7 Rekomendasi Obat Maag untuk Ibu Menyusui yang Aman Digunakan

Gunakan obat sesuai petunjuk dan aturan pakai ya Ma!

1 Juli 2022

7 Rekomendasi Obat Maag Ibu Menyusui Aman Digunakan
Freepik/sitthiphong

Menderita sakit maag saat sedang menyusui tentu bisa bikin tubuh terasa tidak nyaman.

Sakit maag umumnya ditandai dengan perut kembung, asam lambung naik, hingga sering bersendawa. Dimana hal ini secara tidak langsung bisa menghambat proses menyusui dan menyebabkan bayi tidak bisa mendapakan ASI secara optimal.

Jika mengalami sakit maag, Mama perlu menanganinya dengan mengonsumsi obat. Namun hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan ya. Sebab, beberapa jenis obat dapat terserap ke dalam ASI dan bisa menimbulkan efek samping pada bayi.

Karena itu, kali ini Popmama.com akan berikan 7 rekomendasi obat maag untuk Ibu menyusui yang aman digunakan.

1. Antasida Doen

1. Antasida Doen
Tokopedia.com

Menurut Breastfeeding Medicine, antasida pada dasarnya aman diminum oleh Mama menyusui untuk membantu meredakan gejala maag. Nah salah satu yang bisa Mama coba adalah antasida doen.

Antasida doen mengandung alumunium hydroxide dan magnesium hydroxide. Dimana kombinasi keduanya akan bekerja menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin, sehingga rasa tidak nyaman akibat maag bisa mereda.

Obat antasida doen bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 5.000 per strip.

2. Mylanta

2. Mylanta
shopee.co.id

Mylanta jadi salah satu rekomendasi obat maag untuk Ibu menyusui. Mylanta cukup aman dikonsumsi karena tergolong ke dalam obat antasida. Dimana di dalamnya terkandung alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida.

Namun, karena kandungan tersebut bisa terserap ke dalam ASI, sebaiknya Mama berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ya.

Obat mylanta bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 16.000 per botol isi 150 ml.

Editors' Picks

3. Omeprazole

3. Omeprazole
goapotik.com

Omeprazole merupakan obat golongan Proton Pump Inhibitor (PPI), yang umumnya aman untuk mengatasi maag pada Ibu menyusui. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi asam lambung, sehingga gejala maag bisa mereda.

Omeprazole diresepkan dokter untuk mengatasi gangguan lambung jangka pendek, umumnya hanya untuk pemakaian 2 minggu saja. Nah jika Mama ingin menggunakan obat ini, tentunya harus memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter ya.

Omeprazole bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 3.500 per strip isi 10 tablet.

4. Polysilane

4. Polysilane
Tokopedia.com

Polysilane bisa jadi pilihan obat untuk mengatasi maag pada Ibu menyusui. Obat yang satu ini mengandung antasida (alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida) serta simethicone. Dimana semua kandungan tersebut diketahui aman untuk digunakan Mama yang sedang menyusui.

Meskipun bisa dibeli tanpa resep dokter, ada baiknya saat menggunakan obat ini Mama mengikuti cara penggunaan dan aturan dosis yang tersedia dalam kemasannya ya. Sebab penggunaan yang asal-asalan tentu bisa menimbulkan efek samping pada tubuh termasuk pada bayi yang sedang menyusu.

Obat polysilane bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 35.000 per botol ukuran 180 ml.

5. Promag

5. Promag
Blibli.com

Promag bisa digunakan untuk mengatasi maag pada Mama menyusui. Penggunaan promag baik yang tablet maupun cair, dianggap aman untuk bayi meski bisa terserap ke dalam ASI.

Selain bantu menetralkan asam lambung, promag juga bisa memberikan manfaat lain Ma. Dimana asam alginate di dalamnya dapat membentuk sekat antara lambung dan kerongkongan, sehingga asam lambung yang naik tidak akan mengganggu fungsi kerongkongan.

Obat promag bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 8.000 per strip isi 10 tablet.

6. Ranitidine

6. Ranitidine
promed.co.id

Rekomendasi obat maag untuk Ibu menyusui berikutnya yaitu ranitidine. Ranitidine merupakan salah satu jenis obat golongan H2 Histamine Blocker, yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan lambung dan pencernaan.

Sejauh ini, obat jenis H2 Histamine Blocker diyakini tidak menimbulkan risiko yang signifikan pada Ibu menyusui dan bayi. Namun, Mama tetap perlu berhati-hati saat menggunakannya ya. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui cara pakai dan dosis yang tepat.

Obat ranitidine bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 5.600 per strip isi 10 tablet.

7. Waisan

7. Waisan
apotek24jam.id

Wasian adalah obat untuk meredakan gejala akibat asam lambung naik, gastritis dan tukak lambung. Obat ini dinilai amanu untuk Ibu menyusui karena termasuk ke dalam golongan obat antasida. Di dalamnya terkandung alumunium hidroksida, magnesium hidroksida, simethicone, dan hydrotalcite.

Dalam mengonsumsi obat ini, Mama wajib mengikuti semua petunjuk pemakaian obat yang ada pada kemasan ya. Jika ragu, konsultasikan diri terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan obat waisan.

Obat waisan bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 10.000 per box isi 12 sachet.

Nah itulah tadi 7 rekomendasi obat maag untuk Ibu menyusui yang aman digunakan. Selain minum obat, jangan lupa untuk menjaga pola makan sehat serta hindari makanan pedas dan bergas ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk