Rindu Saat Ditinggal Kerja? Baca Doa Ini agar Suami Selalu Ingat Istri

Membaca doa bisa jadi cara ampuh ungkapkan rindu pada suami

4 Mei 2019

Rindu Saat Ditinggal Kerja Baca Doa Ini agar Suami Selalu Ingat Istri
Pexels/Rawpixel.com

Sebagai pasangan suami istri, wajar jika ada rasa rindu terutama jika pasangan harus bekerja jarak jauh atau dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini pun kerap menimbulkan rasa kangen, bukan?

Selain itu, tak jarang muncul pula rasa khawatir apakah suami yang sedang bekerja jauh mengingat istri di rumah.

Jika Mama saat ini juga tengah mengalaminya, jangan lupa untuk selalu membacakan doa. Hal ini bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mendekatkan diri pada Tuhan, sekaligus mengungkapkan rasa rindu di hati.

Apa saja ya pilihan doa di kala sedang rindu supaya suami selalu ingat pada istri di rumah? Yuk simak informasi Popmama.com berikut ini, Ma:

1. Doa agar selalu dirindukan

1. Doa agar selalu dirindukan
Pexels/Rawpixel.com

Supaya suami yang sedang bekerja tetap mengingat dan juga rindu pada istri, bacakan doa setiap kali habis salat, ya. Dengan begitu, suami akan tetap mengingat Mama serta si Kecil di rumah.

Yuhibbunahum kahubbillah wallazinaamanu asyaddu hubbalilah

Artinya:

"Mereka mencintainya, (memuja dan menaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah, sedang orang-orang yang beriman itu lebih cinta taat pada Allah." (QS Al Baqarah: 165)

2. Doa didekatkan hatinya dengan suami

2. Doa didekatkan hati suami
Pixabay/Ebrahim

Membaca doa sebaiknya juga dibarengi dengan mengucapkan niat. Niatkan kepada siapa Mama membacakan doa, misalnya selain pada suami bisa juga pada anak. Jangan lupa sebutkan nama lengkap Papa ya, Ma.

Zuyyina lin-naasi ḥubbusy-syahawaati minan-nisaa`i wal-baniina wal-qanaṭiiril-muqanṭarati minaż-żahabi wal-fiḍḍati wal-khailil-musawwamati wal-an'aami wal-ḥarṡ, żaalika mataa'ul-ḥayaatid-dun-yaa, wallaahu 'indahụ ḥusnul-ma`aab

Artinya:

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)." (QS Al Imran: 14)
 

3. Doa menghilangkan kecemasan hati

3. Doa menghilangkan kecemasan hati
Pixabay/Janislylove

Meski wajar jika Mama merasa cemas saat jauh dari Papa, namun tak ada salahnya untuk tetap rutin membaca doa supaya hati tetap tenang. Dengan begitu, Papa yang sedang bekerja jauh pun juga akan tenang dan selalu mengingat Mama di rumah.

Qul inkuntum tuhibbuunallaha fattabi 'uunii, yuhbib kumullah, wayaghfirlakum zunuubakum, wallahu ghafuurur rahiim.

Artinya:

"Jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah Aku. Niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang." (QS Al Imran: 31)

Editors' Picks

4. Doa saat ditinggalkan bekerja jauh atau merantau

4. Doa saat ditinggalkan bekerja jauh atau merantau
Pixabay/Falco

Rasa rindu yang kerap menerpa saat ditinggal suami bekerja jauh atau merantau dalam waktu yang lama juga bisa diobati dengan rutin membaca doa. Salah satunya doa yang dibaca Nabi Yusuf AS saat merindukan sang istri, Siti Zulaikha.

Idz qoola yuusufa liabyhi ya abaati inniy raaitu ahada 'asyaro kaukaban wassamsya walqomaro roaituhum li saajidin

Artinya:

"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: ‘Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.’"

5. Doa agar suami dilindungi Allah SWT

5. Doa agar suami dilindungi Allah SWT
Pixabay/Jnylee

Saat suami jauh, selain rasa rindu jangan lupa untuk membaca doa supaya ia selalu dalam perlindungan Allah SWT, Ma. Dengan begitu, suami pun aan selalu mendapatkan rezeki halal dan terhindari dari keburukan-keburukan.

Walqoytu alayka mahabbatam manna walitusna a’ala ain

Artinya:

"Aku limpahkan kepadamu kasih sayang yang berasal dari-Nya, agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Nya."

6. Doa agar suami terhindari dari godaan buruk

6. Doa agar suami terhindari dari godaan buruk
Pixabay/Marty13126

Supaya suami selalu setia dan terhindari dari godaan untuk berselingkuh, membacakan doa secara rutin setiap selesai salat juga bisa menjadi salah satu cara yang ampuh, Ma. Mama pun juga akan terhindari dari rasa curiga dan akan menjadi lebih tenang.

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa ana abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzi laa khaula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama lengkap suami) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya:

"Ya Allah sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan saya hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Kau. Ya Allah, tundukkanlah (nama suami) padaku, sebagaimana Kau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Kau telah meluluhkan besi untuk Daud AS. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

7. Bacakan surat Al-Fatihah

7. Bacakan surat Al-Fatihah
Pixabay/Sharonang

Tahukah Mama bahwa surat Al-Fatihah juga baik untuk selalu dibaca tatkala sedang rindu dengan pasangan? Ya, surat ini tak sekadar menjadi surat pembuka dalam Al-quran, tapi juga bisa membantu memperluas rezeki dan sebagai obat kerinduan terhadap seseorang, terutama suami.

Alhamdulillahi rabbil alamin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin. Ihdinashirratal mustaqim. shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat." (QS Al Fatihah: 1-7)

Yuk Ma mulai rutin bacakan doa ini supaya suami tetap mengingat dan rindu dengan keluarga di rumah!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!