Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Mahar Pernikahan Artis yang Pilih Mata Uang Asing, Lesti Dapat 1 M!

Mahar pernikahan artis ada yang puluhan juta hingga 1 miliar rupiah lho, Ma!

20 Desember 2021

9 Mahar Pernikahan Artis Pilih Mata Uang Asing, Lesti Dapat 1 M
Instagram.com/vebbypalwinta/rizkybillar

Sebelum melangsungkan pernikahan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari dekorasi, konsep, pakaian, makanan, dan sebagainya. Tetapi, ada satu hal penting yang juga harus diperhatikan khususnya bagi mempelai laki-laki, yaitu mahar pernikahan.

Pada dasarnya, mahar atau mas kawin merupakan sesuatu yang diberikan oleh mempelai laki-laki ke mempelai perempuan. Biasanya, mahar bisa berupa uang atau barang, seperti emas contohnya.

Menariknya, ada beberapa pasangan artis yang memilih mata uang asing sebagai mahar pernikahan mereka. Keputusan ini diambil untuk menggambarkan sesuatu atau maknanya tersendiri.

Jika Mama penasaran, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa artis yang pilih mata uang asing untuk mahar pernikahan. 

Kira-kira siapa saja ya, Ma? 

1. Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty

1. Andhika Pratama Ussy Sulistiawaty
Instagram.com/andhiiikapratama

Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty telah menikah selama hampir 10 tahun.

Pada tanggal 21 Januari 2012 yang lalu, mereka berdua melangsungkan pernikahan dengan mahar mata uang asing. Tepatnya, Andhika memberikan uang tunai senilai 21 dollar Amerika, 1 real, dan Rp 2.012.

Mama mungkin sudah bisa menebak maksud dari mahar yang berbeda-beda itu. Setiap angka yang ada melambangkan tanggal, bulan, dan tahun pernikahan mereka.

Selain itu, ada seperangkat alat salat yang juga diberikan sebagai mahar. Andhika juga mengaku bahwa dollar Amerika dipilih dengan harapan bisa saling menjunjung tinggi harkat satu sama lain, seperti nilai dollar yang tinggi.

2. Tasya Kamila dan Randi Bachtiar

2. Tasya Kamila Randi Bachtiar
Instagramm.com/tasyakamila

Pasangan artis Tasya Kamila dan Randi Bachtiar resmi menikah pada 5 Agustus 2018. Hubungan mereka sudah terjalin lama mulai dari 5,5 tahun masa pacaran. Berbeda dengan sebelumnya, mahar yang dipilih Randi hanya berupa satu jenis mata uang asing saja.

Ia memilih USD 5.818 yang menjadi lambang tanggal, bulan, dan tahun pernikahannya. Angka tersebut tentu bukan uang yang sedikit, karena total keseluruhannya setara Rp 84 juta di Indonesia lho, Ma. 

3. Risty Tagor dan Stuart Collin

3. Risty Tagor Stuart Collin
Instagram.com/ristytagor

Risty Tagor dan Stuart Collin dulu memang sama-sama aktif di dunia akting hingga akhirnya menjalin asmara yang berujung pada sebuah pernikahan.

Mereka menikah pada 19 April 2015 dan memilih mahar berupa mata uang asing. Stuart memilih mata uang dollar, yen, riyal, dan ringgit yang berjumlah 19.415 ketika dijumlahkan.

Tentu saja, angka ini mewakili tanggal, bulan, dan tahun  pernikahan mereka dilangsungkan. Sayangnya, pernikahan mereka harus kandas beberapa bulan setelah menikah.

Setelah didaftarkan gugatan cerai pada 20 Agustus 2015, mereka resmi bercerai pada Maret 2016.

Editors' Picks

4. Fitri Tropica dan Irvan Hanafi

4. Fitri Tropica Irvan Hanafi
Instagram.com/fitrop

Menikah pada 14 September 2014, pasangan artis Fitri Tropica dan Irvan Hanafi juga memilih beberapa mata uang asing untuk menjadi mahar. Irvan memilih uang tunai berupa 14 Euro, USD 9, 2000 yen, dan 14 real sebagai mahar.

Selain itu, Ivan juga memberikan mahar pernikahan berupa berlian seberat 31,9 gram. Pemilihan mata uang tersebut tidak sembarangan. Mereka berkata ingin pergi liburan ke negara-negara dengan mata uang yang telah disebutkan.

5. Iqbal Pakula dan Handis Kardinah Reswari

5. Iqbal Pakula Handis Kardinah Reswari
Instagram.com/iqbalpakula21

Mama mungkin mengenal Iqbal Pakula dari sinetron Indonesia yang ia bintangi, salah satunya seperti Cinta Fitri.

Kini, aktor yang satu ini telah menikah dengan seorang DJ, yaitu Handis Kardinah Reswari. Keduanya melangsungkan pernikahan pada 23 Desember 2012.

Iqbal memutuskan untuk menggunakan mahar yang melambangkan tanggal pernikahan mereka. Mahar tersebut ada emas 23 karat seberat 12 gram dan uang dolar Amerika sebesar USD 12.

6. Vebby Palwinta dan Razi Bawazier

6. Vebby Palwinta Razi Bawazier
Instagram.com/vebbypalwinta

Pemeran Vebby Palwinta juga diberikan mahar berupa mata uang asing untuk pernikahannya. Jalan dua tahun, ia telah resmi menikah dengan Razi Bawazier pada 18 April 2020 silam. Pernikahan mereka mengambil konsep Arabian seperti yang bisa Mama lihat pada foto di atas.

Mahar yang dipilih Razi, yakni 500 dinar yang setara dengan Rp 24 juta di Indonesia. Mahar tersebut dibingkai dengan sangat rapi dan besar untuk pernikahannya. 

7. Oki Setiana Dewi dan Ory Vitrio

7. Oki Setiana Dewi Ory Vitrio
Instagram.com/okisetianadewi

Bermain di film Ketika Cinta Bertasbih, aktris Oki Setiana Dewi telah resmi menikah. Pada 12 Januari 2014, ia resmi menjadi istri dari Ory Vitrio. Pernikahan mereka telah berjalan hampir delapan tahun dan masih terus harmonis hingga saat ini.

Mereka juga termasuk pernikahan artis yang memilih mahar berupa mata uang asing. Ory memilih mahar emas seberat 12 gram, uang tunai Rp 1 juta, dan 10 dinar.

8. Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran

8. Laudya Cynthia Bella Engku Emran
Instagram.com/laudyacynthiabella

Siapa yang tidak mengenal sosok Laudya Cynthia Bella? Berkarier sejak tahun 1993, model, penyanyi, dan aktris yang akrab disapa Bella ini telah resmi menikah dengan Engku Emran pada September 2017.

Pada saat itu, mahar yang dipilih yakni 300 ringgit mengingat bahwa Engku Emran memang berasal dari Malaysia. Namun, pernikahan mereka dinyatakan kandas setelah tiga tahun menikah, yaitu tahun 2020.

9. Rizky Billar dan Lesti Kejora

9. Rizky Billar Lesti Kejora
Instagram.com/rizkybillar

Rizky Billar dan Lesti Kejora telah resmi menikah pada 19 Agustus 2021 yang lalu. Pernikahan mereka sangat menghebohkan publik, terutama para penggemar yang sudah menunggu akan kabar bahagia ini.

Tidak main-main, Lesti mendapatkan mahar seharga Rp 1,04 miliar dari Billar lho, Ma! Mahar tersebut diberikan dalam bentuk dolar Amerika, yaitu USD 72.300. Angka tersebut bukan menggambarkan tanggal pernikahan, tetapi bilangan mahar tersebut menggambarkan tanggal pertemuan mereka, yaitu 23 Juli. 

Itulah beberapa pasangan artis yang memilih mahar berupa mata uang asing untuk pernikahannya. Kira-kira, siapa lagi pasangan artis yang akan menambah daftar ini ya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk