TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Pernikahan Idayati Adik Jokowi dengan Ketua MK Anwar Usman

Sah, Ketua MK Anwar Usman resmi menikahi adik Presiden Joko Widodo, Idayati

26 Mei 2022

7 Fakta Pernikahan Idayati Adik Jokowi Ketua MK Anwar Usman
Dok. Sekretariat Presiden

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, resmi menjadi suami dari Idayati, adik Presiden Joko Widodo, Kamis (26/5/2022). Pernikahan tersebut mengundang beberapa tokoh penting mulai dari menteri-menteri hingga pejabat pemerintahan setempat.

Acara pernikahan itu berlangsung mulai pukul 09.00-15.00 WIB dengan jeda waktu satu jam dari akad nikah ke resepsi pernikahan. Prosesi ijab kabul keduanya disiarkan secara nasional dengan hanya memperbolehkan media meliput acara dari luar gedung.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta pernikahan Idayati, adik Jokowi bersama Ketua MK Anwar Usman. Yuk Ma, disimak!

1. Acara pernikahan dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah

1. Acara pernikahan dilaksanakan Solo, Jawa Tengah
Dok. Internet

Ada dua acara inti dari pernikahan Idayati dan Ketua MK Anwar Usman, yakni akad nikah dan resepsi pernikahan.

Acara pernikahan itu digelar di daerah asal keluarga Jokowi, yakni di Solo, Jawa Tengah, tepatnya di gedung Graha Saba Buana.

2. Pernikahan keduanya sempat menuai pro dan kontra

2. Pernikahan kedua sempat menuai pro kontra
Dok. Internet

Pada Maret 2022, Idayati resmi dipinang oleh Anwar Usman. Sejak kabar itu tercium masyarakat, beredar asumsi bahwa pernikahan mereka merupakan pernikahan politik.

Meski demikian, Anwar selalu menepis asumsi-asumsi publik itu. Ia menegaskan bahwa kematian, rezeki, dan jodoh itu ada di tangan Allah. Dengan demikian, ia tak ingin melawan takdir atau garis hidup yang sudah ditentukan untuknya.

Editors' Picks

3. Adat dan dekorasi menerapkan konsep Jawa klasik

3. Adat dekorasi menerapkan konsep Jawa klasik
Dok. Internet

Dilihat dari tema serta dekorasi yang dibuat untuk rangkaian acara pernikahan Idayati dan Anwar, pernikahan mereka mengusung konsep Jawa klasik. Atmosfer Jawa semakin kental dengan suara gamelan yang menjadi latar belakang selama acara pernikahan.

Pada bagian pelaminan juga terdapat gebyok khas Kudus yang dikenal lebih rumit dan kompleks daripada gebyok kebanyakan di Jawa. Gebyok sendiri merupakan lambang sebuah keagungan atau kehormatan dari latar acara pernikahan.

Konsep Jawa juga terlihat dari undangan pernikahan yang disebarkan kepada para tamu undangan. Dengan warna maroon bergambar gunungan emas khas Jawa, nuansanya sangat sarat adat Jawa.

Di bagian undangan itu juga terdapat barcode yang digunakan sebagai syarat masuk dalam acara pernikahan Idayati dan Anwar.

4. Ma'ruf Amin dan Andika Perkasa jadi saksi nikah

4. Ma'ruf Amin Andika Perkasa jadi saksi nikah
Dok. Sekretariat Presiden

Dalam proses akad nikah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi saksi nikah dari pihak perempuan. Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi saksi nikah dari pihak laki-laki.

Untuk wali nikahnya, Presiden Joko Widodo sendiri yang menikahkan adik kandung tercintanya kepada Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

5. Maskawin berupa seperangkat alat salat dan jam

5. Maskawin berupa seperangkat alat salat jam
Dok. Sekretariat Presiden

Anwar Usman memberikan Idayati maskawin berupa seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan untuk pernikahannya. Jam tangan itu merupakan permintaan dari pihak mempelai perempuan.

Maskawin tersebut telah diserahkan kepada Idayati setelah prosesi ijab kabul berlangsung hanya dengan sekali ucap.

6. Lokasi pernikahan dijaga ketat oleh aparat keamanan

6. Lokasi pernikahan dijaga ketat oleh aparat keamanan
Dok. Internet

Di sekitar lokasi pernikahan, ada lebih dari 2.000 personel gabungan TNI, Polri, dan juga Polda setempat untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya acara pernikahan di Solo itu.

Adapun akses jalan di sepanjang gedung Graha Saba Buana itu juga ditutup dan dialihkan ke jalur alternatif lain. Dengan demikian, jalan itu hanya bisa diakses oleh para tamu undangan yang hadir di dalam acara pernikahan Idayati dan Anwar.

Keberadaan barcode pun menjadi cara untuk membatasi orang-orang yang dapat masuk ke acara pernikahan. Para tamu yang tidak membawa barcode di undangan hanya bisa berada di luar gedung, tepatnya di tenda yang sudah disediakan di luar.

7. Pembatasan tamu undangan di acara pernikahan

7. Pembatasan tamu undangan acara pernikahan
Dok. Sekretariat Presiden

Acara pernikahan Idayati dan Anwar mengundang 800 tamu undangan yang terdiri dari rekan dari kedua mempelai, para menteri, pejabat pemerintah, dan juga keluarga dekat.

Untuk acara akad nikahnya sendiri, para tamu dibatasi hanya 200 orang dengan pengamanan yang ketat. Beberapa tokoh yang terlihat hadir dalam acara pernikahan tersebut di antaranya ialah Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan), dan Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Provinsi Jawa Tengah.

Itulah beberapa fakta pernikahan Idayati, adik kandung Joko Widodo, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman. Sekali lagi selamat menempuh hidup baru untuk kedua mempelai

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk