5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri Pasca Persalinan

Apa yang akan membuat Mama merasa lebih baik tentang penampilan?

4 Juli 2022

5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri Pasca Persalinan
Freepik/Racool_studio

Melahirkan adalah peroses yang bisa membuat perubahan, terutama bagian fisik pada tubuh perempuan. Sementara menjalani masa nifas dan merawat bayi baru lahir merupakan pekerjaan yang luar biasa.

Mungkin tidak sempat bagi Mama mengambil sedikit waktu untuk diri sendiri. Sebagian dari ibu baru sulit meningkatkan kepercayaan dirinya. Ini mulai dari dilema ketika memilih pakaian hingga tidak ada waktu melakukan perawatan kulit. 

Nah, mengenai hal tersebut Popmama.com akan membahas 5 cara mengembalikan kepercayaan diri pasca persalinan. Yuk, cek ulasannya!

1. Melakukan program diet dengan makanan seimbang

1. Melakukan program diet makanan seimbang
Freepik/jcomp

Setelah melahirkan, Mama perlu menjaga diri sendiri dan menikmati gaya hidup sehat. Ini dapat membantu penurunan berat badan bertahap. Bagi Mama yang sedang berjuang ingin melakukan program diet pasca persalinan, maka harus fokus mengonsumsi makanan seimbang. 

Dilansir dari Healthline, ingatlah bahwa asupan kalori dan kisaran makronutrien harus tepat pada tingkat aktivitas kamu. Plus, mungkin perlu mengikuti pola diet yang berbeda guna mengoptimalkan kontrol gula darah. Penurunan berat badan setelah melahirkan secara perlahan, yaitu 1 pon per minggu atau 4 pon per bulan sangat ideal.

Mulai sekarang cobalah tidak memakan makanan junk food. Lakukanlah program diet sehat dengan banyak buah dan sayuran. Mama juga bisa makan setidaknya dua porsi biji-bijian per hari. Alasannya karena karbohidrat adalah makronutrien untuk energi sepanjang hari. 

Editors' Picks

2. Lakukan perawatan kulit untuk menjaga kelembapan

2. Lakukan perawatan kulit menjaga kelembapan
Freepik/lifeforstock

Jangan kaget, biasanya kulit seorang perempuan mengalami banyak perubahan setelah melahirkan. Bahkan untuk beberapa orang mungkin mereka mengalami jerawat, pigmentasi, stretch mark dan lingkaran hitam. Padahal dengan sebuah perawatan, kondisi ini cenderung membaik.

Jadi sangat baik bagaimana pemenuhan kebutuhan perawatan kulit pasca persalinan. Berikan wajah dengan toner untuk membersihkan, memperjelas dan menghilangkan residu yang tersisa. Ini guna menjaga penghalang kelembapan tetap utuh dan tidak akan mengubah keseimbangan pH. Gunakan kapan saja saat Mama membutuhkan penyegaran.

Dikutip dari Whattoexpect, rutinitas kulit setelah kehamilan sebaiknya jauhi matahari. Atau setidaknya meminimalkan potensi kerusakan akibat sinar matahari, yakni menerapkan tabir surya spektrum luas atau dengan SPF 30 setiap hari. Pilihan lainnha beralih ke pelembab atau alas bedak yang menawarkan tingkat perlindungan matahari.

3. Memakai sedikit riasan untuk mengubah tampilan

3. Memakai sedikit riasan mengubah tampilan
Freepik/cookie_studio

Bahwa paling sering terjadi ketika bayi menangis, seorang ibu baru tidak sempat merias dirinya. Padahal memakai sedikit riasan, ini agar menciptakan penampilan Mama yang lebih baik di minggu atau bulan pertama setelah melahirkan.

Dirilis dari Alphamom.com, dapatkan tampilan cantik dengan bronzer. Oleskan ke area atas pipi, di sekitar tepi dahi, sentuhan di hidung dan dagu. Bibir juga butuh hidrasi dan perhatian.  Cobalah memberi kilap dan nutrisi di dalamnya untuk melembapkannya.

Jangan ragu memberi eye shadow putih di sudut dalam kelopak mata untuk membuatnya terlihat terjaga. Pertimbangkan juga membentuk alis secara profesional. Bahwa alis yang tetap menempel sepanjang hari bisa mengubah tampilan seluruh wajah.

4. Lakukan cara berpakaian yang lebih baik

4. Lakukan cara berpakaian lebih baik
Freepik/lookstudio

Sering kali perubahan yang terjadi setelah persalinan, ini membuat sebagian perempuan mengabaikan dan menunda kebutuhan penampilannya sendiri. Padahal Mama perlu melakukan cara berpakaian dan mendandani tubuh yang lebih baik.

Diwartakan dari Motherly, wear print dapat membantu menyembunyikan detail bagian tengah tubuh dengan menciptakan pengalih perhatian dan menonjolkan bentuk keseluruhan.

Gaun longgar atau button-ups adalah penyelamat Mama lain di bulan pertama setelah melahirkan. Mengenakannya pun sangat menyenangkan untuk di siang atau malam hari. Lengan pendek pada atasan ini pun sangat mudah dilapis, terutama jika Mama ingin menambahkan kardigan.

5. Luangkan waktu untuk pergi ke salon

5. Luangkan waktu pergi ke salon
Freepik

Ma, bahwa seorang ibu baru membutuhkan sistem pendukung yang baik untuk kebutuhan dan perawatan dirinya. Ada banyak alasan mengapa Mama perlu mengunjungi salon, baik secara psikologis dan fisik. Dari sekarang, mulailah menemukan waktu dan sesuatu yang membuat Mama tersenyum.

Mama bisa memilih untuk potong rambut, perawatan rambut atau hanya sekadar manicure-pedicure yang dilakukan oleh para profesional terlatih di bidang ini. Plus, mereka sangat paham dengan fashion terkini. Mereka pun selalu tetap pada proses serta teknik yang membantu Mama terlihat sehat dan menawan. 

Ketika di salon, maka penata rambut dapat mendiagnosis masalah dan menyediakan produk yang bermanfaat untuk mempromosikan rambut yang sehat. Apalagi salon juga tempat yang sangat santai dan mempertimbangkan kenyamanannya. Jadi buatlah jadwal relaksasi dan perawatan yang menenangkan.

Nah, itulah kelima cara mengembalikan kepercayaan tubuh pasca persalinan. Kira-kira Mama akan memulai yang mana dulu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk