6 Cara Menyembuhkan Hubungan Cinta dengan Pasangan yang Menyakiti

Sudikah kamu memberikan kesemptan kedua?

28 Juni 2020

6 Cara Menyembuhkan Hubungan Cinta Pasangan Menyakiti
Freepik/free picture

Percayakah kamu dengan kesempatan kedua? Mungkin tak semua orang meyakini hal tersebut sebelum merasakannya sendiri.

Salah satu kesempatan kedua yang biasa diberikan seseorang kepada orang lain adalah kesempatan kedua dalam hubungan percintaan.

Untuk sebagian orang, mungkin mereka tak akan membuka kembali hatinya ketika pasangan mengkhianati. Namun sebagian lainnya, meski masih merasa tersakiti, mereka tetap ingin mencoba untuk memulai semuanya kembali dari awal bersama pasangannya.

Melansir dari Your Tango, proses memberikan kesempatan kedua ini bukanlah hal yang mudah. Kamu membutuhkan komitmen untuk memaafkan dan menciptakan dinamika hubungan baru dan kenangan bersama.

Di sisi lain, rasa sakit yang pasangan timbulkan menjadi beban berat dalam hatimu. Rasa bersalah dapat menguasai diri sehingga kamu sulit untuk menyembuhkan dirimu sendiri.

Namun, tidak ada yang tidak mungkin! Jika memang ingin memberikan kesempatan kedua untuk pasangan yang telah menyakitimu, inilah 6 langkah yang telah Popmama.com rangkum untuk memulai hubungan dari awal.

Catat baik-baik, ya!

1. Ketahui hal-hal yang kamu hargai dalam hubungan

1. Ketahui hal-hal kamu hargai dalam hubungan
Freepik/drobotdean

Jika kamu ingin memulai hubungan kembali dengan pasanganmu, kamu harus fokus pada hal-hal yang positif. Kamu juga harus tahu hal-hal apa yang membuat kamu ingin bertahan dengan pasanganmu serta hal-hal yang membuatmu jatuh cinta kepadanya.

Jika satu-satunya alasanmu bertahan karena takut kesepian atau takut perpisahan, hal itu tidak cukup membantu untuk membangun kembali hubunganmu.

Dengan mencari kejelasan mengenai hal-hal yang berharga dalam hubungan, maka kamu dapat lebih mudah untuk membangun kembali dan termotivasi untuk memulainya lagi.

2. Mendapatkan dukungan untuk menjalin hubungan kembali

2. Mendapatkan dukungan menjalin hubungan kembali
additudemag.com

Pada kenyataannya, jika keluarga atau teman mendengar bahwa kamu telah terluka oleh pasanganmu, mereka mungkin akan mendukungmu tetapi bukan hubunganmu.

Maka, ketika kamu mengatakan pada mereka ingin memberikan kesempatan kedua, kemungkinan besar kamu akan sulit mendapatkan dukungan dari mereka.

Alternatif terbaiknya adalah kamu dapat mencoba mengunjungi terapis, karena tenaga profesional ini dapat memberikanmu dukungan yang netral. 

Editors' Picks

3. Pastikan kesalahan yang sama tak akan terulang lagi

3. Pastikan kesalahan sama tak akan terulang lagi
Freepik/drobotdean

Langkah yang satu ini bukanlah hal yang naif, melainkan bertujuan untuk menemukan hal yang perlu kalian ubah untuk memastikan kesalahan yang sama tak terulang kembali.

Oleh karena itu, kamu dan pasangan sebaiknya mendiskusikan masalah-masalah yang berpotensi muncul di masa depan.

Sulit memulai kembali hubungan baru bersama pasangan jika dinamika hubungan lama masih terjadi. Kalian berdua harus mau dan berusaha untuk mengubahnya.

4. Buat janji yang jelas untuk diri sendiri

4. Buat janji jelas diri sendiri
Freepik/pch.vector

Salah satu ketakutan yang dimiliki ketika memberikan kesempatan kedua adalah merasa takut tak bisa lagi memperjuangkan diri sendiri.

Dalam hal ini, penting bagimu untuk membangun dan memperjelas limitmu sendiri. Ingat, hanya karena kamu memaafkan kesalahan pasangan, bukan berarti kamu kehilangan hak untuk membangun batasan dalam hubungan.

Percakapan ini hanya perlu kamu lakukan dengan dirimu sendiri. Langkah ini dilakukan untuk memaafkan dirimu sendiri karena pernah terluka oleh seseorang dan membangun kepercayaan diri untuk mecintai orang yang sama lagi.

5. Menempatkan luka masa lalu di belakang kalian

5. Menempatkan luka masa lalu belakang kalian
Freepik/yanalya

Pasangan suami istri yang ingin memulai hubungan baru harus move on dari dinamika menyalahkan dan menghukum satu sama lain.

Kalian harus menyadari bahwa melangkah maju artinya tak ada yang terjebak dalam peran 'korban' atau 'pelaku'. Kamu dan pasangan tak akan dapat melangkah maju jika merasa saling berhutang, atau salah satu di antara kalian merasa lebih rapuh.

Pada satu momen, luka akibat masa lalu harus diletakkan di belakang. Bukan untuk dilupakan, melainkan untuk menghentikannya kembali ke permukaan ketika pertengkaran baru muncul. 

6. Menerima semua konsekuensi untuk memulai kembali

6. Menerima semua konsekuensi memulai kembali
Freepik/cookie_studio

Memulai hubungan kembali dengan pasangan artinya membuat pilihan yang jelas untuk melakukannya, untuk meninggalkan masa lalunya, untuk mengambil risiko mempercayainya lagi, dan untuk mencintainya lagi.

Meski hubungan baru akan terasa berbeda dari sebelumnya, namun pasangan yang memulai kembali atas kesempatan kedua akan menemukan nilai dari dalamnya hubungan yang mereka miliki saat ini.

Akhirnya, kamu dan pasangan dapat lebih menjaga hati dan membiarkan luka lama untuk sembuh. 

Nah, itulah keenam cara menyembuhkan hubungan cinta dengan pasangan yang telah menyakiti. Jika pasangan melukai hatimu, apa kamu sanggup memberikan kesempatan kedua?

Bagaimana pun, semua orang berhak memiliki kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahannya, bukan begitu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.