6 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan agar Tak Buncit

Ada ragam cara yang bisa Mama lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan

9 Oktober 2020

6 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan agar Tak Buncit
Pixabay/Tumisu

Setelah melahirkan, masalah perut buncit biasanya dialami banyak perempuan. Mama yang mengalaminya tentu ingin bentuk perutnya kembali langsing agar dapat lebih percaya diri dengan penampilan.

Mama berpikir untuk melakukan diet agar perut terlihat lebih kecil? Eits, tunggu dulu Ma. Para ahli tidak menyarankan Mama untuk melakukan diet karena kehilangan banyak kalori dalam waktu singat bukanlah cara yang baik, terlebih jika Mama sedang menyusui.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut Popmama.com rangkum cara mengecilkan perut setelah melahirkan, dilansir dari laman Livestrong:

1. Menyusui secara rutin

1. Menyusui secara rutin
Freepik/Yanalya

Tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Ma, menyusui si Kecil juga membawa manfaat dalam membantu menurunkan berat badan, termasuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

Sebab menyusui merupakan salah satu cara untuk membakar kalori tubuh, terutama pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan. berat badan mama dapat berkurang dengan cepat.

Mama tak percaya? Ada penelitiannya lho! Studi tahun 2013 yang dilakukan oleh Clinical and Experimental Obstetrics and Gynocology mengungkap bahwa perempuan yang menyusui secara eksklusif dapat menurunkan berat badan lebih mudah selama enam bulan pertama setelah melahirkan.

2. Tidur yang cukup

2. Tidur cukup
Freepik

Mendapati waktu tidur yang cukup pasca melahirkan memang bukan hal yang mudah, Ma. Rengekan si Kecil dan jam tidur yang belum teratur membuat Mama harus terbangun untuk menemaninya atau menyusuinya.

Namun Mama harus tahu, mencukupi waktu tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan jangka panjang. Termasuk dapat menjaga, bahkan menurunkan berat badan mama.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Sleep pada tahun 2005 mengungkap bahwa seseorang yang tidurnya kurang dari tujuh jam cenderung memiliki tubuh yang lebih gemuk. Sebab tidur memengaruhi berbagai macam hormon dalam tubuh, termasuk hormon kortisol.

Jadi sempatkan waktu untuk tidur ya Ma, atau ajak Papa untuk saling berbagi peran agar Mama mendapatkan istirahat yang cukup.

Editors' Picks

3. Konsumsi makanan sehat

3. Konsumsi makanan sehat
Freepik/Freepic.diller

Terdengar sepele, namun kenyataannya konsumsi makanan sehat setelah melahirkan mampu membantu mengecilkan perut setelah melahirkan.

Mama disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, makanan berserat tinggi, buah-buahan, sayur-sayuran, lemak tak jenuh, dan juga biji-biijian.

Makanan dengan kandungan tersebut selain bernutrisi juga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan menghindari konsumsi makanan cepat saji, Mama juga harus memastikan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik.

Minum air yang cukup setidaknya delapan gelas sehari agar elastisitas kulit tetap terjaga dan berat badan dapat segera turun. Nah yang pasti, jangan coba untuk melakukan diet tanpa pengawasan dokter ya, Ma, karena selain dapat menurunkan produksi ASI, metabolisme tubuh juga bisa terganggu.

4. Berolahraga

4. Berolahraga
Pexels/Josh Willink

Memang bukan hal yang mudah untuk melakukan olahraga setelah melahirkan. Namun jika Mama ingin berat badan segera turun dan mengecilkan perut setelah melahirkan, Mama harus meluangkan waktu untuk berolahraga.

Tak harus melakukan olahraga berat kok, Mama dapat melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki di sekitar kompleks perumahan, melakukan peregangan, atau senam aerobik di rumah. Jika memiliki waktu lebih, Mama bisa mengikuti kelas yoga setelah melahirkan atau berenang.

Olahraga setelah melahirkan mungkin baru bisa Mama lakukan setelah enam minggu pasca melahirkan. Namun, Mama bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kapan waktu olahraga yang tepat dan olahraga apa yang cocok untuk membantu mengecilkan perut.

Yang pasti, olahraga tak hanya membantu mengecilkan perut dan menurunkan berat badan saja, tetapi juga membuat Mama lebih berenergi dan lebih bugar.

5. Konsumsi teh hijau

5. Konsumsi teh hijau
Freepik

Selain menerapkan pola makan yang sehat, minum teh hijau juga menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Mama coba. Teh hijau mengandung antioksidan sehingga mampu meningkatkan pemecahan sel-sel lemak sehingga pembakaran lemak pun menjadi jauh lebih cepat.

Namun jangan konsumsi secara berlebih ya, Ma, karena akan ada efek sampingnya terhadap kesehatan.

Nah selain konsumsi teh hijau, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga dapat membantu penurunan berat badan. Dilansir dari laman Parents, vitamin C mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengoksidasi lemak dan mengubahnya menjadi energi. Jadi , perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C yuk, Ma, agar perut mama dapat terlihat lebih langsing.

6. Kelola stres

6. Kelola stres
Freepik

Banyak Mama yang mengalami stres setelah melahirkan karena belum terbiasa dengan peran baru sebagai orangtua dan rutinitas baru setelah melahirkan.

Mama yang mengalaminya harus mengelola stres dengan baik, karena stres dapat memengaruhi kinerja hormon kortisol. Nah saat hormon kortisol diproduksi berlebih, maka tekanan darah mama dapat naik dan dapat meningkatkan selera makan, terutama makanan yang tinggi lemak dan gula.

Jika Mama mengalami stres, cobalah untuk bersikap tenang. Tutup mata mama dan tarik napas dalam, lalu hembuskan kembali secara perlahan. Cara ini dapat mengurangi stres yang Mama alami.

Nah, itulah enam cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Mama lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.