Bisa Atasi Diabetes, Inilah 5 Fakta Tanaman Air Mata Pengantin

Selain bisa mengatasi diabetes, air mata pengantin mampu mengusir hama dan predator lho, Ma

9 Februari 2021

Bisa Atasi Diabetes, Inilah 5 Fakta Tanaman Air Mata Pengantin
Lazada.co.id

Air mata pengantin adalah jenis tanaman hias yang tumbuh secara merambat. Tanaman ini memiliki bunga merah mudah yang cantik dan cocok dijadikan sebagai dekorasi rumah. Tanaman ini mulai banyak diincar oleh banyak orang karena warnanya yang cantik dan tumbuh lebat.

Tanaman ini juga banyak disukai oleh kupu-kupu dan beberapa serangga lainnya. Selain itu, tanaman hias satu ini mampu mengatasi diabetes dan banyak manfaat lainnya.

Nah kira-kira apa saja fakta dari tanaman hias air mata pengantin ini ya, Ma?

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta dari tanaman hias air mata pengantin yang cocok dijadikan hiasan rumah.

1. Berasal dari Meksiko

1. Berasal dari Meksiko
Tokopedia.com

Tanaman air mata pengantin berasal dari Amerika Tengah dan lebih tepatnya Meksiko. Namun, di banyak ditemukan di daerah seperti Asia, Afrika, Karibia, dan Amerika salah satunya Indonesia. Di Kebun Raya Bogor juga banyak ditemukan lho, Ma.

Walaupun begitu, Mama bisa menanam air mata pengantin ini di pekarangan rumah. Namun, jenis tanaman ini tumbuh secara merambat. Jadi, Mama perlu mempersiapkan lahan untuk tanaman air mata pengantin ini.

Editors' Picks

2. Dapat tumbuh dihabitat manapun

2. Dapat tumbuh dihabitat manapun
Tokopedia.com

Tanaman air mata pengantin mampu tumbuh dalam habitat apapun. Seperti di tebing ataupun tepi pantai. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh pada daratan tinggi ataupun rendah. Untuk itu, Mama tak perlu khawatir tanaman ini tidak akan tumbuh.

Mama bisa menanam air mata pengantin dalam keadaan iklim apapun. Untuk daerah rumah yang panas ataupun dingin juga dapat tumbuh.

Itulah salah satu keunikan tanaman air mata pengantin yang mampu tumbuh tanpa memikirkan daerah dan iklimnya.

3. Sebagai obat diabetes

3. Sebagai obat diabetes
Shopee.co.id

Selain bisa mengusir hama dan predator, tanaman air mata pengantin ini dapat dijadikan obat herbal. Tanaman ini dipercaya mampu mengatasi diabetes dan menjaga fungsi hati lho, Ma.

Mama bisa membuat ramuan air mata pengantin dengan cara dijadikan minuman segar. Selain itu, bisa dicampurkan dengan air saja. Jadi, untuk Mama yang mempunyai riwayat diabetes bisa menanam dan meminum ramuan air mata pengantin ini.

4. Bisa ditanam secara benih, stek batang, dan cangkok

4. Bisa ditanam secara benih, stek batang, cangkok
blibli.com

Tanaman air mata pengantin ini mampu hidup di iklim dan daratan manapun. Ternyata tanaman air mata pengantin juga mampu ditanam dengan cara menggunakan bibit atau biji, stek batang, dan cangkok.

Jadi, Mama tak perlu memerlukan bibit lagi untuk memperbanyak tanaman air mata pengantin. Walaupun terlihat ribet dengan mencangkok atau menstek batang, memperbanyak tanaman ini tidak memerlukan biaya lagi.

5. Dapat menjaga keseimbangan antara hama dan predator

5. Dapat menjaga keseimbangan antara hama predator
bukalapak.com

Tanaman air mata pengantin mampu menjaga keseimbangan hama dan predator. Air mata pengantin akan mengendalikan hama dan predator tanpa menggunakan bahan kimia atau plestisida.

Untuk itu, tanaman ini banyak diincar oleh masyarakat untuk mengusir hama pada tanaman di sekitarnya. Mama juga tak perlu capai-capai menggunakan plestisida untuk mengusir hama. Namun, tanaman ini tumbuh dengan lebat, jadi Mama perlu memangkasnya satu kali dalam seminggu atau dua minggu.

Itulah beberapa fakta dari tanaman air mata pengantin. Segera beli dan tanam nih, Ma karena banyak manfaatnya dan bunganya bisa memperindah pekarangan rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.