Beberapa Bentuk Self Care dari Rumah saat Masa Pandemi

Penting untuk memerhatikan diri sendiri agar tetap waras melakukan rutinitas di rumah

16 September 2020

Beberapa Bentuk Self Care dari Rumah saat Masa Pandemi
Pixabay/tinytribes

Sebagai seorang mama sudah sewajarnya kalau perhatian, energi, dan tenaga kita akan terbagi. Mulai dari anak-anak, pasangan, keluarga, dan yang lainnya.

Terkadang sebagai seorang mama dihadapkan pada kondisi terlalu fokus pada hal lain sehingga melupakan kepentingan diri sendiri.

Merasa lebih penting membahagiakan orang lain tanpa memedulikan kepentingan pribadi bisa membuat Mama menjadi stres karena terlalu lelah.

Oleh karena itu, penting bagi seorang mama untuk melakukan self care, untuk lebih memerhatikan diri dengan melakukan hal-hal yang disukai.

Hal ini bukan menjadikan diri sebagai orang yang egois dan tidak berempati terhadap orang lain.

Justru dengan melakukan self care, seseorang akan lebih waras dan bergairah dalam menjalani aktivitasnya.

Popmama.com akan memberikan beberapa bentuk self care yang bisa dilakukan dari rumah saat masa pandemi seperti ini. 

1. Rutin melakukan self talk positif

1. Rutin melakukan self talk positif
Freepik

Melakukan self talk sangat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Siapapun bisa melakukan salah satu bentuk self care ini untuk memotivasi diri.

Rutin melakukan self talk bisa membangun pikiran positif terhadap diri sendiri. Bahkan, cara ini mampu mengontrol emosi yang terpendam sehingga bisa lebih terkendali.

Self talk juga akan meningkatkan kepercayaan terhadap diri sendiri dan menjadi pribadi yang selalu berpikir positif.

2. Menjauh dari media sosial selama beberapa saat

2. Menjauh dari media sosial selama beberapa saat
Freepik

Salah satu bentuk self care lainnya adalah dengan menjauh dari sosial media selama beberapa saat. Sebab, terkadang terlalu banyak informasi yang toxic.

Menjauh dari media sosial selama beberapa saat akan membuat Mama lebih fokus terhadap diri sendiri dan apa yang dimiliki daripada sibuk membandingkan diri dengan orang lain.

Editors' Picks

3. Lakukan olahraga ringan yang bisa membahagiakan Mama

3. Lakukan olahraga ringan bisa membahagiakan Mama
freepik.com/boonsom

Melakukan olahraga juga merupakan bentuk self care yang bisa dilakukan di rumah. dengan melakukan gerakan olahraga, energi di dalam tubuh akan meningkat. Sehingga tidak mudah merasa lelah dan kualitas kesehatan semakin meningkat.

Dalam beberapa penelitian juga menyatakan bahwa melakukan gerakan olahraga akan melepaskan hormon endorfin yang membuat seseorang merasa bahagia.

4. Belajar hal baru yang membuat diri merasa bergairah

4. Belajar hal baru membuat diri merasa bergairah
Freepik/Katemangostar

Setelah menjadi mama, banyak perempuan yang merelakan keinginannya untuk mengeksplorasi hal baru yang diinginkannya.

Bukan karena tidak mau tapi karena sudah terlalu banyak hal yang dilakukan untuk mengurusi keperluan rumah tangga. Padahal mempelajari hal baru yang diinginkan penting untuk dilakukan sebagai bentuk self care.

Coba diskusikan dengan suami Mama untuk membagi porsi pekerjaan rumah tangga. Agar Mama bisa meluangkan waktu sejenak untuk belajar hal baru yang Mama inginkan.

5. Mengizinkan tubuh mendapatkan tidur yang cukup

5. Mengizinkan tubuh mendapatkan tidur cukup
Freepik/drobotdean

Pekerjaan rumah memang rasanya tidak ada selesainya untuk dikerjakan. Setelah selesai satu pekerjaan, masih ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan.

Akibat hal tersebut Mama lupa untuk melakukan self care terhadap diri sendiri. Padahal sesederhana mendapatkan waktu istirahat yang cukup, itu sudah membantu untuk menjaga mood dan kondisi hati dan pikiran.

6. Makan makanan yang disukai

6. Makan makanan disukai
Freepik

Self care lain yang bisa Mama lakukan adalah dengan makan makanan yang disukai. Mungkin biasanya Mama terlalu sibuk memikirkan makan apa yang disukai anggota keluarga agar mereka lahap menyantap masakan Mama.

Kini, saatnya Mama yang memikirkan makanan yang disukai dan menikmatinya. Tidak perlu selalu memasak sendiri, sekarang sudah banyak aplikasi online yang membantu Mama untuk mendapatkan makanan yang Mama sukai.

Tetapi, jika dengan memasak sendiri makanan yang Mama sukai maka lakukanlah. Lagipula memasak makanan sendiri akan lebih terjamin kualitasnya.

Memiliki waktu untuk melakukan self care penting untuk dilakukan. Sebab, self care akan membantu Mama menjadi lebih waras dan lebih positif menjalani peran sebagai seorang mama. Mama yang bahagia akan menciptakan kondisi keluarga yang bahagia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.