Eksklusif: Punya Trik Tersendiri, Asmirandah dan Jonas Rivanno Terapkan Pola Asuh No Gadget pada Chloe

Yuk, coba tips pola asuh a la Mama Andah dan Papa Vanno berikut ini

6 Agustus 2021

Eksklusif Pu Trik Tersendiri, Asmirandah Jonas Rivanno Terapkan Pola Asuh No Gadget Chloe
Popmama.com/Vandah Team

Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri, begitu pula yang dirasakan oleh pesinetron Asmirandah.

Kehadiran Chloe Emmanuelle Van Wattimena yang lahir pada 25 Desember 2020 lalu membuat Asmirandah dan Jonas Rivanno kini disibukan dengan berbagai aktivitas sebagai orangtua.

Di tengah quality time yang dilalui Asmirandah dan Rivanno sebagai pasangan suami istri, kedua pesinetron Tanah Air ini saling berkomitmen dalam memberikan pola asuh terbaik untuk putri pertama mereka.

Dalam interview virtual untuk Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021, perempuan yang biasa disapa Andah menyebutkan, "Waktu bersama kita tuh udah lama banget. Jadi pada saat punya anak, sekarang ini justru waktunya kita untuk bertiga, nggak berdua lagi."

Pelantun 'Salahkah Kita' ini juga mengaku bahwa kehadiran Chloe di tengah keluarga mereka telah membawa warna baru dan keceriaan, sehingga ia dan suami ingin menerapkan pola asuh terbaik demi tumbuh kembang maksimal sang buah hati. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita lain dari Asmirandah dan Jonas Rivanno dalam memberikan pola asuh kepada Chloe, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Mama dan Papa dalam mengasuh toddler di tengah pandemi.

1. Menerapkan pola asuh no gadget sejak dini

1. Menerapkan pola asuh no gadget sejak dini
Popmama.com/Vandah Team

Tak hanya pada orang dewasa, penggunaan gadget pada anak pun sampai saat ini masih menjadi kebiasaan yang lumrah terjadi. Padahal, penggunaan gadget pada anak sebaiknya tetap diberikan batasan demi keamanan dan perkembangan mereka, Ma.

Ketika ditanya perihal pola asuh yang diterapkan pada Chloe di tengah era digitalisasi seperti sekarang ini, Asmirandah dan suami justru menerapkan pola asuh no gadget sejak usia dini.

"Kalau sekarang memang saya dan Vanno mengasuh Chloe itu lebih ke kita no gadget. Justru kita Kita berusaha sebisa mungkin mengurangi gadget," ujarnya.

Bukan tanpa alasan ia dan suami menerapkan pola asuh seperti itu, Ma. Istri dari laki-laki yang biasa disapa Vanno ini menjelaskan bahwa pola asuh no gadget mereka terapkan karena pengalaman pribadi ketika melihat anak dari teman-temannya yang ketergantungan dengan gadget.

Dengan pola asuh seperti ini, diharapkan nantinya Chloe dapat menikmati masa kanak-kanaknya dengan permainan dan kegiatan seru sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya.

Editors' Picks

2. Pola asuh yang orangtua Asmirandah lakukan, kini diterapkan ke Chloe

2. Pola asuh orangtua Asmirandah lakukan, kini diterapkan ke Chloe
Popmama.com/Vandah Team

Lahir dalam keluarga yang memiliki pola asuh serupa, Asmirandah dan Rivanno mengaku bahwa mereka berdua juga menerapkan pola asuh yang mereka terima ketika masa kecil dahulu.

Ia menyebutkan, "Kalau pola asuh dari keluarga mungkin yang kalau makan nggak jalan-jalan gitu. Lebih ke situ, karena memang baik keluarga saya maupun Vanno mendidiknya seperti itu. Jadi waktunya makan ya makan, waktunya main ya main."

Ketika melihat unggahan yang dibagikan Mama dari Chloe melalui Instagram pribadinya, Asmirandah memang sering kali membagikan momen ketika sang putri dengan tenang menikmati waktu makan maupun bermainnya.

"Jadi pada saat makan itu dia menikmati sekali makannya, nggak sambil nonton, nggak sambil mainan pegang-pegang apapun. Kalau pun mau pegang (makanannya), dia pegang aja, gapapa berantakan," sambungnya.

3. Memberikan mainan baru agar anak tidak bosan selama di rumah saja

3. Memberikan mainan baru agar anak tidak bosan selama rumah saja
Popmama.com/Vandah Team

Hadirnya Chloe membuat kedua pasangan yang menikah pada 22 Desember 2013 silam ini tak henti mengucapkan syukur kepada Tuhan. Bahkan, pesinetron dan penyanyi kelahiran 1989 ini mengaku sampai saat ini mereka tidak merasakan duka selama mengasuh buah hatinya.

"Sampai sekarang sih dukanya hampir nggak ada, ya dijalanin aja. Cuma mungkin karena lagi pandemi, jadinya nggak bisa mengeksplor yang lebih buat Chloe. Kasihannya tuh kayak yang 'yah harus di rumah lagi nih'," ujar Asmirandah.

Agar sang putri tidak merasa bosan dan tumbuh dengan maksimal di tengah kondisi pandemi, ia dan suami memanfaatkan kegiatan belanja online untuk memberikan mainan baru.

Kembali dalam pola asuh no gadget yang mereka terapkan, Asmirandah dan Rivanno lebih memilih memberikan mainan baru agar putrinya bisa bebas bereksplorasi dan tidak merasa jenuh selama di rumah.

Ia menambahkan, "Jadi saya lebih ke membelikan dia mainan baru (secara) online biar nggak bosan itu-itu aja."

4. Melakukan ragam kegiatan seru untuk tumbuh kembang Chloe

4. Melakukan ragam kegiatan seru tumbuh kembang Chloe
Popmama.com/Vandah Team

Memiliki waktu yang lebih lama selama di rumah saja membuat kedua pasangan yang aktif di dunia hiburan Tanah Air ini bersyukur karena bisa lebih banyak mengeksplor tumbuh kembang buah hatinya.

"Mungkin saat ini untuk mengeksplor (tumbuh kembang) Chloe itu saya lebih ke membelikan mainan dan membiarkan dia main di playmate-nya. Terus juga saya lebih sering ajak ngobrol sama nyanyi biar nggak bosan," ungkap Asmirandah.

Kegiatan seperti ini dilakukan keduanya untuk menstimuls tumbuh kembang sang anak di tengah pandemi. Sehingga meski di rumah saja, Chloe bisa tetap tumbuh dengan baik lewat kegiatan-kegiatan seru bersama kedua orangtuanya.

"Jadi benar-benar 12 jam selama Chloe bangun, saya itu selalu ada di samping dia," sambungnya.

Itu dia cerita Mama Asmirandah dalam menentukan pola asuh untuk Chloe bersama sang suami di usia dini.

Semoga cerita dari Mama Andah dan Papa Vanno di atas bisa jadi inspirasi bagi Mama dalam memberikan pola asuh serupa pada si Kecil ya.

#MillennialMama of the Month Edisi Agustus 2021 – Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Photographer - Vandah Team
Photo Editor - Razka Ramadhan
Fashion Stylist - Ade Rio 
Asmirandah’s Wardrobe - Barli Asmara

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Asmirandah
Millennial Mama

Asmirandah

"Sejak hamil, saya sudah siap untuk tenang dan bahagia di masa menyusui"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.