5 Tips Seks Tetap Bergairah Walau Sudah Punya Anak

Jangan ragu untuk menciptakan kehidupan seks yang menyenangkan, meskipun sudah punya anak!

7 Mei 2021

5 Tips Seks Tetap Bergairah Walau Sudah Pu Anak
Freepik/gpointstudio

Saat menyambut anak pertama lahir, Mama dan Papa pasti akan merasa sangat senang. Kebahagiaan itu juga pada akhirnya membuat ada banyak momen setiap harinya yang dihabiskan bersama si Kecil.

Dengan kedatangan anak pertama sebagai anggota baru di tengah-tengah keluarga, waktu pasangan suami istri memang akan lebih terkuras habis. Apalagi harus siap sedia untuk merawat dan menjaga si Kecil, seperti mengganti popoknya saat malam serta menggendong hingga ia tertidur kembali. 

Alhasil waktu berhubungan seks dengan pasangan akan tersisihkan dan terganggu. Jika ingin mencuri-curi waktu untuk menciptakan keintiman seperti awal menikah, maka perlu melakukan beberapa tips.

Berikut Popmama.com sudah merangkum beberapa tips membuat seks tetap bergairah saat berhubungan seks, walau sudah dikaruniai anak. 

Yuk, disimak dengan baik!

1. Curi-curi waktu pada malam hari

1. Curi-curi waktu malam hari
Pexels/Jessica Ticozzelli

Dilansir dari Shape, tempatkan anak-anak saat tidur di kamar mereka masing-masing untuk mendapatkan waktu berdua bersama pasangan. Cara ini bisa diterapkan ketika pasangan suami istri ingin menciptakan keintiman dengan berhubungan seks. 

Jikalau anak tidur bersama orangtuanya di kamar yang sama, maka pasangan suami istri bisa mencari tempat lainnya di sudut rumah untuk berhubungan seks. Entah di ruang tamu atau ruang TV untuk menghindari keributan.

Terapkan posisi seks yang tidak terlalu banyak gerakan atau terkesan sampai akrobatik. Hal ini dikarenakan inti dari keintiman ialah melakukan kesenangan bersama dan menikmati setiap sentuhannya.

Editors' Picks

2. Jangan merasa ketika sudah punya anak, tubuh tidak seksi lagi

2. Jangan merasa ketika sudah pu anak, tubuh tidak seksi lagi
Freepik/svetlanasokolova

Terkadang saat hamil, Mama cenderung akan merasa dan berpikir, “Ah, sudah tidak seksi seperti dulu lagi karena punya anak”.

Jelas itu keliru, pasalnya saat masa-masa punya anak merupakan waktu yang tepat membangun kepercayaan diri itu lagi. Caranya, yakni dengan menerima perubahan yang tengah dialami.

Memang saat sudah memiliki anak, kata ‘seksi’ sudah berganti makna. Sekarang seksi diartikan saat pasangan memandikan anak, membacakan cerita  sebelum tidur dan bersiaga sewaktu-waktu anak bangun dan rewel. 

Meskipun ada banyak aktivitas yang dijalani dengan mengurus anak, namun kehidupan seks bersama pasangan tetap harus dibangun dengan baik. Dengan begitu, momen intim dan kehidupan seks di ranjang bersama pasangan tetap membahagiakan. 

3. Cobalah melakukan seks secara spontan

3. Cobalah melakukan seks secara spontan
haberimyokdeme.com

Jika kesulitan mencari waktu yang tepat untuk melakukan seks, ternyata ada banyak waktu luang yang bisa dimanfaatan. Cobalah cari waktu untuk berduaan dengan pasangan.

Misalnya anak sudah masuk sekolah atau sedang tidur siang, cobalah manfaatkan momen tersebut untuk berhubungan intim. Bisa dilakukan dengan quickie sex alias menciptakan sesi bercinta secara lebih cepat

Saat anak tidur nyenyak pada malam hari pun bisa dimanfaatkan dengan baik, walaupun hanya sekadar foreplay. Jika ingin melakukannya jauh lebih intim, coba tutup rapat terlebih dahulu pintu dan gunakan posisi seks yang anti berisik.

4. Mulailah dengan lebih lambat

4. Mulailah lebih lambat
Freepik/freepik

Saat sudah lama tidak melakukan hubungan seks dengan pasangan, wajar akan terasa begitu menggebu-gebu. Walau begitu, usahakan jangan terlalu terburu-buru dan perlu dinikmati secara perlahan.

Dilansir dari The Every Mom, seks memiliki waktunya masing-masing. Mulailah dengan berciuman lembut secara perlahan sambil berpelukan, ini akan membuat keintiman serta perasaan yang menyenangkan untuk kedua belah pihak.

Alangkah baiknya untuk menikmati setiap momen yang ada, lalu masuk ke fase selanjutnya. Mulailah ketika sama-sama terangsang dan lakukan secara perlahan.

5. Bersabarlah saat sudah memiliki anak

5. Bersabarlah saat sudah memiliki anak
Freepik/Tirachardz

Mengapa sabar dimasukkan ke dalam salah satu tips? Hal ini dikarenakan waktu yang dihabiskan orangtua bersama anaknya memang akan lebih banyak, ketimbang dengan pasangan.

Selain perlu curi-curi waktu, melihat Mama tidur nyenyak pun sudah membahagiakan pastinya untuk suami bukan?

Jadi, jangan terburu-buru untuk menyalurkan hasrat seks. Saat memiliki anak, kesehatan pasangan yang utama. Seks bisa dilakukan ketika berada di momen yang tepat bersama.

Saat anak sudah beranjak dewasa pun, Mama akan merasakan keintiman yang lama terpendam dan tidak ada kata terlambat untuk melakukan momen intim bersama pasangan.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan saat Mama ingin memulai kembali berhubungan seks dengan pasangan saat sudah memiliki anak.

Memang melelahkan seharian mengurus anak, namun kebahagiaan dan anugerah ini tetap harus dinikmati. Pilihlah waktu yang tepat untuk mencoba seks bersama pasangan, lalu lakukan dengan perlahan dan bersabar jika waktunya sedang tidak tepat.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.