TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jalani Puasa, Nagita Slavina Alami Gemetar setelah Pumping ASI

Rasa gemetar yang dialami Mama Gigi biasanya muncul jelang pukul empat sore

18 April 2022

Jalani Puasa, Nagita Slavina Alami Gemetar setelah Pumping ASI
Instagram.com/raffinagita1717

Di momen Ramadan tahun 2022, Nagita Slavina atau yang kerap disapa Gigi, masih menyandang status sebagai Ibu menyusui. Ini lantaran anak keduanya yakni Rayyanza Malik Ahmad masih berusia empat bulan. 

Meski sedang menyusui, Nagita rupanya tetap menjalani ibadah puasa. Ia mengungkapkan kalau puasa satu hari penuh akan dijalani, jika memang tubuhnya kuat. Jika tidak, ia tak ingin memaksakan kondisi.

Namun belum lama ini pada Kamis (14/4), lewat sebuah video di laman YouTube Rans Entertainment, Nagita mengatakan kalau tubuhnya mengalami gemetar di sore hari, setelah menyusui dan pumping ASI. Hebatnya, ini tak jadi penghalang Nagita untuk membatalkan puasanya. 

Seperti apa cerita Nagita Slavina alami gemetar setelah pumping ASI? Berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya.

1. Nagita Slavina tetap berpuasa meski sedang menyusui Rayyanza

1. Nagita Slavina tetap berpuasa meski sedang menyusui Rayyanza
Instagram.com/raffinagita1717

Meski sedang menyusui, Nagita Slavina tetap berusaha menjalani kewajibannya sebagai umat Muslim untuk berpuasa.

Ini diketahui setelah Mama dua orang anak tersebut mengungkapkannya melalui salah satu video YouTube RANS Entertainment. 

Nagita menjelaskan kalau dirinya akan mencoba berpuasa penuh sejak hari pertama Bulan Ramadan. Namun, ia juga tak ingin memaksakan diri jika memang kondisi tubuhnya tidak memungkinkan. 

Editors' Picks

2. Nagita Slavina alami gemetar setelah pumping ASI

2. Nagita Slavina alami gemetar setelah pumping ASI
Youtube.com/Rans Entertainment

Melalui video yang diunggah di kanal YouTube Rans Entertainment pada Kamis (14/4), perempuan kelahiran 17 Februari 1988 tersebut mengakui kalau ia merasa gemetar di sore hari, terutama setelah melakukan pumping ASI.

Sambil duduk di sofa, Mama Gigi  bercerita jika di hari sebelumnya ia sanggup berpuasa sambil menyusui Rayyanza. Hanya saja ada satu kendala yang dihadapinya jelang pukul emapt sore, terutama setelah menyusui dan memompa ASI.

“Kemarin tuh sanggup, cuma setiap habis nyusuin sama pompa, gini, gemetar,” kata Nagita.

3. Tak ingin mengganti puasa, jadi alasan Nagita tetap berpuasa meski sedang menyusui

3. Tak ingin mengganti puasa, jadi alasan Nagita tetap berpuasa meski sedang menyusui
Youtube.com/Rans Entertainment

Ibu menyusui memang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, terutama jika ia mengkhawatirkan kondisi dirinya, anaknya, atau keduanya. Jika tidak berpuasa, Ibu menyusui pun memiliki kewajiban mengganti puasanya di hari lain, seperti dilansir dari NU Online. 

Hal inilah yang menjadi alasan dari Nagita Slavina, hingga akhirnya ia memutuskan untuk tetap menjalankan puasa Ramadan, meski sedang menyusui.

“soalnya aku tuh males kalo misalnya harus ganti (puasa). Kan kalau nyusuin sama hamil tetap harus ganti. Bayangin sebulan ngeganti,” ungkapnya.

4. Minta pendapat warganet yang menjalani ibadah puasa sambil menyusui

4. Minta pendapat warganet menjalani ibadah puasa sambil menyusui
Instagram.com/raffinagita1717

Dalam video tersebut, Nagita juga sempat mengajak warganet untuk sharing, terutama bagi Ibu menyusui yang juga menjalani puasa Ramadan tahun ini. Ternyata, tak sedikit dari warganet yang mengalami hal serupa.

Moh- Puasa n menyusui lebih berat dari saat mengandung biasanya pada gak kuat lho. mama gigi MasyaAllah tabarakallah semoga puasa ramadhannya full.. n anak anaknya jadi anak yang soleh.

Purwinda Herin- Alhamdulillah saya punya 2 anak moms, semuanya pas Ramadhan menyusui dan pompa ASI. Apalagi kalo masih ASI eksklusif kan gak mens, jadi bisa full moms sebulan. Kuncinya cukup minum air, minimal 8 gelas sehari. Trus pas sahur minum air nabez (rendeman susu plus kurma trus dijus). InshaAllah kuat moms.

Yuniar Septi- Saya puasa sambil menyusui bnr2 pgn pingsan rasanya apalagi mompa jg..padahal pas hamil kuat..tp kalo menyusui memang bnr2 harus kenyang perut ya..itu menurut pengalaman ku. 

5. Tips menjalani ibadah puasa bagi Ibu menyusui

5. Tips menjalani ibadah puasa bagi Ibu menyusui
Pexels/Cats Coming

Untuk Mama yang ingin menjalani ibadah puasa sambil menyusui seperti yang dilakukan Nagita Slavina, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Ini bisa jadi pedoman agar tubuh tetap fit saat berpuasa, dan bayi bisa menyusui dengan optimal.

  • Pastikan tubuh terhidrasi dengan minum air putih yang cukup.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 
  • Segerakan berbuka puasa dengan makan makanan berenergi tinggi. 
  • Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.
  • Konsumsi vitamin atau suplemen tambahan agar daya tahan tubuh terjaga.

Nah itulah tadi Ma, cerita Nagita Slavina alami gemetar setelah pumping ASI. Ibu menyusui memang diperbolehkan untuk berpuasa. Tapi ada baiknya perhatikan nutrisi dan kesehatan tubuh Mama, guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang dialami Mama Gigi.

Tetap semangat dalam berpuasa dan menyusui si Kecil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk