5 Doa saat Merindukan Seseorang yang Disayang

Saling mendoakan adalah puncak segala kerinduan

14 Mei 2022

5 Doa saat Merindukan Seseorang Disayang
Freepik

Rasa kangen atau rindu mungkin akan dialami setiap orang, entah itu rindu kepada keluarga jauh, orangtua bahkan pasangan yang sedang bekerja di luar kota.

Banyak cara agar bisa memenuhi kerinduan itu, walaupun tidak bisa bertemu secara langsung, misalnya melakukan video call atau seringnya menanyakan kabar lewat pesan singkat.

Dalam Islam sendiri, alangkah baiknya memanjatkan sebuah doa sebagai solusi atau obat kangen pada seseorang yang sedang dalam pikiranmu.

Berikut beberapa doa yang bisa dibaca ketika sedang merindukan seseorang yang disayang. Popmama.com sudah menyiapkan informasinya di bawah ini secara lebih detail. 

1. Membaca Surat Yusuf ayat 4

1. Membaca Surat Yusuf ayat 4
Pexels/Pixabay

Ketika sedang rindu dengan orang terkasih, Mama bisa membaca doa ini, bahkan sebagian orang mengatakan kalau doa ini berkhasiat karena mempermudah untuk menemukan jodoh bagi yang belum punya pasangan.

Ketika Mama sudah berumah tangga, membaca doa ini akan mempererat hubungan suami istri. Berikut doanya:

Iz qala yusufu li'abihi ya abati inni ra'aitu ahada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra'aituhum li sajidin

Artinya:

“Ingatlah, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan. Aku melihat semuanya bersujud kepadaku.”

Editors' Picks

2. Membaca Surat Thaha ayat 39

2. Membaca Surat Thaha ayat 39
Freepik

Doa selanjutnya yang bisa dibaca, yakni Surat Thaha ayat 39, dianjurkan juga untuk membacanya setelah selesai melaksanakan salat lima waktu.

Banyak yang meyakini rasa rindu akan terobati jika membaca doa ini. Diusahakan dibarengi perasaan tulus dan ikhlas ketika sedang membacanya.

…..wa alqaitu 'alaika mahabbatam minni, wa litusna'a 'ala 'aini

Artinya:

“Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku, dan supaya kamu di asuh atas pengawasan-Ku”

3. Membaca Surat Al-Fatihah

3. Membaca Surat Al-Fatihah
Freepik

Mungkin surat ini sering dibaca ketika sedang melaksanakan salat, namun Al-Fatihah juga memiliki banyak keistimewaan, lho. 

Salah satunya bisa mengobati berbagai penyakit, memperluas rezeki, menjauhkan dari sifat pelupa dan mengobati rasa rindu.

Bismillahir-rahmanir-rahim, al-hamdu lillahi rabbil-'alamin, ar-rahmanir-rahim, maliki yaumid-din, iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in, ihdinas-siratal-mustaqim, siratallazina an'amta 'alaihim gairil-magdubi 'alaihim wa lad-dallin

Artinya:

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan, hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat kepadanya, bukan jalan mereka yang dimurkai, juga bukan jalan mereka yang sesat.”

4. Membaca Surat Al-Baqarah ayat 165

4. Membaca Surat Al-Baqarah ayat 165
Freepik/freepik

Ketika membaca Surat Al-Baqarah ayat 165, maka dipercaya bisa menjadi doa sekaligus pelipur lara bagi seseorang yang dilanda kerinduan.

…Yuhibbunahum kahubbillah wallazina amanu asyaddu hubbal lillahi

Artinya:

“Mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah.”

5. Membaca Surat Al-Imran ayat 14

5. Membaca Surat Al-Imran ayat 14
Pexels/GR stock
Al quran

Surat terakhir yang bisa dibaca ketika sedang rindu seseorang, yakni Surat Al-Imran ayat 14. Dengan membaca ini, maka hati menjadi lebih tentram dan damai ketika merindukan seseorang.

Zuyyina lin-nasi hubbusy-syahawati minan-nisa'i wal-banina wal-qanatiril-muqantarati minaz-zahabi wal-fiddati wal-khailil-musawwamati wal-an'ami wal-hars, zalika mata'ul-hayatid-dun-ya, wallahu 'indahu husnul-ma'ab

Artinya:

“Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu; perempuan-perempuan, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga).”

Nah, itu tadi beberapa doa yang bisa dibaca ketika sedang merindukan pasangan, orangtua, kerabat atau orang tersayang lainnya.

Usahakan berdoa dengan hati yang ikhlas serta tulus selepas salat. Tujuannya agar hati kita serta orang yang dirindukan sama-sama nyaman dan tentram.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk