7 Obat Flu untuk Ibu Menyusui Berbahan Alami

Jangan langsung minum obat tanpa resep dokter ya Ma, nggak ada salahnya coba yang alami

11 Februari 2019

7 Obat Flu Ibu Menyusui Berbahan Alami
Freepik

Saat menyusui, setiap makanan dan minuman yang Mama konsumsi bisa saja memengaruhi komposisi air susu ibu (ASI) yang diproduksi tubuh.

Termasuk di antaranya jika Mama minum obat. Beberapa kandungan obat tertentu dikhawatirkan juga bisa memengaruhi produksi ASI, sehingga bisa turut dikonsumsi oleh bayi.

Jadi, sebisa mungkin hindari dulu minum obat, apalagi tanpa resep dokter, saat Mama sedang sakit ringan, ya. Termasuk jika Mama sedang terkena flu dan pilek.

Saat musim hujan dan angina kencang seperti saat ini, sistem imun ibu menyusui yang sedang melemah bisa membuat Mama rentan terkena flu, pilek dan batuk.

Nah, apa ya asupan obat alami dan rumahan yang bisa dikonsumsi? Berikut Popmama.com bagikan rangkumannya:

1. Jahe

1. Jahe
Pexels/Pixabay

Jahe merupakan salah satu obat alami yang sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan flu dan pilek, termasuk pada ibu menyusui. Jahe mengandung gingerol, mineral dan antioksidan yang baik bagi tubuh Mama.

Agar tenggorokan terasa lebih nyaman dan lega, Mama bisa menambahkan jahe saat meminum teh hangat atau bisa dibuat menjadi wedang jahe.

Selain membantu melegakan pernapasan dan mengencerkan dahak, konsumsi jahe juga bisa membuat tubuh Mama hangat dan aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca juga: 7 Manfaat Jahe untuk Bayi

2. Madu

2. Madu
Pexels/Pixabay

Selain jahe, asupan lain yang juga mengandung antioksidan alami yang baik bagi sistem imun tubuh adalah madu. Mama bisa mengonsumsi madu secara langsung rutin tiap pagi atau ditambahkan pada teh sebagai pengganti gula pasir.

Untuk membuat obat alami, Mama bisa menambahkan dua sendok teh madu dan perasan air jeruk nipis ke dalam secangkir air putih hangat. Minumlah setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Buah dan sayuran segar

3. Buah sayuran segar
Pexels/Public Domain Pictures

Buah segar yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, pepaya, apel, mangga dan jambu biji bisa menjadi pilihan camilan Mama saat sedang flu dan pilek. Kandungan vitamin C yang dimilikinya bisa membantu menguatkan sistem imun tubuh dan meredakan flu serta pilek.

Selain dari buah, sumber vitamin C juga bisa Mama dapatkan dari sayuran seperti kubis, brokoli dan kembang kol.

Editors' Picks

4. Yoghurt

4. Yoghurt
Pexels/Lisa Fotios

Apakah Mama menyukai yoghurt? Jika ya, asupan ini juga baik dikonsumsi saat Mama sedang flu. Produk olahan susu ini kaya akan kandungan probiotik yang baik bagi imun tubuh.

Manfaat ekstra lainnya dari konsumsi yoghurt selain membantu menguatkan imun dan menyembuhkan flu adalah membantu melancarkan produksi ASI lho, Ma.

Agar tidak ada terlalu banyak tambahan gula dan pemanis pada yoghurt yang Mama konsumsi, pilihlah yang rasa plain alias tawar. Sebagai penambah rasa, Mama juga bisa menambahkan potongan buah atau madu.

Baca juga: 5 Kunci Sukses Hidup Sehat Sampai Tua dan Panjang Umur

5. Kaldu hangat

5. Kaldu hangat
Pexels/Navada Ra

Upayakan untuk memilih menu dengan kuah hangat dan alami seperti kaldu ayam atau sayur yang berkuah, Ma. Konsumsi asupan dengan kuah dan hangat seperti ini dapat membantu membuat tenggorokan Mama lebih nyaman.

Selain itu, rasa gatal yang mengganggu di area tenggorokan juga akan menjadi lebih reda.

Apabila saat flu nafsu makan Mama menurun, konsumsi sayuran berkuah dan kaldu hangat juga bisa membuat pola makan Mama lebih teratur.

6. Bawang putih

6. Bawang putih
Pexels/Min An

Meski lebih dikenal sebagai bumbu masak yang memiliki aroma tajam, namun bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk membantu meredakan flu dan pilek bagi ibu menyusui.

Untuk mendapatkan manfaat ini, cuci bersih bawang putih yang sudah dikupas. Setelah itu, langsung konsumsi bawang mentah-mentah. Jika dirasa aromanya terlalu menyengat, Mama bisa merebusnya terlebih dahulu sebentar saja.

7. Sirup daun thyme

7. Sirup daun thyme
Pexels/Rawpixel.com

Mama bisa membuat obat alami sendiri di rumah dengan memanfaatkan daun thyme. Cara membuatnya, haluskan segenggam daun thyme lalu campur dengan 1 ½ gelas air panas matang. Aduk-aduk sampai larut.

Agar rasanya lebih enak, Mama bisa menambahkan perasan air lemon atau madu secukupnya. Minumlah sirup ini secara teratur 2-3 kali sehari.

Jika setelah mengonsumsi obat-obatan alami ini kemudian flu justru semakin parah dan terasa semakin mengganggu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Yang terpenting, hindari sembarangan mengonsumsi obat tanpa resep dokter.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!