5 Cara Lebih Intim dengan Suami agar Semakin Romantis dan Harmonis

Keintiman menjadi kunci untuk kehidupan pernikahan yang romantis dan harmonis, lho!

4 September 2021

5 Cara Lebih Intim Suami agar Semakin Romantis Harmonis
Freepik/senivpetro

Makna keintiman dalam hubungan suami istri tidak selalu yang berkaitan dengan aktivitas seksual lho, Ma!

Perlu diketahui bahwa keintiman pada dasarnya melibatkan hubungan yang lebih dekat dengan seseorang, baik secara fisik maupun emosional.

Keintiman secara emosional menjadi kunci utama untuk kehidupan pernikahan yang romantis dan harmonis. Ketika secara emosional sudah sangat dekat dengan pasangan, maka Mama mungkin merasa seolah-olah bisa melihat ke dalam jiwanya.

Tak hanya itu, kedekatan secara emosional tersebut bisa membantumu mengetahui harapan, impian, ketakutan bahkan memahami karakter pasangan lebih dalam.

Apabila keintiman secara emosional mulai terkikis, maka perlu kembali dijaga dan ditingkatkan agar hubungan bersama pasangan bisa lebih harmonis. 

Jika Mama dan pasangan merasa tak seintim dulu, maka usahakan jangan kecewa dulu. Tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips yang bisa digunakan agar hubungan menjadi lebih intim dan semakin romantis.

Cari tahu yuk, Ma!

1. Tinggalkan sejenak ponsel dan perangkat elektronik lainnya

1. Tinggalkan sejenak ponsel perangkat elektronik lainnya
Freepik/gpointstudio

Ketika ingin membangun keintiman bersama pasangan, maka cobalah untuk menjauhkan diri sejenak dari perangkat elektronik masing-masing.

Minimal matikan dulu ponsel, komputer atau televisi yang justru bisa menganggu keintiman bersama pasangan. Dengan begitu, maka pikiran Mama dan pasangan akan teralihkan sejenak dari sosial media atau berbagai pekerjaan kantor.

Luangkan waktu bersama pasangan untuk bicara, berbagi cerita dan saling memandang dari mata ke mata. Mama bisa menerapkan tips berikut ini, seperti buatlah kesepakatan untuk mematikan ponsel dan meninggalkannya di dalam kotak kecil. Ini bisa dilakukan selama satu atau dua jam setiap hari, lalu bisa menciptakan berbagai momen berdua bersama pasangan.  

Editors' Picks

2. Curi waktu berdua di tengah kesibukan

2. Curi waktu berdua tengah kesibukan
Freepik

Mungkin agak sulit mencari waktu yang tepat untuk berduaan dengan pasangan. Pekerjaan kantor yang menumpuk atau tugas rumah tangga yang tak kunjung selesai, belum lagi dengan kehadiran si Kecil yang rewel.  

Tak perlu bingung, Mama perlu melakukan beberapa hal sederhana berikut ini untuk meningkatkan keintiman bersama pasangan.

Contohnya saja seperti mengajak pasangan berdiskusi ringan sambil minum kopi di akhir pekan, berbelanja bersama atau melakukan tugas rumah tangga berdua. Cara ini bisa diterapkan untuk meningkatkan kekompakan, sehingga bisa menjadi sebuah tim yang kompak. 

Selain itu, bisa juga meluangkan waktu untuk melakukan pillow talk setidaknya minimal 30 menit setelah anak-anak tidur.

Sekali-kali Mama dan pasangan perlu meluangkan waktu berdua, sehingga lebih fokus tanpa terganggu aktivitas lain atau harus mengurus anak-anak. 

3. Membaca buku bersama juga romantis, lho!

3. Membaca buku bersama juga romantis,
Freepik/freepik

Membaca buku bisa menjadi kegiatan seru dan romantis bersama pasangan, lho!

Mama bisa memilih buku yang mengangkat tema pernikahan, lalu bisa mendiskusikannya bersama pasangan.

Namun, kegiatan ini bisa jadi membosankan apabila bukunya tidak sesuai dengan minat. Maka dari itu, ada baiknya Mama juga menyesuaikan pilihan buku dengan minat pasangan.

Contohnya ketika kalian punya preferensi buku tertentu yang disukai, seperti novel atau biografi. Dengan membaca bersama, Mama dan pasangan bisa mengungkapkan pemikiran atau pandangan baru mengenai apa yang kalian baca.

Hal ini dapat memperkuat aspek kepercayaan dan komunikasi dari keintiman secara emosional. Selain itu, mampu memberi kesempatan untuk berbagi perasaan dan wawasan tanpa menghakimi satu sama lain. 

4. Lakukan 'Me Time' sejenak untuk nikmati hobi masing-masing

4. Lakukan 'Me Time' sejenak nikmati hobi masing-masing
Freepik

Ma, terlalu sering menghabiskan waktu dengan pasangan ternyata kurang bagus. Efeknya Mama jadi terlalu bergantung dengan pasangan atau mulai menimbulkan rasa bosan.

Demi mengurangi risiko buruk ini, ada baiknya untuk saling memberi jeda satu sama lain dan melakukan me time. Momen ini bisa diterapkan dengan saling menikmati aktivitas pribadi atau hobi masing-masing.

Kegiatan ini secara tidak langsung dapat membangun hubungan antar suami istri yang erat dan saling percaya. 

5. Buat daftar keinginan dan kegiatan menyenangkan

5. Buat daftar keinginan kegiatan menyenangkan
Freepik/drobotdean

Mama dan pasangan bisa menyusun daftar keinginan, contohnya ada beberapa tempat yang ingin dikunjungi dan apa yang ingin kalian lakukan di sana berdua bersama pasangan. Kemudian diskusikanlah kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Bernostalgia dan kembali ke tempo dulu, sepertinya bisa menjadi alternatif lain. Mama bisa mengenang masa-masa saat sebelum menikah.

Misalnya pergi ke restoran favorit saat kalian berkencan dulu atau mengunjungi tempat yang berkesan ketika Mama dan pasangan pertama kali bertemu. Dengan begitu Mama bisa lebih intim secara emosional dengan pasangan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk lebih intim dengan suami. Semoga cara di atas bisa membantu untuk lebih intim dengan suami ya, Ma!

Baca Juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.