Kenali Manfaat dan Risiko Lotus Birth untuk Bayi

Dokter belum merekomendasikan lotus birth dalam proses persalinan

4 Desember 2018

Kenali Manfaat Risiko Lotus Birth Bayi
Youtube.com/maxres

Lotus birth sebagai salah satu metode dalam persalinan kian familiar didengar. Apalagi setelah beberapa selebriti tanah air memilih metode ini saat melahirkan. Tapi, apakah Mama sudah tahu fakta tentang lotus birth yang menuai pro kontra dari sisi medis ini?

Berikut Popmama.com bagikan penjelasan lebih lanjut mengenai persalinan dengan metode lotus birth.

1. Apa itu lotus birth?

1. Apa itu lotus birth
enhancelife.co

Lotus birth adalah metode persalinan normal seperti pada umumnya, tapi dengan tidak memotong tali pusar bayi. Tali pusar dibiarkan tetap menempel pada bayi yang langsung terhubung dengan plasenta.

Tali pusar akan mengering dengan sendirinya dan terlepas setelah 3-4 hari.

Sebuah jurnal menyatakan, metode ini pertama dirintis di Amerika Serikat. Namun jauh sebelumnya, lotus birth sudah ada dalam budaya Bali, Suku Aborigin di Australia, Cina, India, dan Mesir.

2. Manfaat lotus birth

2. Manfaat lotus birth
mumsgrapevine.com.au

Beberapa kalangan tertentu mengklaim metode lotus birth memiliki banyak manfaat. Bayi yang masih terhubung dengan plasenta akan mendapatkan pasokan darah tambahan sebanyak 30 persen, sehingga meningkatkan sel darah merah juga zat besi.

Kekebalan tubuh bayi jadi lebih baik karena darah yang mengalir dari plasenta bisa memberikan tambahan oksigen, makanan dan antibodi untuk bayi yang baru lahir.

Editors' Picks

3. Kekurangan lotus birth

3. Kekurangan lotus birth
ohiohomebirth.com

Menurut dr. Bram Pradipta SpOG dalam live chat bersama redaksi Popmama.com mengatakan, metode ini terbilang merepotkan saat mengurus bayi di hari-hari pertamanya. Kondisi ini riskan karena plasenta yang mengandung darah muda tersebut mudah terinfeksi. Kedua bayi mengalami kuning karena kelebihan bilirubin yang disebabkan pasokan darah ekstra dari tali pusar.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) pun merekomendasikan penundaan pemutusan tali pusar hanya sekitar 1-3 menit setelah bayi lahir.

5. Pro dan kontra lotus birth

5. Pro kontra lotus birth
momma.id

Di Indonesia, lotus birth belum direkomendasikan secara medis. Metode ini masih dalam pengkajian terkait risikonya.

Dalam persalinan pada umumnya, dr. Bram memastikan lotush birth tidak direkomendasikan oleh medis. Metode lotus birth sendiri cukup terkenal dan banyak dilakukan di Bali di beberapa yayasan yang mengampanyekan home birth.

5. Selebriti yang melakukan lotus birth

5. Selebriti melakukan lotus birth
Instagram.com/Andienaisyah

Bagi Millennial Mama, metode persalinan lotus birth sudah dikenal. Ada artis Andien Aisyah dan Ayudia Bing Slamet yang sempat mencoba metode ini. 

Jangan sekedar ikutan tren dari selebriti, lebih baik ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu. Semoga penjelasan di atas melengkapi pemahaman mama seputar manfaat, risiko dan proses persalinan lotus birth ya.

Pastinya dibutuhkan kesabaran ekstra bagi mama yang memutuskan metode persalinan ini. Selain itu, juga memerlukan pantauan ekstra dari tenaga medis.

Baca juga: Seorang Ibu Membagikan Foto Setelah Persalinan dengan Lotus Birth

Topic: