar kebutuhan dengan keinginan.

Agar bisa menjaga rumah bersih dan rapi, poin penting lainnya adalah menghindari membeli barang yang tidak penting. Sehingga, tidak akan terjadi rumah yang penuh sesak dengan barang-barang yang tidak terpakai.

Tips untuk menjaga rumah bersih dan rapi sebetulnya ada pada pembiasaan mindset untuk tidak menunda dan merasa cukup dengan barang yang dimiliki. Bersegera untuk langsung membersihkan barang yang telah digunakan dan cukup menggunakan barang-barang yang sudah dimiliki.

Semoga tips ini membantu Mama di rumah ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.