7 Bahan Dapur untuk Menyuburkan Tanaman

Jangan dibuang, bahan dapur ini bisa menyuburkan tanaman

2 Desember 2020

7 Bahan Dapur Menyuburkan Tanaman
Unsplash/freddie marriage

Semenjak pandemi Covid-19 berlangsung, banyak orang mengisi kegiatan di rumah dengan menanam.

Ternyata manfaat menanam bisa menyaring debu di rumah dan membersihkan udara. Bahkan menghilangkan stres. Menanam tidak hanya memyiram, memberi pupuk, dan diberi cahaya matahari. Namun, menanam juga harus merawat agar tanaman segar, tidak ada jamur atau hama, dan berkembang.

Selama ini bahan-bahan dapur hanya bisa dimasak atau dimakan. Ternyata bahan dapur bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman di rumah lho, Ma. Untuk membuat tanaman menjadi subur dan bebas hama bisa menggunakan bahan dapur yang sudah tersedia di rumah.

Kali ini Popmama.com akan memberitahukan bahan-bahan dapur apa saja yang bisa digunakan untuk merawat tanaman. Simak yuk, Ma!

1. Ampas kopi untuk mengundang cacing

1. Ampas kopi mengundang cacing
Pixabay/santarina81

Ampas kopi yang selama Mama kira tidak berguna lagi, ternyata bisa digunakan untuk tanaman. Cacing dan mikorganisme bisa dipancing dengan menggunakan ampas kopi. Cacing dan mikrorganisme pun bagus untuk menyuburkan tanaman.

Perlu diperhatikan bahwa ampas kopi segar bersifat asam sedangkan yang bekas bersifat netral. Jika Mama ingin meningkatkan kualitas tanah maka gunakan ampas kopi bekas. Jadi, jangan sampai salah memilih ampas kopi ya, Ma.

Cara penggunaannya pun hanya perlu menaburkan ampas kopi pada tanaman di permukaan tanahnya.

2. Ampas teh untuk menyuburkan tanaman

2. Ampas teh menyuburkan tanaman
Pixabay/hiroki arai

Jika Mama sering minum teh, sebaiknya jangan membuang ampas teh. Hal itu dikarenakan ampas bisa menyuburkan tanaman.

Ternyata kandungan ampas teh terdapat nitrat yang bisa dijadikan pupuk organik yang mudah diserap oleh tanaman.

Kandungan ampas teh dapat meningkatkan nutrisI dan kualitas pada tanah saat terurai. Cara penggunaanya pun sangat mudah, yaitu dengan menaburkan ampas teh di sekitar akar tanaman dan menguburnya sedikit.

Itulah beberapa bahan dapur yang bermanfaat untuk tamanan Mama di rumah. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Editors' Picks

3. Baking soda mencegah jamur pada tanaman

3. Baking soda mencegah jamur tanaman
Irishexaminer.com

Tentu selain untuk membuat kue, baking soda mempunyai banyak manfaat. Baking soda juga sering digunakan untuk kecantikan.

Manfaat lainnya adalah baking soda bisa mencegah jamur pada tumbuhan. Hal itu dikarenakan kapasitas air untuk menertralkan tambahan asam tanpa mengurangi ph (alkalinitas) bisa mendukung lingkungan yang tidak akan ditumbuhi jamur.

Perlu diingat bahwa baking soda hanya mencegah bukan membunuh. Jadi, jika tanaman Mama terkena jamur tidak akan bisa diatasi oleh baking soda. Untuk menggunakannya, Mama cukup larutkan satu sendok teh ke dalam satu liter air dan menyemprotkannya ke tanaman yang rawan terkena jamur.

Selain mencegah jamur, baking soda juga bisa membuat bunga cepat mekar sebab bersifat basa dan bunga tumbuh di tanah basa. Cara menggunakannya pun cukup taburkan baking soda pada permukaan tanah.

Membuat tomat menjadi manis juga bisa dilakukan oleh baking soda. Untuk penggunaanya pun cukup taburkan baking soda pada permukaan tanah.

4. Cangkang telur untuk menyuburkan tanaman

4. Cangkang telur menyuburkan tanaman
Pexels/Pixabay

Ternyata cangkang telur yang biasa dibuang bisa dijadikan penyubur tanaman. Hal itu dikarenakan cangkang telur mengandung 93% kalsium karbonat yang bisa menyuburkan tanaman.

Selain itu, cangkang telur mengandung 1% nitrogen dan 1% asam fosfat yang bisa dijadikan pupuk organik.

Cara penggunaanya pun mudah hanya dengan mencuci cangkang dan menghancurkan cangkang secara kasar lalu diletakan pada tanaman di permukaan tanah.

Cara lainnya dengan mencuci cangkang dan merebusnya selama beberapa menit dan biarkan semalaman. Setelah itu, larutan cangkang bisa disemprotkan pada tanaman yang diinginkan.

5. Cuka untuk mengubah warna bunga hortensia

5. Cuka mengubah warna bunga hortensia
Pixabay/evita-ochel

Bunga hortensia atau hydrangea adalah bunga yang warnanya bisa diatur sesuai kemauan sendiri. Untuk mengubahnya, Mama perlu menggunakan cuka yang ada di dapur.

Hal ini dikarenakan cuka mempunyai sifat asam. Cara penggunaanya pun cukup larutkan secangkir cuka pada air segalon lalu digunakan untuk menyiram bunga.

Tanah yang bersifat asam akan mengubah warna bunga dari merah muda atau pink menjadi biru. Selain itu, cuka bisa meningkatkan kualitas tanah pada tanaman azalea, gardenia, dan rhododenron.

6. Kulit bawang merah sebagai pupuk organik

6. Kulit bawang merah sebagai pupuk organik
Unsplash/Goh Rhy Yan

Biasanya bawang digunakan untuk memasak dan menambah cita rasa pada masakan. Ternyata kulit bawang yang biasa Mama buang ternyata bagus untuk tanaman. Kulit bawang yang mengandung kalsium, potasium, dan magnesium.

Kandungan itu bisa menyuburkan tanaman, memperkokoh batang, dan meningkatkan resisi penyakit. Cara penggunaanya pun hanya merendam kulit bawang merah semalaman setelah itu larutan bawang disiramkan ke tanaman.

7. Kulit pisang untuk menyuburkan tanaman

7. Kulit pisang menyuburkan tanaman
unsplash/Louis Hansel @shotsoflouis

Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kulit pasang pun juga mengandung banyak kalium.

Kulit pisang pun juga bisa bermafaat untuk menyuburkan tanaman yang sangat membutuhkan kalium, seperti tanaman bunga mawar.

Cara penggunaanya pun cukup mudah hanya dengan menguburkan kulit pisang bersamaan dengan tanaman. Hal itu akan menyuburkan tanah dan membuat tanaman subur karena kaya akan kalium yang berasal dari kulit pisang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.