Benarkah Orang Prancis itu Romantis?

Apakah orang Prancis juga romantis seperti julukan yang disematkan pada negaranya dan Kota Paris?

24 Juni 2022

Benarkah Orang Prancis itu Romantis
Pexels/Ron-lach

Prancis dikenal sebagai negara yang romantis karena bahasanya yang terdengar romantis dan ibu kotanya, Paris, yang dijuluki sebagai “kota cinta”. Prancis memang menjadi salah satu destinasi utama para wisatawan untuk melamar kekasih. 

Selain itu, Prancis juga memiliki banyak bangunan bersejarah yang unik dan memiliki histori tinggi tentang cinta. Maka tak heran jika banyak karya seni, mulai dari patung, lukisan, hingga lagu yang tercipta dari suasana romantis di Prancis. 

Lantas, apakah orang Prancis juga romantis seperti julukan yang disematkan pada negaranya dan Kota Paris? Kali ini Popmama.com telah merangkum seputar informasi mengenai sisi romantisme dari orang Prancis.

1. Orang Prancis sangat ekspresif

1. Orang Prancis sangat ekspresif
Pexels/Jep-gambardella

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sisi romantisme orang Prancis, Mama perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa orang Prancis punya karakter yang ekspresif. Artinya, mereka akan langsung menunjukkan perasaan cinta mereka terhadap pasangannya. 

Apabila Mama menjalin asmara dengan orang Prancis, maka bersiaplah untuk belajar menunjukkan perasaan cinta. Ungkapan cinta itu bisa dilakukan mulai dari memberikan buket bunga atau menghabiskan waktu bersama di hari-hari spesial.

Editors' Picks

2. Sulit menyatakan Je t’aime

2. Sulit menyatakan Je t’aime
Pexels/Cottonbro

Orang Prancis memang mudah melontarkan kata I love you. Namun, I love you dalam bahasa Inggris identik dengan ungkapan kekaguman terhadap seseorang, bukan untuk menyatakan perasaan cinta. 

Di sisi lain, orang Prancis lebih suka menggunakan frasa Je t’aime untuk mengungkapkan perasaan cinta yang berarti aku mencintaimu dalam bahasa Prancis. Namun, kalimat tersebut juga jarang diungkapkan oleh pasangan yang saling mencintai satu sama lain. Penggunaan dua frasa ini mungkin membingungkan bagi sebagian orang.

3. Orang Prancis lebih suka mengucapkan kata romantis

3. Orang Prancis lebih suka mengucapkan kata romantis
Pexels/Ron-lach

Meski jarang mengucapkan kalimat “aku mencintaimu”, orang Prancis justru lebih suka mengucapkan kata romantis untuk pasangannya atau menunjukkan afeksi lainnya seperti memberikan buket bunga dan surat. 

Tanpa menyatakan cinta, orang Prancis lebih suka menunjukkan perasaannya lewat aksi atau ekspresi. Sanjungan maupun kata romantis yang dilontarkan untuk pasangan biasanya menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Prancis kuno. 

4. Suka memberikan pujian

4. Suka memberikan pujian
Pexels/Cottonbro

Sisi romantis lainnya dari orang Prancis adalah memberikan pujian. Pujian adalah bentuk seni tersendiri bagi orang Prancis yang bertujuan untuk menunjukkan perasaan cinta mereka. 

Pujian itu bisa berupa kata-kata, lagu, atau membuat sesuatu yang istimewa untuk pasangan. Oleh karena itu, banyak bangunan bersejarah di Prancis yang memiliki kisah romansa yang unik dan menarik wisatawan. 

5. Orang Prancis suka menggunakan panggilan unik

5. Orang Prancis suka menggunakan panggilan unik
Pexels/Jep-gambardella

Cara lainnya dari orang Prancis untuk menunjukkan perasaan cinta mereka, yakni dengan menggunakan panggilan khusus untuk pasangan mereka. Contohnya, orang Prancis suka memanggil kekasih mereka dengan sebutan mon Coeur (hatiku), mon trésor (harta karunku), dan ma perle (mutiaraku).

Mereka akan memanggil pasangannya dengan sebutan khusus itu sambil memberikan pelukan dan ciuman di manapun dan kapan saja mereka merasa perlu untuk menyatakan cinta. 

Dari penjelasan ini, orang Prancis memang lebih ekspresif ketika menunjukkan perasaan cintanya. Tetapi, mereka jarang mengungkapkan kalimat “aku mencintaimu”.

Bagi sebagian orang, hal itu wajar saja. Namun, tak sedikit yang menganggap perlakuan ekspresif dari orang Prancis sebagai perlakuan yang romantis. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk