5 Cara Latihan Dasar untuk Membentuk Otot Perut Pasca Persalinan

Nggak cuma sit up, masih ada cara gampang lain. Kembalikan keindahan perut Mama yuk pasca melahirkan

23 Desember 2018

5 Cara Latihan Dasar Membentuk Otot Perut Pasca Persalinan
stylesofliving.com

Jika sebelumnya kamu sudah pernah latihan untuk membentuk otot perut, pasti kamu sudah mengetahui cara ini. Tapi cara ini juga berlaku untuk kamu lakukan lagi pasca persalinan.

Terutama jika kamu menemukan kesulitan mengatur waktu. Mungkin kamu susah menemukan waktu untuk me time atau berolahraga. Latihan ini bisa dilakukan di rumah.

Kalau kamu sudah siap untuk memulai latihan dasar otot inti untuk membentuk perut, kamu tetap harus ingat hal dasar ini. Perut banyak memiliki bagian, ada otot perut bagian bawah, samping, dan atas. Untuk melatihnya kamu harus memakai jenis latihan yang berbeda-beda.

Jadi kamu tidak bisa hanya fokus pada satu bagian otot perut saja. Jangan merasa bingung mau mulai dari mana, sebaiknya simak penjelasan Popmama.com berikut ini.

Apa Itu Latihan Dasar untuk Otot Inti?

Core muscle atau otot inti seringkali dimaksud dengan otot perut. Otot inti adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hampir semua hal di tubuh kamu yang bukan pada kaki dan lengan.

Secara keseluruhan otot inti ini berarti termasuk glutes, pinggul, otot perut, otot perut bagian dalam, lantai panggul, dan skapula sebagai inti tubuh kamu.

Melatih core muscle manfaatnya adalah melatih kekuatan kamu dihasilkan untuk melakukan gerakan apapun. Sementara otot perut dan perut bagian dalam memiliki peran besar dalam stabilitas otot inti, mereka tidak bisa terbentuk sendiri.

Kesalahan yang banyak orang buat adalah membentuk otot inti seperti otot perut yang lebih kuat dan indah dengan bentuk yang lebih jelas, hanya dengan melakukan sit up. Jangan hanya melakukan sit up tanpa henti, karena hal itu bisa berbahaya bagi tulang belakang kamu.

Pasca melahirkan normal sebenarnya kamu sudah boleh kembali melakukan latihan. Ada baiknya menunggu setelah melewati masa nifas, agar tubuh kamu beristirahat terlebih dulu selama beberapa waktu. Setelah itu, kamu bisa kembali melakukan latihan dengan bebas, selama latihan itu mengikuti aturan yang sesuai.

Untuk melatih otot inti secara efektif, kita perlu melatih semua otot yang terlibat. Otot-otot ini perlu bekerja sama sebagai satu kesatuan.

5 Gerakan Latihan Dasar Membentuk Otot Inti dan Perut Pasca Persalinan

Kebanyakan orang terbiasa dengan latihan inti seperti planks atau side planks. Sementara itu adalah dua latihan inti yang sangat baik, kali ini kami ingin membahas beberapa gerakan yang tidak bisa digunakan.

Padahal latihan ini sangat mempengaruhi kekuatan dan fungsi otot inti. Meskipun kelihatannya lembut atau sederhana, yang penting masing-masing latihan ini tidak dilebih-lebihkan untuk pemula.

1. Sit Up

1. Sit Up
livestrong.com

Mulailah dengan sit up. Otot perut secara keseluruhan sangatlah besar. Lakukan sit up 20 kali sebanyak 3 set di waktu yang terpisah. Misalkan lakukan saat pagi, sore dan malam hari.

2. Leg lift

2. Leg lift
stylesofliving.com

Latihan dasar leg lift ini untuk membentuk perut bagian bawah. Otot inti bagian bawah memang agak susah dibentuk, tapi kamu tetap harus mencobanya. Berbaringlah di atas matras dengan kaki lurus. Perlahan angkat kaki ke atas dengan keadaan tetap lurus membentuk posisi vertikal. Buat hitungan sampai 8 dan turunkan dengan perlahan. Jaga kaki tetap pada keadaan lurus.

Editors' Picks

3. Bycicle crunch

3. Bycicle crunch
popsugar.com

Buat gerakan seperti mengayuh sepeda dalam keadaan telentang. Taro tangan di belakang kepala, dan hadapkan kening ke arah dengkul setiap kaki membuat posisi lekukakan. Angkat lutut kiri ke dada kanan dan begitu sebaliknya.

Ini melatih otot perut bagian samping. Otot miring yang bagus bisa memperindah perut kamu. Buat gerakan sebanyak 20 kali dan lakukan 3 set diwaktu yang terpisah juga.

4. Plank dasar

4. Plank dasar
howcast.com

Setelah sit up lakukan gerakan plank dasar dan menyamping. Lakukan dengan jumlah yang sama seperti kamu melakukan sit up.

5 Cara Latihan Dasar Membentuk Otot Perut Pasca Persalinan
howcast.com

5. Plank climb

5. Plank climb
howcast.com

Gerakan plank seperti memanjat. Dilakukan pada posisi menghadap matras. Awalnya kaki kamu lurus, tubuh kamu dibebankan ke kedua tangan. Gerakan ini melatih otot perut sekaligus lengan kamu.

Lakukan dengan disiplin selama 30 hari. Kamu bisa menambahkan hitungan perset jika tubuh kamu sudah beradaptasi dengan gerakan-gerakan di atas.

Itulah 5 latihan dasar untuk membentuk otot perut kamu pasca persalinan. Katakan selamat tinggal pada perut besar yang menyimpan banyak air. Semangat ya, Ma!

Baca juga: 5 Artis yang Sukses Diet Menurunkan Berat Badan

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!