5 Cara Merayakan Menjadi Seorang Ibu dengan Bayi Baru Lahir

Menghirup udara segar merupakan ide yang bagus, Ma!

1 Juli 2022

5 Cara Merayakan Menjadi Seorang Ibu Bayi Baru Lahir
Freepik/pch.vector

Mama mungkin mengalami perubahan tertentu setelah melahirkan, ini memicu campur aduk emosi yang kuat. Biasanya mulai dari kegembiraan, ketakutan dan kecemasan. Tapi itu juga bisa mengakibatkan sesuatu yang mungkin tidak terduga seperti depresi.

Dikutip dari Todaysparent, tubuh mengalami transformasi besar selama kehamilan dan setelah persalinan. Sementara minggu demi minggu, kesehatan dan tubuh sering diabaikan. Hal tersebut karena kamu mengatasi merawat bayi dan sedikit tidur.

Padahal sebenarnya, Mama perlu mencoba untuk membuatnya istimewa. Berikut Popmama.com berikan 5 cara merayakan menjadi seorang ibu dengan bayi baru lahir. Yuk, jadikan hari spesial yang penuh makna!

1. Membuat rencana menyambut kepulangan bayi

1. Membuat rencana menyambut kepulangan bayi
Freepik/chandlervid85

Proses melahirkan memang sangat luar biasa, tetapi Mama perlu memberi diri waktu untuk memulihkannya. Agar Mama dapat menjalani hari-hari awal menjadi ibu yang menyenangkan, maka buatlah suatu rencana baik untuk merayakannya.

Dimana perencanaan di suatu tempat atau di rumah, tujuannya agar membuat Mama lebih bahagia dan terhindari dari stres. Jadi mulailah meminta keluarga menyiapkan dekorasi ketika menyambut anggota keluarga baru. Sematkanlah beberapa balon berwarna, karangan bunga bertema bayi atau boneka manis.

Melalui sentuhan kecil, tentu dapat membuat kepulangan si Kecil terasa meriah. Bahkan memiliki kekuatan tersendiri bagi Mama. Momen inilah akan membuat Mama merasa bahagia dan damai setelah melahirkan.

Editors' Picks

2. Melakukan yoga untuk atasi rasa bersalah

2. Melakukan yoga atasi rasa bersalah
Freepik/prostooleh

Diantara banyak emosi baru yang dialami sebagai ibu baru, rasa bersalah kemungkinan besar ada di dalamnya. Hal itu karena kehamilan dan melahirkan membawa trauma besar bagi tubuh. Ketika menghadapi tantangan fisik atau masalah mental, maka Mama perlu merawat diri.

Agar tidak terjadi pasang surut emosional dan muncul rasa bersalah, cobalah membawa suka cita pasca persalinan dengan melakukan yoga. Sementara yoga dan meditasi umumnya dapat dikombinasikan. Keduanya paling efektif dalam memulihkan keseimbangan mental.

Dilansir dari Webmd, yoga pasca persalinan adalah latihan berintensitas rendah yang dimodifikasi. Jenis yoga ini dirancang untuk membantu tubuh pulih dan menawarkan manfaat paling banyak, terutama selama tiga bulan pertama setelah melahirkan. Bahkan menyeimbangkan energi, menurunkan mengurangi stres dan kecemasan.

3. Menghirup udara segar di area yang teduh

3. Menghirup udara segar area teduh
Freepik/prostooleh

Ma, udara segar selalu merupakan ide yang bagus. Beberapa hari setelah melahirkan, ini adalah waktu yang indah untuk menghabiskan hari istimewa bersama sang bayi. Mungkin Mama bisa menemukan area teduh yang bagus di taman dekat rumah.

Pergi ke tempat outdoor dan menghirup udara segar memang luar biasa untuk kesehatan mental ibu baru pasca persalinan. Bahkan mengurangi tingkat kecemasan dan menurunkan tingkat aktivitas di bagian otak, terutama yang berhubungan dengan penyakit mental. 

Jadi mulailah bersantai di bawah sinar matahari disertai udara segar, maka akan mendapat peningkatan suasana hati dan penurunan tingkat stres. Termasuk meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan membuat Mama lebih bahagia.

4. Menikmati pagi hari dengan sarapan di tempat tidur

4. Menikmati pagi hari sarapan tempat tidur
Freepik/drobotdean

Yuk, buat pagi hari lebih bahagia!

Untuk merayakan menjadi ibu dengan bayi baru lahir, maka bangunlah dan memiliki sesuatu yang berbeda di tempat tidur bersamanya. Agar membuat segalanya lebih jelas, mintalah bantuan suami membuat sarapan dan membawanya ke tempat tidur.

Disini Mama dapat memanjakan diri dan menggunakan waktu untuk bersantai sejenak, dimana Mama tidak khawatir tentang apa pun. Tunggu apalagi, Ma. Segeralah menikmati waktu berkualitas ini.

5. Tampil glamor dengan berias diri

5. Tampil glamor berias diri
Freepik/cookie_studio

Menjadi seorang ibu mungkin tak terlukiskan. Mama pasti merasa gembira yang luar biasa. Dimana beberapa kelelahan dapat dimengerti. Tapi meski Mama harus menikmati perjalanan melelahkan pasca persalinan, penting untuk berias seperti ingin pergi ke pesta.

Dirilis dari Momjunction, saatnya mengucapkan selamat tinggal pada baju hamil. Berdandan tidak berarti harus membeli pakaian yang sama sekali baru. Itu hanya mengenakan gaun bersih yang pas.

Mama dapat menghiasi wajah dan tampil glamor saat menyambut bayi beberapa minggu pertamanya. Bahkan seluruh keluarga juga bisa berpartisipasi. Ini adalah cara yang bagus untuk mulai menantikan hari istimewa. Mungkin si Papa mengambil banyak foto dari momen penting tersebut. Disinilah Mama juga merasakan bagaimana menjadi diri sendiri lagi.

Nah, itulah kelima cara merayakan menjadi seorang ibu dengan bayi baru lahir. Apakah Mama akan melakukannya juga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk