Mengenal Makna Rahmah dalam Pernikahan menurut Alquran

Hubungan menjadi tentram jika suami istri saling memberi kasih sayang

17 September 2021

Mengenal Makna Rahmah dalam Pernikahan menurut Alquran
Unsplash/Photos by Lanty

Saat menjalani kehidupan pernikahan, pasangan suami istri harus melibatkan kasih sayang satu sama lain untuk membentuk keluarga yang harmonis.

Hal ini sangat penting karena terjadinya ikatan yang kuat dalam rumah tangga, sehingga perlu sekali melibatkan rasa sayang yang tulus. Tujuannya pun bisa berdampak positif ketika suatu saat nanti menemukan masalah di dalam rumah tangga. 

Tetapi apakah Mama tahu makna rahmah yang sering diucapkan ketika ada pasangan yang menikah? Kata rahmah sendiri memang sering diucapkan karena banyak doa dan harapan lho, Ma!

Jika ingin lebih detail mengetahui makna ramah, kali ini Popmama.com sudah merangkum informasinya secara detail. Ada juga pandangan terkait makna rahmah dari M. Quraish Shihab lho, Ma!

1. Arti makna dari rahmah dalam pernikahan

1. Arti makna dari rahmah dalam pernikahan
Freepik/bristekjegor

Secara sederhana, rahmahdapat diartikan sebagai kasih sayang. Kara tersebut bermakna keadaan jiwa yang dipenuhi dengan kasih sayang.

Rasa sayang ini membuat seseorang lebih berusaha memberikan kebaikan, kekuatan serta kebahagiaan bagi orang lain dengan cara yang lembut dan penuh kesabaran.

Bahkan dalam buku Qira’ah Mubaadalah, rahmah dimaknai sebagai rasa atau sikap cinta seseorang kepada pasangannya. Dalam artian ia tergerak hatinya agar bisa membuat pasangannya terus merasa bahagia.

Editors' Picks

2. Arti makna menurut pendapat M. Quraish Shihab

2. Arti makna menurut pendapat M. Quraish Shihab
Instagram.com/najwashihab

Seperti dikutip dari Islami.co, Quraish Shihab berpendapat bahwa rahmah merupakan rasa yang muncul setelah melihat ketidakberdayaan.

Suami istri pasti akan mengupayakan kebaikan dan kebahagiaan bagi pasangannya. Rahmahdi sini melahirkan kesabaran, lemah lembut dan menutupi segalanya.

Manusia memang tak luput dari yang namanya salah, begitu pula bagi pasangan suami dan istri. Sebagai pasangan, suami dan istri memang saling diciptakan untuk melengkapi kekurangan masing-masing.

Jika rasa rahmahitu telah muncul di dalam hati pasangan suami istri, maka terjaminlah kelanggengan hubungan yang harmonis.

3. Makna rahmah dalam surat Al-Imran ayat 159

3. Makna rahmah dalam surat Al-Imran ayat 159
Pixabay/cahiwak

Rahmah atau cinta Allah SWT pun hadir kala Rasulullah tengah perang. Jika ada yang berhati kasar, tidak peka dengan kondisi orang lain maafkanlah mereka dan segera memohon ampun kepada Allah.

Fa bima raḥmatim minallahi linta lahum, walau kunta faẓẓan galiẓal-qalbi lanfaḍḍụ min ḥaulika fa’fu ‘an-hum wastagfir lahum wa syawir hum fil amr, fa iza ‘azamta fa tawakkal ‘alallah, innallaha yuḥibbul mutawakkilin

Artinya:

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”

4. Makna rahmah dalam surat Ar-Rum ayat 21

4. Makna rahmah dalam surat Ar-Rum ayat 21
Popmama.com/Novy Agrina

Tanda-tanda kebesaran Allah SWT juga tampak ketika menciptakan manusia berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan untuk saling mempunyai rasa sayang dan tentram setelah disatukan dalam ikatan pernikahan.

Wa min ayatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fi zalika la’ayatil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Nah, makna rahmahatau kasih sayang ini bisa kita teladani dengan baik dalam kehidupan berumah tangga bersama pasangan.

Semoga kita semua dibekali hal-hal baik dalam pernikahan, sehingga bisa mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.