Mama Wajib Tahu, Begini Cara Mengatasi Ambeien setelah Melahirkan

Tak perlu risau, ambeien setelah melahirkan bisa kok diatasi secara alami

12 September 2020

Mama Wajib Tahu, Begini Cara Mengatasi Ambeien setelah Melahirkan
Freepik/Katemangostar

Setelah berjuang melewati proses persalinan, rasa lega tentu akan langsung dirasakan oleh para Mama baru. Namun ada beberapa masalah yang mungkin juga akan dialami, lho.

Salah satunya adalah wasir atau ambeien setelah melahirkan. Salah satu tanda awal yang mungkin dialami oleh Mama adalah rasa nyeri saat buang air besar. Kondisi ini berlanjut pada munculnya bengkak di area anus.

Dalam beberapa kasus, masalah ambeien setelah melahirkan juga bisa menimbulkan gejala lain berupa rasa gatal dan bahkan berdarah saat buang air besar.

Bergantung dari ukuran pembengkakan, lokasi serta tingkat keparahannya, ambeien bisa sembuh dengan sendirinya. Namun apabila ambeien sudah menjadi semakin bengkak dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Namun selain dengan cara berobat ke dokter, ada juga beberapa cara rumahan yang bisa Mama coba lakukan untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan. Berikut Popmama.com rangkum informasinya dari berbagai sumber untuk Mama:

1. Hindari mengejan berlebihan

1. Hindari mengejan berlebihan
Freepik/Katemangostar

Saat buang air besar, wajar jika Mama akan mengejan dengan cara memberi tekanan lebih besar di area anus. Namun jika dilakukan secara berlebihan dan tidak hati-hati, kebiasaan ini juga bisa membuat ambeien semakin parah.

Supaya hal ini tidak sampai terjadi, cobalah lebih berhati-hat saat mendorong, mengejan, atau membungkuk ketika duduk di toilet. Lakukan secara perlahan dan biarkan gravitasi membantu Mama menyelesaikan proses buang air besar secara alami.

Ingat, hindari juga untuk duduk di toilet terlalu lama. Aliran darah yang tidak lancar di area anus akan membuat ambeien juga terasa semakin nyeri.

2. Perbanyak konsumsi serat

2. Perbanyak konsumsi serat
Pexels/Trang Doan

Dilansir Healthline, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan konsumsi serat dalam menu makanan sehari-hari. Cukup serat dapat membantu melunakkan tinja dan membuatnya lebih lancar saat proses buang air besar.

Ya, diet tinggi serat dapat membantu mengobati dan mencegah sembelit, yang seringkali dapat membuat ambeien bertambah parah. Makanan berserat tinggi termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik juga dapat membantu mengatasi dan mencegah ambeien berkembang semakin parah.

Editors' Picks

3. Rendam dan kompres area yang bengkak

3. Rendam kompres area bengkak
Pexels/Pixabay

Apabila area anus sudah terasa semakin nyeri, untuk meredakan rasa nyerinya Mama bisa secara rutin merendam area tersebut dengan air hangat.

Lakukan perendaman setidaknya selama 10 hingga 15 menit, sebanyak 2-3 kali sehari. Cara ini jika dilakukan dengan rutin dan tepat dapat membantu membuat bengkak ambeien menyusut secara alami.   

Mama juga bisa mengompres area ambeien yang bengkak dengan menggunakan kompres es selama sekitar 10 menit. Jangan lupa pastikan kompres es yang digunakan dalam kondisi bersih, ya.

Dikutip dari Very Well Family, kompres es ini bermanfaat untuk meredakan bengkak dan membantu mengatasi rasa nyeri akibat ambeien. Agar terasa lebih nyaman, Mama bisa membungkus es dengan menggunakan handuk bersih untuk mengompres area bengkak.

4. Bersihkan area anus dengan bersih dan lembut

4. Bersihkan area anus bersih lembut
Pexels/Hermaion

Membersihkan area anus setelah buang air besar menjadi salah satu faktor penting untuk mempercepat proses penyembuhan ambeien.

Jika memungkinkan, pilihlah air hangat untuk membilas dan membersihkan area anus setelah buang air besar. Namun apabila kondisinya tidak memungkinkan dan Mama harus menggunakan tisu, pilihlah tisu basah yang tidak mengandung pewangi dan berbahan lembut.

5. Melakukan senam Kegel secara teratur

5. Melakukan senam Kegel secara teratur
Freepik/katemangostar

Selain membantu menjaga stamina dan menjaga kestabilan berat badan, olahraga setelah melahirkan juga dapat membantu mempercepat penyembuhan ambeien.

Salah satu jenis olahraga yang bisa Mama pilih adalah senam Kegel. Aktivitas ini bisa dilakukan untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di area anus.

Otot-otot di area tersebut juga akan lebih terlatih dan lebih lentur. Dengan begitu, buang air besar pun akan menjadi lebih mudah karena bengkak akibat ambeien secara alami akan mengecil.

6. Gunakan kunyit dan jahe

6. Gunakan kunyit jahe
Pixabay/cgdsro

Bahan-bahan alami seperti kunyit dan jahe juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi ambeien setelah melahirkan.

Kunyit dikenal memiliki sifat antibiotik dan dapat digunakan untuk menyembuhkan ambeien. Campur kunyit dengan minyak kelapa dan sedikit bawang merah. Oleskan campuran pasta ini ke area yang terinfeksi.

Selain itu, jahe juga bisa Mama manfaatkan. Minumlah campuran jahe, mint, dan sari lemon segar untuk mengatasi ambeien secara alami. Jika ada, Mama juga bisa menambahkan sedikit madu supaya kerjanya lebih efektif.

7. Hindari kebiasaan menahan buang air besar

7. Hindari kebiasaan menahan buang air besar
Freepik

Suka menahan buang air besar akan membuat tinja menjadi semakin keras, akibatnya saat nanti Mama hendak buang air besar prosesnya akan terasa semakin sulit dan nyeri.

Apabila sudah mulai muncul keinginan untuk buang air besar, segera lakukan ke toilet dan hindari menunda-nundanya, ya.

Jika semua cara rumahan ini masih belum kunjung mengatasi ambeien yang Mama alami, segera cek ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan jika perlu, misalnya seperti obat pereda nyeri, krim khusus ambeien, atau obat laksatif.

Itulah tujuh cara alami untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan yang sering terjadi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.