Seorang Papa Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal Dunia, Bikin Haru

Videonya viral di internet dan banyak warganet yang ikut merasa terharu

25 November 2021

Seorang Papa Gantikan Wisuda Anak Meninggal Dunia, Bikin Haru
Freepik/freepik

Meraih gelar sarjana usai berjuang menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentu merupakan momen yang membahagiakan bagi setiap mahasiswa. Sebab, ini menjadi titik akhir dari perjuangan yang dilakukan selama duduk di bangku kuliah.

Hasil jerih payah perjuangan sebagai seorang mahasiswa baru hingga berhasil menyelesaikan tugas akhir seolah terbayarkan di momen wisuda. Karena termasuk salah satu momen berharga dalam hidup, tak heran bila banyak wisudawan yang mengajak orang tua serta orang-orang terdekat untuk menghadiri acara tersebut,

Namun, sayangnya tak semua orang beruntung bisa menghadiri acara wisuda. Dalam kegiatan wisuda yang digelar oleh IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara pada Selasa (23/11/2021) ini justru terdapat momen haru seorang Papa menggantikan wisuda anaknya yang meninggal dunia.

Hal tersebut membuat banyak wisudawan dan orang-orang yang melihatnya ikut menangis. Berikut Popmama.com siapkan ulasan selengkapnya.

1. Seorang Papa datang untuk menggantikan wisuda almarhum anaknya

1. Seorang Papa datang menggantikan wisuda almarhum anaknya
TikTok.com/permataa01_

Dalam momen wisuda IAIN Kendari pada Selasa (23/11/2021) lalu, terdapat seorang Papa menggantikan anaknya ketika wisuda. Bukan tanpa alasan, diketahui Papa tersebut menggantikan posisi anaknya lantaran sang anak telah meninggal dunia satu bulan sebelum wisuda.

Momen itu viral di media sosial dan membuat banyak warganet ikut terharu. Calon wisudawan yang meninggal dunia tersebut diketahui bernama Muhammad Jamaluddin, S.E.

Editors' Picks

2. Almarhum meninggal dunia usai berjuang melawan penyakit

2. Almarhum meninggal dunia usai berjuang melawan penyakit
Youtube.com/IAIN Kendari

Dilansir dari kanal YouTube IAIN Kendari, pihak kampus juga menggunggah beberapa momen kenangan almarhum Jamaluddin ketika kuliah hingga menjalani sidang skripsi.

Dalam keterangan, rupanya almarhum merupakan mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jamaluddin diketahui meninggal dunia pada 24 Oktober 2021 setelah mendapat perawatan intensif di sebuah rumah sakit. 

3. Para dosen, dekan, hingga rektor IAIN Kendari memberikan salam kepada Papa almarhum Jamaluddin

3. Para dosen, dekan, hingga rektor IAIN Kendari memberikan salam kepada Papa almarhum Jamaluddin
Youtube.com/IAIN Kendari

Ketika nama Muhammad Jamaluddin dipanggil, terlihat Papa almarhum yang naik ke panggung menggantikan sang anak untuk menerima tanda ijazah kelulusan.

Di momen tersebut, terlihat pula beberapa dosen, dekan, hingga rektor IAIN Kendari ikut berdiri hingga memberikan salam kepada Papa almarhum.

Tak hanya itu, para wisudawan juga memberikan tepuk tangan untuk menyemangati Papa dan Mama dari almarhum yang turut hadir dalam acara wisuda.

4. Videonya viral di dunia maya, banyak warganet ikut bersimpati dan memberikan doa untuk almarhum

4. Video viral dunia maya, banyak warganet ikut bersimpati memberikan doa almarhum
TikTok.com/permataa01_

Video yang memperlihatkan momen Papa dari almarhum Jamaluddin ke acara wisuda ini pun viral di media sosial. Sang Papa yang menggantikan wisuda anaknya juga terlihat ikut duduk bersama deretan wisudawan lainnya.

"Wisudawan IAIN Kendari yang meninggal sebelum diwisudakan diwakilkan oleh ayahnya, alfatihan kak alm.muhmmad Jamaluddin S.E" tulis dalam keterangan video yang diunggah akun TikTok @permataa01_.

Saat video kenangan almarhum diputarkan dalam prosesi wisuda, salah satu teman almarhum tampak mendatangi Papa dari Jamaluddin kemudian memberikan pelukan hangat. Melihat momen itu, tak sedikit wisudawan dan para warganet yang ikut merasa terharu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.