Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Perjalanan Cinta Lukman Sardi, Sempat Terhalang Tembok Keyakinan

Perbedaan agama serta usia yang jauh dapat dilalui oleh Lukman Sardi dan Lia

3 Februari 2023

7 Perjalanan Cinta Lukman Sardi, Sempat Terhalang Tembok Keyakinan
Instagram.com/lukmansrd

Lukman Sardi, tokoh aktor ternama sekaligus produser tanah air memiliki perjalanan cinta yang cukup berliku. Namun, semua itu dilalui saat ia bertemu dengan perempuan bernama Pricillia Pullunggono.

Karier laki-laki kelahiran 1971 tersebut dalam dunia layar lebar di dukung penuh oleh sang istri. Maka tak heran sosok Lukman Sardi sering kali mengunggah foto kebersamaannya dengan Lia, hal tersebut ia lakukan dalam bentuk kasih sayang dan kebanggaan memiliki pasangan hidup seperti Lia.

Jauh sebelum Lukman memutuskan untuk menikah dengan kekasihnya, ia sempat ragu dengan perjalanan cintanya saat itu. Nah, penasaran kan Ma kelanjutannya seperti apa?

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum beberapa perjalanan cinta Lukman Sardi yang sempat terhalang tembok keyakinan. 

Mari kita simak bersama kisahnya!

1. Sempat tak percaya dengan pernikahan, tetapi semua itu berubah ketika bertemu Pricillia Pullunggono

1. Sempat tak percaya pernikahan, tetapi semua itu berubah ketika bertemu Pricillia Pullunggono
Instagram.com/lukmansrd

Menurut pengakuan Lukman Sardi, menikah bukan hal yang ia cita-citakan dalam hidup. Hal ini terjadi karena berdasarkan pengalaman pribadinya pada almarhum papanya.

Diketahui, Idris Sardi sempat menikah dan bercerai sebanyak tiga kali. Tragedi itulah yang membuat Lukman tak percaya dengan cinta serta membangun komitmen dalam pernikahan.

Namun, pemikiran itu berubah ketika aktor tersebut bertemu dengan Pricillia Pullunggono. Pandangannya terhadap pernikahan berubah sejak ia merasakan benih cinta dan kehangatan dari keluarga Lia.

"Gue punya cita-cita nggak kawin sama sekali. Papa gue tiga kali (cerai) ngapain gue kawin. Gue melihat keluarga dia (Lia) yang rileks, asyik banget, keluarga dia yang setiap minggu kumpul, makan, sesuatu banyak yang hilang, gue ketemu 'menarik juga ya', mungkin ini perkawinan yang seharusnya ya, gua mikir' berarti harus ada ya jalannya, nggak harus bercerai ya," ungkap Lukman.

Pada akhirnya, Lukman dan Lia menjadi hubungan pacaran, tetapi keduanya memiliki masalah perbedaan agama saat itu.

2. Menikah dengan sang kekasih dalam keadaan berbeda keyakinan pada tahun 2009

2. Menikah sang kekasih dalam keadaan berbeda keyakinan tahun 2009
Instagram.com/lukmansrd

Diketahui, pada masa pacaran Lukman memeluk agama Islam, sedangkan Lia beragama Kristen. Perbedaan keyakinan tersebut sempat menjadi masalah dalam hubungan asmara mereka berdua.

Lukman yang berusaha agar Lia tetap menjadi jodohnya terus berdoa dan berserah kepada Sang Pencipta.

"Kita pacaran, jalani, tapi punya masalah beda agama. Tapi di satu sisi, beda agama ini memunculkan sebuah masalah yang akhirnya membangun gue juga kan. Setiap masalah itu selalu membuat lo lebih dewasa dan lo akan diperbaharui," ucap Lukman.

Hingga akhirnya, dengan perbedaan tersebut Lukman dan Lia tetap menikah di tahun 2009. Pada saat itu, Lukman kagum dengan sikap istrinya yang mau menjalani kehidupan bersama, meskipun ada tembok besar yang menghalangi keyakinan mereka berdua.

Hal tersebut tentunya tidaklah mudah untuk dijalani, baik untuk pihak suami atau istri. Namun, pernikahan mereka masih berjalan harmonis hingga kini telah menginjak usia 13 tahun.

Editors' Picks

3. Dalam pernikahannya, Lukman dikaruniai tiga orang anak laki-laki

3. Dalam pernikahannya, Lukman dikaruniai tiga orang anak laki-laki
Instagram.com/lukmansrd

Pernikahan Lukman dan perempuan pilihannya dikaruniai tiga orang anak laki-laki. Anak-anaknya bernama Akiva Dishan Ranu Sardi, Akira Deshwan Yi Obelom Sardo, dan Akino Dashan Kaimana Sardi.

Anak pertamanya yang bernama Akiva lahir pada tahun tepat Lukman dan Lia menikah. Jadi, selepas pasangan tersebut menikah, mereka langsung diberikan keturunan.

Jika diperhatikan, keluarga kecil Lukman sering mengunggah kebersamaan mereka di media sosial. Seperti saat momen ulang tahun, liburan ke luar negeri, bahkan momen bersantai di rumah.

Nama Lukman memang semakin besar dan dikenal banyak orang semenjak terjun di industri layar lebar. Namun, kini setelah berkeluarga ternyata ia dikenal sebagai sosok family man yang sayang dengan istri dan ketiga anaknya.

4. Tak hanya berbeda keyakinan, Lukman dan Lia juga terpaut jarak umur yang jauh

4. Tak ha berbeda keyakinan, Lukman Lia juga terpaut jarak umur jauh
Instagram.com/lukmansrd

Usia berbeda 13 tahun ternyata juga sedikit menjadi masalah bagi Lukman untuk hidup bersama Lia. Namun, semasa pacaran keduanya memang sudah yakin untuk melewati semua perbedaan itu bersama-sama.

Lukman pun berkali-kali salut dengan istrinya yang mau menghadapi berbagai risiko besar. Di Indonesia, menikah berbeda agama, dan umur pasangan yang terpaut cukup jauh adalah hal tidak biasa.

Namun, dengan keyakinan dan rasa cinta yang kuat, mereka pun berhasil melewati rintangan besar tersebut.

"Usianya beda 13 tahun. Kerjaan gue seniman yang maksudnya kadang-kadang ada project ada kerjaan, kalau nggak ya nggak," ujar Lukman.

Dari pernyataannya tersebut, Lukman mengungkapkan bahwa selain umur, dirinya juga sempat ragu dengan posisinya yang ingin menikah dengan Lia, tetapi belum memiliki pekerjaan yang pasti.

"Secara di datang dari latar belakang keluarga bussinesman gitu. Papanya bussinesman, mamanya juga, ada yang lebih establish lah dari gue, kenapa tiba-tiba dateng gue dengan bawa masalah ke dia, tapi dia terima itu," jelas Lukman.

5. 13 tahun menikah, hubungan rumah tangga Lukman jarang diterpa isu miring

5. 13 tahun menikah, hubungan rumah tangga Lukman jarang diterpa isu miring
Instagram.com/lukmansrd

Belasan tahun hidup bersama dalam bahtera rumah tangga, keluarga Lukman Sardi dan Pricillia Pullunggono jarang diterpa gosip pedas. Hal ini cukup menjadi kebanggaan bagi keluarga artis yang sering disorot oleh media tentang segala hal.

Justru keluarga Lukman dan Lia semakin lama semakin tampak harmonis dan mesra. Sebagai pasangan suami istri, keduanya tak enggan mengunggah foto romantis di Instagram pribadi mereka.

Tak hanya itu, bahkan unggahannya pun disertai dengan kalimat yang begitu manis lho Ma pada captionnya! Duh, jadi bikin iri ya.

6. Keberadaan Lia di sisi Lukman bagaikan pelengkap untuk hidupnya

6. Keberadaan Lia sisi Lukman bagaikan pelengkap hidupnya
Instagram.com/lukmansrd

Tanpa keberadaan sang istri di sisi Lukman, seperti ia tak bisa menjadi laki-laki yang kuat dan sukses dalam kariernya. Kehadiran Pricillia Pullunggono bagaikan pelengkap dari segala kekurangan yang Lukman Sardi miliki.

Aktor berumur 51 tahun ini, pernah mengungkapkan dalam unggahan di Instagramnya bahwa Lia adalah sosok terbaik untuknya. Dirinya tak pernah menuntut lia untuk menjadi seorang istri yang baik, karena menurut Lukman dirinya juga harus bisa menjadi sosok suami yang baik untuk Lia.

Ia juga menambahkan bahwa kebaikan yang dimaksud dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Sekadar dengan senyuman, lalu mendengarkan cerita dari pasangan adalah perlakuan manis yang bisa membuat hubungan semakin harmonis.

7. Di tahun 2014, Lukman dan Lia bersatu sebagai pasangan suami istri beragama Kristen

7. tahun 2014, Lukman Lia bersatu sebagai pasangan suami istri beragama Kristen
Instagram.com/lukmansrd

Setelah di tahun 2009 mereka memutuskan untuk menikah dengan keyakinan yang berbeda, akhirnya delapan kemudia Lukman memantapkan diri untuk pindah ke agama Kristen. Kabar ini sempat dikatakan bahwa ia berpindah karena mengikuti keinginan sang istri, tetapi hal tersebut ditepis oleh Lukman . 

Lukman Sardi melakukan perjalanan spiritual yang berliku, dan akhirnya menemukan kedamaian dalam Kristen. Ia berulang kali menegaskan bahwa keputusannya ini bukan hanya karena sang istri.

Baginya, alasan berpindah agama karena istri adalah hal yang tidak masuk akal. Selama ini, Lukman dan Lia hidup sebagai pasangan suami istri yang berbeda agama, tetapi tak mengalami masalah besar terhadap hal tersebut.

Takdir lah yang mengarahkan Lukman untuk bersatu dalam kepercayaan yang dianut oleh Pricillia Pullunggono.

Nah, itulah 7 perjalanan cinta Lukman Sardi yang sempat terhalang tembok keyakinan. Sungguh luar biasa ya kisah cinta mereka yang penuh lika-liku itu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk