23 Ayat Alkitab tentang Kebaikan, Mencerminkan Ajaran Tuhan pada Hidup

Menemukan kekuatan untuk mengatasi tantangan

23 November 2023

23 Ayat Alkitab tentang Kebaikan, Mencerminkan Ajaran Tuhan Hidup
Freepik/jcomp

Dalam perjalanan spiritual dan pencarian makna hidup, manusia sering kali merenung tentang konsep kebaikan. Alkitab menjadi sebagai sumber petunjuk dan inspirasi bagi banyak orang, menyajikan kumpulan ayat-ayat yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan.

Dari lembaran-lembaran Alkitab, sinar kebijaksanaan ilahi memancar melalui kata-kata yang memandu umat-Nya untuk hidup dalam cinta, belas kasihan, dan keadilan.

Ayat-ayat Alkitab yang memaparkan konsep kebaikan, membimbing kamu untuk memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran yang membentuk karakter dan perilaku yang baik.

Nah, kali ini Popmama.com sudah merangkum 23 ayat Alkitab tentang kebaikan. Kumpulan ayat Alkitab ini dapat menemukan inspirasi dan petunjuk untuk membentuk kehidupan yang penuh makna.

Yuk, simak ayat-ayat Alkitab kali ini!

1. Ayat Alkitab tentang kebaikan antar sesama

1. Ayat Alkitab tentang kebaikan antar sesama
Freepik

2 Petrus 1:5-7

Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

Matius 5:15-16

Lagi pula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

Galatia 6:10

Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

1 Korintus 10:23

”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. ”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Efesus 4:29

Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Efesus 4:32

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

2. Ayat Alkitab untuk kebaikan diri sendiri

2. Ayat Alkitab kebaikan diri sendiri
Pexels/Tara Winstead

Amsal 19:22

Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.

Roma 12:21

Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan.

1 Petrus 3:13

Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik?

Mazmur 34:14

Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu

1 Korintus 15:33

Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Roma 12:9

Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

Yeremia 6:16

Beginilah firman Tuhan: ”Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya.

1 Timotius 2:9-10

Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal, tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.

3. Ayat Alkitab tentang kebaikan dari Tuhan

3. Ayat Alkitab tentang kebaikan dari Tuhan
Pexels/John-Mark Smith

Galatia 5:22-23

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Nahum 1:7

Tuhan itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya

Titus 2:14

Yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Mazmur 27:13

Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan Tuhan di negeri orang-orang yang hidup!

Mazmur 37:3

Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia

2 Korintus 9:8

Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

Mazmur 145:17

Tuhan itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Amsal 2:9

Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik.

Mazmur 25:6-7

Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala. Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya Tuhan.

Kumpulan ayat-ayat Alkitab tentang kebaikan ini tidak hanya menyediakan petunjuk moral, tetapi juga merupakan sumber inspirasi untuk mengembangkan karakter yang sesuai dengan ajaran ilahi.

Dalam memahami dan merenungi ayat-ayat ini, kamu diingatkan akan pentingnya membawa kebaikan dalam tindakan sehari-hari, menjalani hidup dengan cinta dan belas kasihan.

Nah, itulah rangkuman 23 ayat Alkitab tentang kebaikan. Kumpulan ayat ini menjadi pendorong untuk menjalani kehidupan yang mencerminkan kebaikan Allah.

Baca juga:

The Latest