6 Fakta Rencana Pernikahan Idayati Adik Jokowi dan Anwar Usman

Menikah besok 26 Mei, begini fakta terbaru pernikahan Idayati Adik Jokowi dan Ketua MK Anwar Usman

25 Mei 2022

6 Fakta Rencana Pernikahan Idayati Adik Jokowi Anwar Usman
IDN Times/Larasati Rey | Instagram.com/mahkamahkonstitusi

Sosok adik perempuan Presiden Jokowi, Idayati, mencuri perhatian publik mendekati hari pernikahannya. Terungkap bahwa Idayati menjalin hubungan asmara dan akan segera menikah dengan Ketua MK, Anwar Usman.

Pernikahan adik Presiden Jokowi dan Ketua MK diketahui akan digelar pada Kamis (26/5/2022). Tinggal menghintung jam sebelum menjadi suami istri, persiapan pernikahan Idayati dan Anwar diketahui sudah hampir selesai.

Berikut Popmama.com telah merangkum deretan faktar terbaru seputar pernikahan adik Jokowi Idayanti dengan Ketua MK Anwar Usman besok.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini yuk, Ma!

1. Lamaran Anwar ke Idayati diterima Jokowi

1. Lamaran Anwar ke Idayati diterima Jokowi
Freepik/freepik

Idayati dan Anwar pertama kali mengenal pada Oktober 2021 lalu. Keduanya kenal melalui perantara seorang teman. Setelah 5 bulan mengenal, Idayati dan Anwar memutuskan ingin melanjutkan ke hubungan yang lebih serius.

Idayati dilamar Anwar secara resmi pada 12 Maret 2022 lalu di Solo. Itikad baik Anwar diterima oleh keluarga Idayati. Kala itu, Presiden Jokowi selaku kakak dari Idayati mewakili keluarga besarnya menerima lamaran Ketua MK. 

2. Pernikahan berlangsung di Kota Solo

2. Pernikahan berlangsung Kota Solo
IDN Times/Larasati Rey

Acara pernikahan adik Presiden Jokowi dan Ketua MK pada hari Kamis besok pada tanggal 26 Mei 2022. Pernikahan keduanya akan diadakan di Kota Solo. Acara akad nikah atau prosesi ijab kabul akan dilakukan di rumah mempelai perempuan, Idayati Adik Jokowi.

Sedangkan, resepsi pernikahan Idayati serta Anwar berlokasi di Gedung Graha Saba Buana yang dipakai untuk pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Diketahui, resepsi pernikahan Idayanti dan Anwar hanya akan dihadiri 800 tamu undangan.

Editors' Picks

3. Jokowi akan menjadi wali nikah Idayati

3. Jokowi akan menjadi wali nikah Idayati
Instagram.com/jokowi

Presiden Jokowi tentu akan hadir pada hari pernikahan Idayati dan Anwar. Bukan hanya datang sebagai anggota keluarga mempelai, Presiden Jokowi juga akan menjadi wali nikah adiknya Idayati dan Ketua MK Anwar Usman.

Diketahui, kedua orang tua Jokowi dan Idayati telah meninggal dunia. Maka dari itu, sebagai kakak tertua dan satu-satunya saudara kandung laki-laki yang dimiliki Idayati, Jokowi yang akan menikahkan adiknya itu.

4. Melibatkan dua penghulu pernikahan

4. Melibatkan dua penghulu pernikahan
IDN Times/Larasati Rey & Instagram.com/mahkamahkonstitusi

Bila umumnya pernikahan didampingi oleh seorang penghulu, diketahui akan ada dua penghulu pada pernikahan Idayati dan Anwar nanti. Penghulu utama ialah Kepala KUA Banjarsari Arba’in Basyar dan didampingi penghulu dari Kemenag.

Diketahui, ini bukan kali pertama Arba’in menjadi penghulu untuk keluarga Jokowi. Beberapa waktu lalu, Arba’in juga menjadi penghulu pada acara pernikahan keponakan Jokowi yang dihadiri oleh Jokowi sebagai saksi nikah.

5. Mahar pernikahan yang unik

5. Mahar pernikahan unik
IDN Times/Larasati Rey

Mahar pernikahan Ketua MK kepada adik Presiden Jokowi agak tidak biasa. Bila umumnya mahar ialah seperangkat alat salat dengan uang atau perhiasan, tetapi Anwar justru memberikan mahar lain.

Diketahui, selain seperangkat alat salat Anwar menjadikan sebuah jam tangan sebagai mahar pernikahannya dengan Idayati, adik Jokowi. Hingga kini belum diketahui jenis jam tangan yang dijadikan mahar maupun alasan Ketua MK memberi mahar tersebut.

6. Saksi nikah merupakan petinggi negara

6. Saksi nikah merupakan petinggi negara
id.wikipedia.org

Kedua mempelai bukan dari kalangan biasa, tentunya tidak heran bila sosok yang akan menjadi saksi pernikahan Anwar dan Idayati adalah petinggi negara. Apalagi, Anwar sendiri merupakan pejabat negara.

Sosok yang menjadi saksi nikah dari pihak Anwar selaku mempelai laki-laki ialah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Sedangkan, saksi nikah dari pihak mempelai perempuan Idayati ialah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Itulah deretan informasi seputar pernikahan adik Jokowi Idayanti dengan Ketua MK Anwar Usman. Hanya mengundang 800 tamu saja, kira-kira siapa saja ya tokoh politik yang akan diundang ke hari bahagia Idayati dan Anwar?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk