Hadis tentang Tersenyum untuk Orang Lain Termasuk Sedekah

Penting sekali untuk memperbanyak senyum kepada orang lain sesuai sunah Rasulullah

30 September 2021

Hadis tentang Tersenyum Orang Lain Termasuk Sedekah
Unsplash/Carly Rae Hobbins

Membina hubungan baik antar sesama sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Hal ini juga bertujuan untuk menguatkan tali persaudaraan dengan orang-orang di sekitar atau mungkin yang baru pertama kali kita temui.

Banyak bentuk yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga silaturahmi, salah satunya dengan menampilkan wajah yang ceria atau tersenyum.

Jangan salah, tersenyum juga ternyata sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, bahkan saat bertemu orang lain atau pasangan kita sendiri.

Nah, ada nih beberapa keutamaan tersenyum menurut Rasulullah, berikut hadis-hadis yang sudah Popmama.com rangkum ini diharapkan bisa menambah wawasan. 

Editors' Picks

1. Tersenyum termasuk sedekah

1. Tersenyum termasuk sedekah
Pexels/Juan Vargas

Jika membicarakan sedekah, yang terbesit hanya infaq berupa uang dan materi lainnya. Padahal, senyum juga bisa menjadi sedekah bagi yang melakukannya, lho.

Ketika bertemu orang lain misalnya, kita harus terus menebar kebaikan dan menampilkan wajah ceria sekaligus memberi salam sambil tersenyum.

Bahkan, hal ini juga pernah dijabarkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Rasulullah pernah bersabda, yang artinya:

“Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah. Engkau memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Engkau menunjukkan kepada seseorang jalan di wilayah yang dia tidak ketahui adalah sedekah. Engkau membantu memberikan petunjuk kepada orang yang penglihatannya buruk adalah sedekah. Engkau memindahkan batu, duri, atau tulang dari jalanan itu sedekah. Engkau memenuhi air di wadah saudaramu dengan air dari wadahmu itu juga sedekah.”

2. Tersenyum juga termasuk sunnah Rasulullah

2. Tersenyum juga termasuk sunnah Rasulullah
Pexels/Sound On

Kita semua tahu bahwa sosok Nabi Muhammad tidak pernah menampilkan raut muka yang tegang bahkan terkesan marah.

Sosoknya yang ramah dan selalu menampilkan senyum ini harus selalu kita tiru. Maka dari itu, orang lain pun tidak segan bahkan merasakan kehangatan kita.

Tersenyum juga salah satu sunnah yang sering dilakukan Rasulullah, bahkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dari Jarir bin Abdillah, ia bercerita:

“Rasulullah tidak pernah melihatku sejak aku masuk Islam kecuali beliau tersenyum.”

3. Tersenyum termasuk perbuatan ma’ruf yang bisa menarik simpati orang

3. Tersenyum termasuk perbuatan ma’ruf bisa menarik simpati orang
Pexels/Gustavo Fring

Perbuatan baik banyak bentuknya, membantu orang yang kesusahan, menyingkirkan duri atau paku di jalan, atau mengembalikan barang yang terjatuh di jalanan.

Ternyata kebaikan juga bisa kita dapatkan hanya dari sebuah senyum saja. Hal ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah pernah berkata:

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri.”

Berbuat baik juga tidak melulu harus memberi uang. Untuk membangun ikatan yang kuat dengan orang lain, maka Mama juga sangat dianjurkan untuk tetap tersenyum.

Hal ini diceritakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Al-Hakim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi SAW pernah bersabda:

“Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada manusia dengan hartamu, akan tetapi kamu bisa berbuat baik kepada mereka dengan wajah ceria dan budi pekerti yang baik.”

Nah, itulah penjelasan terkait keutamaan tersenyum yang tidak boleh disepelekan, dikarenakan akan mendatangkan kebaikan bagi kedua belah pihak.

Mama dan Papa sebagai pasangan suami istri juga mesti mempertahankan keharmonisan dengan wajah yang ceria serta mengedepankan keterbukaan satu sama lain.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.