TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Percintaan di Film Before, Now & Then (Nana)

Film Before, Now & Then (Nana) menampilkan kisah percintaan tokoh Nana yang cukup rumit

23 November 2022

7 Fakta Percintaan Film Before, Now & Then (Nana)
imdb.com

Industri perfilman Indonesia kehadiran satu film yang menarik untuk disaksikan oleh penonton. Film menarik tersebut merupakan hasil garapan Kamila Andini yang berjudul Before, Now & Then (Nana).

Film ini menjadi menarik karena memiliki cerita tentang kisah cinta yang agak berbeda dari film pada umumnya. Tak hanya itu, sepanjang film ini dimainkan, dialog yang diucapkan oleh para pemeran seluruhnya menggunakan Bahasa Sunda.

Mengambil latar kehidupan sekitar tahun 1940-1960an, film ini menceritakan tentang seorang perempuan Sunda bernama Nana yang harus menjalani hidup sebagai istri di keluarga kaya setelah kehilangan papa, suami, dan anaknya.

Film berdurasi 1 jam 43 menit ini menampilkan kisah cinta Nana yang cukup rumit. Berbagai tantangan pun menghiasi kisah percintaannya.

Berikut Popmama.com berikan beberapa ulasan fakta percintaan di film Before, Now & Then (Nana) secara lebih detail.

Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Nana terpisah dari Icang

1. Nana terpisah dari Icang
Youtube.com/Fourcolours Films

Dalam film ini tokoh Nana (Happy Salma) diceritakan memiliki seorang suami bernama Raden Icang (Ibnu Jamil). Dari hubungan pernikahan yang dijalani dengan Icang, Nana memiliki seorang anak bernama Setia.

Sayangnya, kisah percintaan Nana dan suaminya tak berjalan dengan baik. Nana dan suami diketahui harus terpisahkan lantaran Icang diculik ke hutan oleh segerombolan orang.

2. Nana diincar oleh gerombolan orang untuk dinikahkan dengan komandan

2. Nana diincar oleh gerombolan orang dinikahkan komandan
Youtube.com/Fourcolours Films

Setelah suaminya diculik, Nana diincar oleh segerombolan orang untuk dinikahkan dengan komandan mereka. Dalam film Before, Now & Then (Nana), situasi kala itu diceritakan masih terjadi perang dan konflik.

Kabar ini awalnya diketahui oleh papanya Nana dan kakaknya, Ningsih (Rieke Diah Pitaloka). Usai mengetahui hal tersebut, papanya menyuruh Ningsih dan Nana untuk pergi.

Nana lantas bertanya-tanya mengenai alasan mengapa dirinya harus pergi. Hal ini dikarenakan Nana tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Ningsih kemudian menceritakan semuanya kepada Nana saat melarikan diri.

Kejadian ini pun membuat dirinya terpaksa harus kehilangan papanya dan anak tercinta.

Editors' Picks

3. Nana menikah dengan Darga

3. Nana menikah Darga
imdb.com

Setelah melarikan diri, Nana kemudian menikah dengan seorang laki-laki yang lebih tua darinya bernama Darga (Arswendy Bening Swara). Meski dirinya tampak nyaman bersama keluarga yang kaya, nyatanya hidup Nana tidak mudah.

Orang-orang sekitar yang ada di desa menganggap Nana sebagai seorang perempuan yang hanya menginginkan harta kekayaan milik suaminya.

Dalam cerita pada film ini, Nana menghabiskan waktunya setiap hari sebagai seorang ibu rumah tangga.

Ia membesarkan ketiga anaknya, memasak, merawat suami tercinta, hingga mengurus perkebunan yang dimiliki.

4. Darga memiliki perempuan simpanan

4. Darga memiliki perempuan simpanan
Youtube.com/Fourcolours Films

Perjalanan cinta yang dilalui Nana dan Darga nampaknya tak berjalan baik. Nana mulai curiga bahwa suaminya memiliki perempuan lain.

Kecurigaan ini bermula dari pembantu rumah tangganya yang memberikan selendang merah kepada dirinya. Selendang yang bukan milik Nana itu ditemukan oleh pembantunya di kamar.

Kecurigaan itu semakin bertambah saat dirinya mulai menerima beberapa surat cinta yang ditujukan kepada suaminya. Surat tersebut diketahui berisi ajakan untuk pergi makan bersama seorang perempuan yang tidak dikenal.

Merasa penasaran dengan sosok misterius tersebut, Nana akhirnya mencari tahu tentang perempuan yang menjadi simpanan suaminya.

5. Nana berteman baik dengan Ino, perempuan simpanan Darga

5. Nana berteman baik Ino, perempuan simpanan Darga
imdb.com

Setelah mencari, Nana kemudian mengetahui bahwa perempuan yang menjadi simpanan suaminya tersebut bernama Ino (Laura Basuki). Perempuan yang biasa dipanggil dengan sebutan Mak Ino tersebut merupakan seorang pemotong daging yang berjualan di pasar.

Tiada disangka, Nana justru berteman baik dengan Ino. Dirinya bahkan tak canggung menceritakan masa lalunya yang selalu menghantui kepada Ino.

6. Nana bertemu kembali dengan Icang

6. Nana bertemu kembali Icang
imdb.com

Setelah sekian lama tidak berjumpa, Nana akhirnya bertemu kembali dengan Icang. Pertemuan itu terjadi secara tiba-tiba ketika Nana sedang pergi ke luar rumah. Keduanya kemudian pergi ke suatu tempat untuk berbicara empat mata.

Saat pembicaraan itu berlangsung, Icang meminta maaf kepada Nana terlebih dahulu. Icang kemudian mengaku telah mengetahui pernikahan Nana dengan Darga.

Suasana pertemuan itu mendadak berubah menjadi sedih ketika Icang menanyakan kabar anaknya, Setia. Sambil menangis, Nana memberitahu bahwa Setia sudah meninggal dunia.

7. Nana memutuskan berpisah dengan Darga

7. Nana memutuskan berpisah Darga
Youtube.com/Fourcolours Films

Setelah bertahun-tahun lamanya hidup bersama, Nana dan Darga akhirnya berpisah. Keputusan ini diambil oleh Nana setelah dirinya berjumpa kembali dengan Icang. Tidak menghalangi keputusan itu, Darga mengizinkan Nana untuk berpisah darinya.

Sebelum keputusan ini dibuat, Darga sudah pernah menyampaikan sesuatu kepada Nana. Kala itu, Darga menyampaikan bahwa bila Nana memiliki laki-laki lain yang disukai, maka ia akan mengizinkan Nana untuk menikah dengan laki-laki tersebut.

Saat itu Darga juga berpesan, orang yang akan menikah dengan Nana nanti harus laki-laki baik dan bisa lebih memberikan kebahagiaan. Darga beralasan hal ini diizinkannya hanya untuk membahagiakan Nana.

Itulah beberapa fakta percintaan di film Before, Now & Then (Nana) yang berhasil dihimpun. Melihat ulasan di atas, dapat dipahami bahwa kisah cinta yang dialami tokoh Nana dalam film ini memang tidak mudah.

Tertarik ingin mengetahui lebih detail kisah percintaan yang dialami oleh Nana? Film ini bisa ditonton saat akhir pekan bersama keluarga atau pasangan, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk