Bolehkah Ibu Menyusui Makan Sushi? Cari Tahu Faktanya Yuk Ma!

Simak faktanya sebelum mengonsumsi sushi ya

17 Mei 2022

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Sushi Cari Tahu Fakta Yuk Ma
Freepik

Tak sedikit dari Mama menyusui yang merasa khawatir mengonsumsi sesuatu, lantaran takut bisa memengaruhi produksi maupun kualitas ASI. Karena diyakini setiap apa yang dikonsumsi busui akan diteruskan ke bayi melalui ASI.

Nah salah satu yang sering jadi pertanyaan yaitu bolehkah Ibu menyusui makan sushi. Banyak Mama yang merasa ragu karena beberapa jenis sushi menggunakan ikan mentah, yang berisiko terkontaminasi bakteri dan parasit yang berbahaya. Padahal jika Mama mengonsumsinya dengan cara yang tepat, makan sushi selama menyusui boleh-boleh saja kok.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum informasi mengenai bolehkah Ibu menyusui makan sushi. Simak fakta selengkapnya yuk Ma!

1. Bolehkah Ibu menyusui makan sushi?

1. Bolehkah Ibu menyusui makan sushi
Freepik/drobotdean

Dilansir dari Verywell Family, ikan merupakan sumber protein tanpa lemak dan vitamin yang baik untuk Ibu menyusui dan juga bayinya. Menurut seorang konsultan laktasi bersertifikat di Texas, Jean Hawney, Ibu menyusui tidak perlu menghindari sushi asalkan semua bahannya berasal dari sumber yang aman.

Namun meski demikian, Mama sangat dianjurkan untuk menghindari ikan dengan kandungan merkuri tinggi. Ini karena merkuri merupakan neurotoksin, suatu zat yang berbahaya dan memiliki efek negatif terutama pada jaringan saraf.

Editors' Picks

2. Apakah sushi aman untuk bayi yang menyusu?

2. Apakah sushi aman bayi menyusu
Freepik

Setelah mengetahui kalau busui boleh makan sushi, tentu Mama juga bertanya-tanya apakah sushi aman untuk bayi yang disusui?

Seperti diketahui, setiap apa yang dikonsumsi oleh Mama menyusui sedikit banyak akan diteruskan ke bayi melalui ASI. Untuk itu, Mama perlu ekstra berhati-hati dalam mengonsumsi suatu jenis makanan maupun minuman.

Sushi aman untuk bayi yang menyusu, asalkan Mama benar-benar memperhatikan kualitas sushi yang dimakan.

Karena kebanyakan sushi menggunakan ikan mentah, sebaiknya pilihlah ikan yang tidak mengandung merkuri, guna mengurangi risiko bayi terpapar racun ini.

Karena faktanya, ikan mentah bisa mengandung banyak bakteri dan parasit. Dimana ini bisa menimbulkan food borne disease atau penyakit yang disebabkan oleh kontaminasi bakteri pada makanan.

3. Manfaat makan sushi selama menyusui

3. Manfaat makan sushi selama menyusui
Pixabay/live-green-magazine

Secara umum, ikan atau makanan laut merupakan salah satu sumber diet sehat yang harus dikonsumsi oleh Mama menyusui. Tak hanya ikan, di dalam sushi juga terdapat nasi serta sayuran seperti timun, wortel, jamur dan buah alpukat. Semua jenis makanan ini tentu bisa berkontribusi untuk kesehatan tubuh Mama dan bayi.

Berikut manfaat makan sushi selama menyusui:

  • Mengandung asam lemak omega 3 untuk kesehatan Mama dan bayi

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan dalam sushi, penting untuk perkembangan otak, mata dan sistem saraf bayi. Selain itu, untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal American Heart Association merekomendasikan Mama untuk makan setidaknya 2 porsi ikan setiap minggu, ini setara dengan 6-8 ons.

  • Mengandung vitamin D untuk tulang yang sehat

Vitamin D dalam ikan dibutuhkan untuk mendukung perkembangan tulang yang sehat pada bayi, serta memaksimalkan penyerapan kalsium dan fosfor. Sedangkan untuk Mama, vitamin D bantu membangun kekuatan tulang serta menjaga kesehatannya.

  • Mengandung vitamin B12 untuk mencegah anemia

Vitamin B12 pada ikan sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, vitamin B12 juga bantu menjaga sel-sel darah dan saraf tubuh, agat tetap sehat dan terhindar dari anemia. Anemia merupakan kondisi kurang darah yang menyebabkan Mama merasa lelah dan lemah saat menyusui.

  • Kandungan yodium pada nori untuk tumbuh kembang bayi

Umumnya sushi disertai dengan nori, sejenis rumput raut kering yang mengandung yodium baik. Yodium ini penting untuk fungsi tiroid, yang akan menghasilkan hormon untuk membantu perkembangan tulang dan otak bayi.

4. Cara aman mengonsumsi sushi bagi Ibu menyusui

4. Cara aman mengonsumsi sushi bagi Ibu menyusui
Freepik/artursafronovvvv

Meksi diperbolehkan, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan sebelum makan sushi.

  • Makanlah sushi di restoran yang sudah terjamin kualitasnya.
  • Pastikan sushi terbuat dari bahan-bahan yang segar.
  • Hati-hati dalam memilih jenis sushi, beberapa mungkin menggunakan ikan dengan kandungan merkuri tinggi yang tentu saja harus dihindari.
  • Batasi konsumsinya, karena apapun yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.
  • Jika Mama pernah mengalami keracunan makanan laut, sebaiknya lebih selektif memilih jenis sushi ya.

5. Perhatikan Ma, ini jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh Ibu menyusui

5. Perhatikan Ma, ini jenis ikan aman dikonsumsi oleh Ibu menyusui
Freepik/dashu83

Supaya Mama nggak bingung lagi, berikut ini beberapa pilihan ikan dan makanan laut terbaik yang bisa dikonsumsi oleh Ibu menyusui menurut United States Food and Drug Administration (FDA). Untuk ikan diantaranya teri, kod, haring, kembung, pollock, salmon, sarden, nila, dan tuna. Sedangkan makanan laut lainya yang baik dikonsumsi busui yakni kerang, kepiting, tiram, serta udang.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai bolehkah Ibu menyusui makan sushi. Meski diperbolehkan, ada baiknya Mama perhatikan faktor keamanan dan kesehatan sebelum mengonsumsinya ya. Semoga informasi ini bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk