5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Seks Pagi Hari

Ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memulainya nih, Ma!

20 Juli 2021

5 Hal Perlu Diperhatikan saat Melakukan Seks Pagi Hari
Pexels/Andrea Piacquadio

Menentukan waktu yang tepat untuk seks memang hal terpenting sebelum kita menjalani sesi bercinta dengan pasangan.

Ada beberapa waktu yang jelas-jelas sangat berpengaruh pada hasrat atau libido kita, bahkan tidak banyak yang melakukannya.

Contohnya pada pagi hari, pasangan suami istri enggan melakukan seks karena waktunya yang sempit untuk bekerja atau melakukan aktivitas lain.

Padahal seks di pagi hari tidak kalah seksi juga dengan seks saat malam hari. Oleh karena itu, mari sama-sama mengetahui hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan saat mencoba seks pada pagi hari.

Popmama.com sudah merangkumnya untuk Mama dan Papa yang ingin mencoba pengalaman baru yang lebih menyenangkan di pagi hari.

1. Memahami manfaat saat melakukan seks di pagi hari

1. Memahami manfaat saat melakukan seks pagi hari
Freepik/gpointstudio

Menurut salah satu pakar seks, Kayla Lords mengatakan bahwa seks di pagi hari merupakan seks yang dilakukan pertama kali sebelum beranjak dari tempat tidur dan memulai berbagai aktivitas keseharian. 

Ada juga yang menyebutkan seks ini dilakukan sebelum matahari terbit. Hal tersebut jelas bisa dilakukan karena memberikan beberapa manfaat tak terduga.

Menurut pakar seks Jessica O’Reilly, testosteron dan tingkat energi bisa lebih tinggi di pagi hari. Belum lagi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sebelum menjalani padatnya aktivitas. 

Seks di pagi hari dapat membantu tiap pasangan melepaskan endorphin yang terkait dengan gairah serta orgasme.

Peningkatan kadar oksitosin juga dapat membantu menjaga hubungan dengan pasangan sepanjang hari. Seks yang baik juga dapat mengurangi ketegangan dan stres dalam hubungan ketika keduanya orgasme.

Editors' Picks

2. Lakukan persetujuan dengan pasangan

2. Lakukan persetujuan pasangan
Unsplash/Sabina Tone

Seks di pagi hari sama seperti seks lainnya secara umum, dikarenakan harus sepenuhnya konsensual untuk semua orang yang terlibat.

Jika salah satu dari pasangan bangun dengan terangsang dan yang satu orang lagi tidak, maka jangan diteruskan.

Sebelum membangunkan pasangan dengan seks, pastikan itu baik-baik saja dan tak membuat dirinya merasa terganggu.

“Jika mereka memberi sinyal bahwa mereka tidak menginginkannya atau tidak merespons, berhentilah. Tunggu sampai mereka benar-benar bangun dan tanyakan pada mereka,” kata Lords.

Tidak hanya persetujuan seksual yang terpenting. Disarankan juga untuk mendiskusikan masalah tersebut pada malam sebelumnya, kira-kira apakah ide seks di pagi hari baik dilakukan atau tidak.

Mama bisa mendapatkan persetujuan sebelumnya dan berbincang sebelum tidur, terutama jika pasangan bukan orang yang suka bangun pagi.

3. Usahakan jangan membuat seks terkesan rumit

3. Usahakan jangan membuat seks terkesan rumit
Freepik/prostooleh

Salah satu kesenangan dari seks pagi hari, yakni betapa sederhananya bisa dilakukan bersama. Mama mungkin hanya setengah sadar ketika itu dimulai, artinya mungkin tidak banyak hal yang harus dilakukan.

Ada waktu dan tempat untuk seks yang menggabungkan banyak perubahan posisi dan sebagainya, tetapi seks pagi hari mungkin bukan waktu yang tepat untuk melakukan eksplorasi.

“Tarik selimutnya ke belakang. Pilih posisi seks yang paling nyaman untuk berdua. Mama dapat mendorong pakaian pasangan ke samping atau membantu mereka telanjang,” lanjutnya.

4. Lakukan foreplay terlebih dahulu

4. Lakukan foreplay terlebih dahulu
Pixabay/andreaaltini

Membantu untuk mendapatkan suasana hati pasangan lebih baik menjadi suatu keharusan jika Mama dan Papa ingin melakukan hubungan seks yang benar-benar menyenangkan.

Hal tersebut jika Papa ingin memuaskan istri. Dalam hal ini, dia mungkin akan membutuhkan waktu ekstra untuk mendapatkan mood serta rangsangannya.

Seks pagi hari bisa menjadi jenis quickie yang lebih lembut dan lambat, tetapi jika pasangan menginginkan dan membutuhkan pemanasan atau foreplay, berikan kepada istri agar lebih terstimulasi.

5. Lakukan praktik seks yang aman

5. Lakukan praktik seks aman
Pixabay/Norexy_art

Jika Papa atau Mama terbiasa menggunakan kondom, kewajiban menggunakannya tidak hilang begitu saja saat di pagi hari.

Mungkin saat pagi hari, istri kesulitan orgasme karena masih setengah sadar, namun jika foreplay sudah dilakukan dan kurang basah, maka bisa gunakan kondom atau pelumas.

Aman di sini bukan hanya soal peralatan seks semata, melainkan pasangan merasakan suasana yang aman dan tidak merasa terancam.

Jadi, lebih baik komunikasikan terlebih dahulu sebelum melakukannya ya!

Itu tadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan hubungan intim di pagi hari. Usahakan jangan ragu untuk melakukannya jika pasangan mau.

Pastikan untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan kedua belah pihak agar mendapatkan seks yang memuaskan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.