5 Tips Ciptakan Hubungan yang Penuh Komitmen dan Energi Positif!

Terapkan mulai sekarnag yuk, Ma, Pa!

6 April 2020

5 Tips Ciptakan Hubungan Penuh Komitmen Energi Positif
Freepik/pressfoto

Menjalin sebuah hubungan yang langgeng tentu memerlukan usaha dan konsisten untuk membangun hubungan yang sehat.

Terlebih ketika ingin membangun hubungan ketahap lebih serius yaitu suami istri, tentunya membutuhkan usaha dan niat besar dalam membangun keluarga yang hramonis.

Meski demikian, semua yang diharapkan tak selalu mendapat jalan yang mudah atau sesuai dengan keinginan. Tetapi, Mama dan Papa bisa menerapkan 5 tips mudah berikut ini untuk menciptakan hubungan yang penuh komitmen dan juga diliputi energi positif.

Yuk, simak tips dari Popmama.com berikut ini ya, Ma, Pa!

1. Biasakan untuk mendahulukan komunikasi serta diskusi

1. Biasakan mendahulukan komunikasi serta diskusi
Freepik

Komunikasi yang kuat memang menjadi kunci sebuah hubugan berjalan dengan baik. Saling melibatkan satu sama lain dalam menyangkut hubungan adalah salah satu cara menguatkan hubungan rumah tangga.

Dengan mengedepankan komunikasi dan saling bertukar pikiran serta masukan lewat diskusi bisa Mama lakukan bersama Papa sambil santai di rumah. Cara ini menjadi cara paling bijak dan benar dalam menyikapi suatu hal yang perlu diperbaiki bersama.

Ketika Mama dan Papa saling terbuka dan sepakat dengan cara yang sehat dan positif ini, tentu rumah tangga menjadi lebih harmonis dan terkena dampak baiknya, bukan?

Editors' Picks

2. Bangun dan lakukan kesepakatan bersama di awal hubungan

2. Bangun lakukan kesepakatan bersama awal hubungan
Freepik/ prostooleh

Sebelum mengikat hubungan kejenjang serius ini, tentunya Mama dan Papa perlu membangun kesepakatan bersama sejak awal. Hal ini untuk mengetahui batasan yang boleh dan tak boleh dilakukan satu sama lain.

Kesepakatan yang disetuji bersama ini bisa menjadi tolak ukur untuk membangun dan membuat hubungan terus berkembang.

Tentunya bisa membuat pasangan lebih bertanggung jawab dan berkomitmen dalam kelancaran hubungan rumah tangga.

3. Jangan gengsi mengakui kesalahan dan meminta maaf terlebih dahulu

3. Jangan gengsi mengakui kesalahan meminta maaf terlebih dahulu
Freepik

Ketika perasaan marah atau kesal menguasai pikiran, tentunya membuat orang tidak bisa berpikir tenang dan jernih. Dalam hubungan, hal seperti ini bisa berakhir pasangan menolak mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya.

Dengan belajar mengakui dan menyampaikan apa kesalahaan yang diperbuat, ternyata bisa membuat keadaan lebih kondusif atau terkendali, Ma. Mengakui kesalahan dan meminta maaf bisa membuat hubungan jauh dari kata kandas.

Saling mengakui kesalahan dan mengurangi rasa gengsi dengan meminta maaf terlebih dahulu bisa membuat Mama dan Papa memiliki sikap tanggung jawab dan bisa mengambil pembelajaran dari kesalahan yang telah diperbuat sebelumnya.

4. Paham dan mengerti tentang dunia pasangan

4. Paham mengerti tentang dunia pasangan
Freepik

Saling memahami dan mengerti dunia satu sama lain juga menjadi cara agar hubungan tetap kondusif dan positif. Mama dan Papa harus saling mengerti dunia masing-masing, sebab dunia pasangan tak melulu tentang kita saja, tetapi ada banyak hal seperti hobi, pekerjaannya, serta kerabat lain. Menyikapi dengan bijak dan membagi waktu bersama pasangan menjadi kunci hubungan yang awet dan tetap harmonis.

5. Jangan tunda menyelesaikan masalah sekecil apa pun itu

5. Jangan tunda menyelesaikan masalah sekecil apa pun itu
Freepik

Dalam membangun bahtera rumah tangga, tentu tak semudah dan semulus yang diharapkan. Akan datang berbagai masalah dari mana saja untuk menguji hubungan Mama dan Papa. 

Oleh karenanya, selalu terapkan inisiatif dalam menyelesaikan masalah sesegera mungkin dan tidak membiarkannya berlarut. Memulai kebiasaan dengan menuntaskan masalah kecil yang mengganggu kelancaran hubungan, maka Mama dan Papa akan mampu menyelesaikan masalah yang jauh lebih rumit nantinya.

Menyelesaikan masalah dalam sebuah hubungan tentu menjadi tantangan untuk menjaga ikatan keduanya makin erat, sebab seiring waktu bisa menumbuhkan kepercayaan satu sama lain.

Memabangun hubungan yang selalu berpegang pada komitmen dan hal positif tentu mudah, namun juga tidak sulit selama satu sama lain saling memberikan dukungan berusaha mencapainya. Semoga bahagia selalu ya, Ma, Pa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.