7 Cara Alami yang Diyakini Bisa ‘Memancing’ Persalinan Normal

Jika Mama ingin si Kecil lahir normal, coba lakukan trik-trik berikut yuk!

16 Januari 2019

7 Cara Alami Diyakini Bisa ‘Memancing’ Persalinan Normal
Freepik/Yanalya

Sebagian besar para ibu hamil ingin kelak buah hatinya bisa dilahirkan melalui persalinan normal. Apakah Mama juga?

Jika ya, ada beberapa cara alami yang bisa Mama lakukan untuk ‘memancing’ persalinan normal, lho.

Ya, tak melulu harus lewat kegiatan yang sulit, semua ini bisa didapat dengan cara yang simpel, kok. Yang tak kalah penting, ajak juga Papa terlibat agar terasa lebih menyenangkan ya, Ma.

Berikut Popmama.com bagikan rangkuman informasinya untuk Mama:

1. Berolahraga

1. Berolahraga
Pixabay/Pexels

Tetap aktif secara fisik saat hamil, terutama di minggu-minggu akhir kehamilan, diyakini bisa menjadi cara efektif untuk memancing persalinan normal lho, Ma.

Selain membantu melatih kelenturan otot dan kestabilan napas, detak jantung yang meningkat saat olahraga juga dapat membantu melancarkan fase awal persalinan.

Apabila Mama termasuk yang mudah cemas, rutin olahraga juga bisa dilakukan guna membuat Mama tetap rileks.

Yang terpenting, pilihlah jenis olahraga yang tidak memaksakan kemampuan Mama, ya. Misalnya cukup dengan berenang atau jalan santai. Jangan lupa ajak Papa untuk mendampingi Mama.

2. Yoga

2. Yoga
Freepik/Yanalya

Yoga juga bisa menjadi salah satu cara mudah yang bisa Mama manfaatkan untuk memancing persalinan normal.

Hal unik yang bisa Mama dapatkan dari yoga prenatal adalah latihan ini memiliki pose dan gerakan yang berbeda-beda pada setiap tahap persalinan.

Para pelatih yoga prenatal umumnya sudah terlatih untuk menyesuaikan jenis latihan dengan usia kehamilan Mama.

Contohnya, jika usia kehamilan Mama sudah cukup untuk persalinan, maka jenis latihan yang digunakan saat yoga akan lebih banyak menggunakan pose mengejan dan latihan napas.

Beberapa gerakan yoga juga dapat membantu mengatur posisi bayi dalam rahim. Semua pergerakan dan latihan ini diyakini mampu membuat si Kecil bersiap untuk dilahirkan secara normal.

3. Minum teh raspberry

3. Minum teh raspberry
Pexels/Pixabay

Ada beberapa jenis teh yang bisa Mama konsumsi selama hamil, salah satunya bahkan diklaim bisa membantu menginduksi persalinan normal. Teh tersebut adalah jenis teh raspberry.

Selain cita rasanya yang unik, teh ini juga bisa membuat Mama lebih rileks. Meski belum banyak penelitian ilmiah yang membuktikan teori ini, tapi tak ada salahnya juga Mama mencobanya bukan?

Teh raspberru juga disebut-sebut dapat membantu memperkuat dan mengencangkan rahim sebagai proses persiapan persalinan.

Editors' Picks

4. Berjalan kaki

4. Berjalan kaki
Pexels/Daniel Reche

Sediakan waktu untuk rutin berjalan kaki saat hamil besar jelang waktu persalinan ya, Ma. Tak perlu lama-lama, cukup sediakan waktu setidaknya 15-30 menit setiap harinya.

Latihan ringan ini adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menginduksi persalinan. Gerakan lembut dan teratur di pinggul yang terjadi saat Mama berjalan tak cuma dapat membuat janin tertidur, tapi juga membantu membenarkan posisi janin.

Ya, posisi janin dapat menjadi lebih dekat dengan jalan lahir. Nah, ketika janin bergerak ke jalan lahir, kepalanya akan mulai menekan serviks.

Tekanan ini kemudian dapat memecah ketuban dan memicu kontraksi, Ma. Pada intinya, Mama perlu tahu bahwa berjalan adalah salah satu teknik induksi persalinan alami yang sangat muda dilakukan.

5. Tetap rileks

5. Tetap rileks
Pexels/I Love Simple Beyond

Tak perlu terlalu menggebu-gebu ingin cepat melahirkan, Ma. Cobalah untuk tetap rileks dan santai saat waktu perkiraan persalinan sudah semakin dekat.

Terkadang hal-hal yang paling mudah adalah yang bekerja paling optimal. Nah, dalam hal ini, cara termudah yang bisa Mama lakukan adalah dengan bersantai.

Dengan menjaga kondisi fisik dan mental tetap rileks, saraf akan bekerja lebih optimal untuk beradaptasi dengan kondisi janin.

Oleh sebab itu, Mama bisa mempelajari beberapa teknik relaksasi yang bisa membantu. Beberapa di antaranya yakni latihan napas dalam dan meditasi.

6. Naik tangga

6. Naik tangga
Pexels/Zun Zun

Sama seperti berjalan kaki, naik tangga juga diyakini bisa menjadi cara mudah untuk membantu menginduksi persalinan normal. Naik tangga dapat melibatkan banyak gerakan di pinggul, sehingga turut membantu ‘membawa’ janin ke jalan lahir.

Tapi hati-hati ya, Ma. Saat naik tangga, Mama lebih rentan mengalami kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Jadi jangan lupa untuk tetap berpengangan, ya.

Selain naik tangga, teknik lain yang bisa Mama lakukan adalah berjalan di trotoar. Berjalanlah dengan satu kaki di atas trotoar dan satu kaki lainnya di jalan biasa.

Gerakan naik dan turun yang dihasilkan dapat juga membantu membuat janin turun ke jalan lahir.

7. Gunakan birthing ball

7. Gunakan birthing ball
Pixabay/ArtCoreStudios

Bola besar yang bisa ditemui di gym dan tempat latihan pilates ini bisa juga dimanfaatkan untuk menginduksi persalinan secara alami. Bola ini kini mulai populer digunakan oleh ibu hamil, sehingga dikenal dengan nama birthing ball.

Jika Mama terbiasa mengikuti kelas yoga prenatal, birthing ball menjadi salah satu benda yang biasanya akan digunakan untuk berlatih.

Apabila posisi janin belum berada di tempat yang seharusnya, duduk dan memutar pinggul di atas birthing ball dapat membantu memindahkan janin ke posisi yang tepat, sehingga proses persalinan pun akan berjalan lebih mudah. 

Agar lebih mudah menggunakan birthing ball saat jelang persalinan nanti, ada baiknya Mama sudah berlatih sejak akhir trimester ketiga kehamilan, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!