5 Alasan Pentingnya Hubungan Kedekatan Papa dan Anak Perempuan

Papa menjadi sosok pria pertama yang dikenal anak perempuannya saat terlahir ke dunia

7 Mei 2019

5 Alasan Penting Hubungan Kedekatan Papa Anak Perempuan
Freepik/Senivpetro

Menjaga hubungan kedekatan Papa dan anak perempuan perlu dilakukan sejak kecil. Sebab selain dekat dengan Mamanya, Papa juga akan terlibat akan masa depan anak perempuannya di masa yang akan datang, terlebih Papa menjadi figur pria pertama yang dikenal anak.

Hubungan kedekatan Papa dan anak perempuan memang harus terjalin dengan baik karena ada beragam dampak positif yang diperoleh anak perempuan.

Seorang profesor filsafat di Eastern Kentucky University, Amerika Serikat, bernama Michael Austin mengungkap bahwa, seorang Papa akan menjadi contoh bagi anak perempuannya dalam membangun hidupnya sendiri, bahkan jika ia memiliki pandangan berbeda tentang dunia.

Selain itu Austin juga menjelaskan bahwa Papa akan mengajarkan untuk menjalani kehidupan tulus dan jujur, menghidari kemunafikan, dan mengakui kekurangan yang dimiliki sehingga pada akhirnya Papa menjadi contoh yang realistis dan positif bagi anaknya.

Nah, dilansir dari She Knows dan beberapa sumber lainnya, berikut alasan mengapa hubungan kedekatan Papa dengan anak perempuan menjadi sebuah hal yang amat penting.

1. Anak menjadi lebih mudah mengatasi sepi

1. Anak menjadi lebih mudah mengatasi sepi
Freepik/Prostooleh

Dilansir dari Daily Mail, menurut Profesor Xing Feng, periset dari Ohio State Univerisity, kedekatan ayah dan anak perempuannya cenderung dapat membuat anak merasa terlindungi, sehingga dapat membantu anak lebih cepat mengatasi rasa sepi.

Menurut Feng, anak menjadi tidak merasa kesepian karena ada sosok ayah yang membantunya melewati masa sulit, khususnya saat anak memasuki usia sekolah.

Hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Psychology menunjukkan bahwa risiko kesepian sangat rendah pada anak yang memiliki ikatan kuat dengan ayahnya. Namun, ikatan ini dianggap akan menurun seiring berjalannya waktu, terutama ketika anak perempuannya sudah mulai banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

2. Anak menjadi mudah bersosialisasi

2. Anak menjadi mudah bersosialisasi
Freepik/Rawpixel.com

Hubungan yang terjalin baik antara ayah dan anak perempuannya dapat membuat anak menjadi lebih mudah dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Psikolog pun membuktikan bahwa para anak perempuan yang memiliki hubungan baik dengan ayahnya akan memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Bahkan cenderung lebih bisa menjaga relasi dengan orang sekitarnya dengan lebih baik.

Editors' Picks

3. Anak dapat berpikir lebih logis

3. Anak dapat berpikir lebih logis
Freepik

Alasan lainnya mengapa hubungan Papa dengan anak perempuan begitu penting adalah Papa dapat “menyeimbangkan” perasaan anak perempuannya dengan lebih baik.

Jika Mamanya lebih menggunakan perasaan dalam mendidik anak, maka Papa akan menanamkan “sifat laki-lakinya” kepada anak perempuan dengan mengajarkannya untuk bersikap peduli, mengontrol emosi, dan berpikir secara logis dalam mengatasi permasalahanyang ada.

4. Mengajarkannya anak untuk menjadi sosok perempuan yang kuat

4. Mengajarkan anak menjadi sosok perempuan kuat
Freepik

Jika ada satu pelajaran hidup terpenting yang bisa diambil dari seorang Papa untuk anak perempuannya adalah mengenai kekuatan dalam menjalani hidup.

Tentu sesuatu yang tidak diinginkan terkadang harus terjadi, namun kedekatan Papa dengan anak perempuannya dapat membantu anak untuk bangkit dan melanjutkan hidup ditengah keterpurukan yang ada.

5. Anak lebih mudah bergaul dengan teman lawan jenisnya

5. Anak lebih mudah bergaul teman lawan jenisnya
Freepik/Tirachardz

Dilansir dari Your Tango, hubungan antara seorang ayah dan seorang anak perempuan dapat menjadi contoh pertama bagi seorang anak perempuan mengenai bagaimana seharusnya hubungan dengan seorang pria. 

Ayah dapat membantu anak belajar mengenal pria, bagaimana cara menjalin hubungan yang sehat, hingga turut andil terhadap keputusan anak perempuan di kemudian hari tentang memilih pasangan untuk hidup bersama.  

Baca juga: Waspadai 7 Tanda Hubungan Papa dan Anak Tak Terlalu Baik

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!