7 Tips Induksi Alami agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan Normal

Beberapa aktivitas ini diketahui dapat membantu ‘memancing’ kontraksi

21 Agustus 2019

7 Tips Induksi Alami agar Cepat Kontraksi Melahirkan Normal
Freepik.com/Senivpetro

Waktu perkiraan persalinan sudah semakin dekat, tapi kok kontraksi tak kunjung datang juga, ya? Jika sudah demikian, para calon Mama pasti khawatir.

Tak perlu terburu-buru, Ma. Pahamilah bahwa janin dalam kandungan sudah memiliki waktunya sendiri untuk mulai aktif bergerak dan kontraksi.

Namun apabila Mama ingin supaya kontraksi bisa segera datang, ada beberapa induksi alami yang bisa Mama lakukan juga di rumah. Induksi alami ini bisa berupa aktivitas maupun makanan, lho.

Apa saja ya induksi-induksi alami yang bisa Mama coba lakukan untuk mempercepat datangnya kontraksi persalinan normal? Yuk simak informasinya berikut ini dari Popmama.com:

1. Gunakan birthing ball

1. Gunakan birthing ball
Freepik

Birthing ball adal sebuah bola besar yang membal dan biasanya terbuat dari bahan karet. Bola ini sama seperti bola yang biasa digunakan untuk latihan pilates.

Dikutip dari Mother and Baby UK, saat menggunakan birthing ball, upayakan agar postur punggung berada dalam posisi yang tegak sempurna dan jangan membungkuk.

Penggunaan birthing ball dapat mengurangi risiko terjadinya nyeri punggung dan mengurangi sensasi nyeri saat kontraksi mulai datang.

Apabila posisi janin belum berada di tempat yang seharusnya, duduk dan memutar pinggul di atas birthing ball dapat membantu memindahkan janin ke posisi yang tepat, sehingga proses persalinan pun akan berjalan lebih mudah.

Untuk latihan menggunakan birthing ball, cobalah untuk duduk secara perlahan di atas bola, buka kedua kaki Mama dengan posisi kedua kaki mengarah ke luar.

Jaga posisi tubuh bagian atas tetap stabil dan putar pinggul sambil tetap duduk di atas bola. Jika perlu, mintalah bantuan dari Papa atau pendamping agar posisi Mama tetap berada di atas bola.

Pastikan kedua kaki Mama tetap nyaman menopang di atas lantai, sehingga posisi tubuh Mama tetap stabil. Posisi memutar pinggul di atas bola ini dapat membantu mengarahkan janin agar berada di jalan lahir. Tekanan pada leher rahim akan membuat posisi kepala janin berada di bawah.

Lakukan latihan berputar ini selama 10 menit, kemudian lakukan 10 menit lagi dengan mengubah arah putaran.

2. Akupresur

2. Akupresur
Freepik

Selain bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi mual di pagi hari serta membantu menghentikan pendarahan pada bulan-bulan awal kehamilan, pijat akupresur juga dapat menjadi induksi alami.

Namun sebelum melakukan pijat akupresur, pastikan aktivitas ini dilakukan oleh tenaga pijat yang berpengalaman menangani ibu hamil, ya.

Pastikan juga Mama sudah mendapatkan izin dari dokter. Perhatikan setiap anjuran yang diberikan oleh dokter. Misalnya dengan tidak memijat dengan tekanan yang berlebihan.

Memijat titik-titik akupresur di pergelangan kaki dan di sela-sela antara ibu jari dan telunjuk diketahui dapat menyebabkan kontraksi otot, termasuk di dalam rahim.

3. Stimulasi puting

3. Stimulasi puting
Freepik/Jcomp

Stimulasi puting dan payudara juga menjadi salah satu induksi alami yang bisa dilakukan supaya kontraksi cepat datang. Bahkan cara ini disebut-sebut menjadi cara yang paling efektif dan bisa dilakukan sendirian.

Dilansir Healthline, stimulasi puting dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Stimulasi puting melepaskan oksitosin, hormon yang menyebabkan kontraksi.

Jika Mama sulit melakukannya sendiri dan Papa tidak bisa membantu, stimulasi puting bisa dilakukan dengan menggunakan pompa ASI atau breast pump.

Konsultasikan saat sebelum dan sesudah melakukan stimulasi puting ke dokter supaya diketahui apakah ada perubahan pada kondisi janin.

Saat melakukan stimulasi puting, pastikan Mama fokus pada area areola. Lakukan stimulasi dan rangsangan pada satu payudara sekaligus, batasi maksimal 5 menit saja. Untuk melakukannya lagi, tunggu 15 menit kemudian untuk istirahat sejenak, ya.

Editors' Picks

4. Makan pisang dan kurma

4. Makan pisang kurma
Unsplash/Mona Mok

Pisang juga menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk ‘memancing’ kontraksi alami, Ma. Buah yang manis legit ini mengandung tinggi kalium, yang sangat penting dalam proses kontraksi otot. Termasuk kontraksi di otot rahim.

Selain pisang, buah lain yang juga bisa Mama konsumsi sebagai induksi alami adalah kurma. Studi skala kecil telah menunjukkan bahwa makan 6 buah kurma sehari di bulan terakhir kehamilan dapat mendorong serviks Mama supaya membesar. Kondisi ini pun membuat kontraksi alami lebih mudah terjadi, Ma.

5. Berhubungan seks dan orgasme

5. Berhubungan seks orgasme
Freepik/User7350813

Berhubungan seks saat memasuki kehamilan trimester ketiga memang terasa lebih sulit, tetapi ada beberapa manfaat yang bisa didapat. Salah satunya sebagai induksi alami.

Faktanya, aktivitas seks dapat mendorong pelepasan hormon oksitosin, yakni hormon yang diperlukan untuk memulai persalinan dan kontraksi..

Cairan sperma dan air mani juga mengandung zat mirip hormon yang disebut prostaglandin, yang dapat membantu melenturkan dan mematangkan serviks.

Selama dilakukan dengan berhati-hati, melakukan hubungan seks sebagai induksi alami aman, kok. Tetapi ingat ya, hindari melakukan hubungan seks jika ketuban sudah pecah karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

6. Berenang

6. Berenang
Freepik

Aktivitas seru lainnya yang juga bisa menjadi induksi alami adalah berenang. Berenang bisa dilakukan secara santai dan menyenangkan. Adanya tekanan lembut dari air saat Mama berenang dapat membantu membuat bayi lebih mudah bergerak di dalam rahim.

Bayi pun bisa lebih mudah juga untuk menemukan jalan lahir dengan adanya pijatan dan tekanan lembut dari air saat Mama berenang.

7. Jalan santai

7. Jalan santai
Freepik/Bristekjegor

Gerakan dan olahraga santai apapun diketahui dapat membantu meningkatkan detak jantung. Selain itu, bisa juga membantu membuat bayi lebih mudah bergerak mencari jalan lahir.

Salah satunya adalah dengan melakukan jalan santai. Tak cuma menjadi induksi alami, jalan santai di trimester ketiga kehamilan juga membantu menghilangkan stres dan menjaga tubuh tetap kuat jelang persalinan.

Apabila seluruh induksi alami ini sudah dilakukan dan semakin dekat perkiraan persalinan kontraksi tak kunjung datang juga, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;