7 Cara Pegangan Tangan Ini Ungkap Makna Hubungan Bersama Pasangan

Dari cara menggandeng tangan pasangan bisa mengungkap kepribadian lho, Ma

28 November 2021

7 Cara Pegangan Tangan Ini Ungkap Makna Hubungan Bersama Pasangan
Freepik/ArthurHidden

Setiap pasangan punya caranya masing-masing dalam mengungkapkan perasaan cinta. Bisa lewat ucapan langsung atau bahasa tubuh. Bahasa tubuh pun bisa diperlihatkan dari sentuhan fisik, bahkan dari cara-cara yang sederhana.  

Perlu diketahui juga bahwa ternyata bahasa tubuh sederhana, seperti cara pegangan tangan bisa ungkap makna hubungan antara dua pasangan, lho!

Penasaran dengan arti cara kita menggengam tangan pasangan? Dilansir dari Bright Side, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Kira-kira apa saja artinya ya, Ma?

1. Telapak tangan yang saling menggenggam

1. Telapak tangan saling menggenggam
Freepik

Telapak tangan saling menggenggam saat berpegangan mengartikan bahwa hubungan kalian lebih ke arah kasih sayang dan bukan ikatan yang penuh gairah saja. 

Bahasa tubuh ini juga mengungkapkan siapa diantara kalian yang memimpin hubungan ini. Dia yang posisi telapak tangannya menghadap ke bawah cenderung memiliki kepribadian yang lebih kuat, sering mengambil inisiatif dan lebih tegas dari pasangannya.

2. Saling menautkan jari

2. Saling menautkan jari
Freepik/Yanalya

Jari-jari yang saling bertautan melambangkan gairah dan hubungan yang kuat antara pasangan. Saat berpegangan tangan seperti ini, Mama dan Papa akan saling mengunci jari satu sama lain dengan kuat, sebagai tanda cinta yang penuh gairah

Namun, jika salah satu di antara kalian tidak menggenggam tangan pasangannya dengan erat. Bisa jadi pertanda yang kurang baik, lho! 

Editors' Picks

3. Mengenggam satu jari

3. Mengenggam satu jari
Freepik/jcomp

Biasanya pasangan akan menautkan jari kelingking mereka saat berpegangan tangan dengan cara ini. Bahasa tubuh tersebut pun memiliki arti tersendiri, yakni menandakan kalian berdua memprioritaskan kebebasan dan kemandirian. Kalian tahu bagaimana caranya menghormati ruang dan privasi satu sama lain. 

Namun, cara berpegangan tangan yang seperti ini juga bisa menandakan bahwa kalian telah mempersiapkan diri untuk menuju ke arah hubungan yang berbeda. 

4. Menggenggam tangan dan pergelangan tangan

4. Menggenggam tangan pergelangan tangan
Freepik

Ketika salah satu di antara kalian memegang tangan pasangan dengan cara ini. Contohnya satu tangan menggenggam tangan pasangan, sementara satu tangannya lagi memegang pergelangan tangannya. Hal ini menandakan hubungan kalian semakin serius. 

Sayangnya, hal itu juga menandakan salah satu dari kalian bisa berubah menjadi karakter posesif yang selalu cemburuan atau obsesif terhadap pasangannya.

5. Mengaitkan tangan pada lengan pasangan

5. Mengaitkan tangan lengan pasangan
Pixabay/StockSnap

Cara berpegangan tangan yang seperti ini banyak digunakan pasangan saat menghadiri acara formal dan resmi untuk menunjukan status hubungan mereka di depan orang banyak.

Tetapi, jika salah satu dari kalian berpegangan tangan seperti ini setiap hari. Tampaknya ia merasa tidak percaya diri atau mungkin membutuhkan perlindungan dari pasangannya.

6. Menggenggam jari dan sedikit menariknya

6. Menggenggam jari sedikit menariknya
complex.com

Bahasa tubuh ini melambangkan ketidakseimbangan dalam hubungan. Salah satu di antara kalian yang menarik tangan pasangannya artinya dia cenderung menjadi pembuat keputusan dan pengontrol dalam suatu hubungan.

Hal ini juga bisa membuat frustasi karena pasangannya mungkin kurang nyaman, apalagi dalam posisi ditarik ke tempat yang mereka tidak suka. Cara berpegangan tangan yang seperti ini juga bisa menandakan bahwa salah satu dari mereka sudah tidak nyaman dengan rutinitas dalam hubungan keduanya. 

7. Tidak berpegangan tangan sama sekali

7. Tidak berpegangan tangan sama sekali
Pexels/Mentatdgt

Jika kalian tidak berpegangan tangan sama sekali, bisa jadi pasangan Mama sangat pemalu dan kurang nyaman untuk melakukannya di tempat umum. Namun, mungkin juga bisa menandakan ia tidak tertarik dengan hubungan ini. 

Nah, setelah mengetahui arti dari cara pegangan tangan sebuah pasangan, Mama jangan khawatir dan langsung berasumsi buruk dulu. Perhatikan juga bahasa tubuhnya yang lain, mungkin pasangan Mama mengungkapkan perasaan cintanya dengan berbagai cara.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.