Lengkapi Asupan Nutrisi, Ini 7 Rekomendasi Suplemen untuk Ibu Menyusui

Saat Mama menyusui, maka secara tidak langsung Mama membagi nutrisi di dalam tubuh untuk si Kecil

16 September 2020

Lengkapi Asupan Nutrisi, Ini 7 Rekomendasi Suplemen Ibu Menyusui
Freepik

Saat Mama menyusui, maka secara tidak langsung Mama membagi nutrisi di dalam tubuh untuk si Kecil. Mama akan kehilangan kalori dan vitamin karena menyusui. Akibatnya, Mama biasanya sering merasa lapar ketika menyusui.

Mama bisa mulai mengonsumi makanan yang mengandung protein untuk mengembalikan energi setelah menyusui. Namun, mengonsumsi makanan saja tidak cukup, Mama juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral agar Mama tetap sehat selama menyusui si Kecil.

Berikut Popmama.comtelah merangkum tujuh rekomendasi suplemen untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi.

1. Asifit

1. Asifit
shopee.co.id

Asifit adalah produk suplemen asli Indonesia yang mengandung ekstrak daun katuk dan vitamin B kompleks. Kandungan nutrisi dalam produk Asifit bisa menjaga stamina mama selama menyusui. Asifit juga bisa melancarkan produksi ASI mama tanpa membahayakan tumbuh kembang bayi.

Harganya pun relatif murah yakni Rp 35.000  sampai Rp 40.000. Mama bisa mengonsumsi suplemen ini tiga kali sehari.

2. Goat’s Rue Mommy Knows Best

2. Goat’s Rue Mommy Knows Best
shopee.co.id

Bagi Mama yang memiliki alergi terhadap fenugreek, maka Mama dapat mengonsumsi produk goat’s rue. Produk ini terbuat dari bahan herbal di mana dua kapsulnya mengandung goat’s rue yang mampu meningkatkan produksi ASI dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Produk ini memang dijual cukup mahal yakni Rp 600.000, namun Mama tidak membutuhkan suplemen lainnya lagi untuk mengatur kadar gula selama menyusui si Kecil. Mama bisa mengonsumsi empat kapsul sehari.

Editors' Picks

3. Herbs of Gold Breastfeeding Support

3. Herbs of Gold Breastfeeding Support
shopee.co.id

Produk ini mengandung tumbuhan herbal blessed thistle dan fenugreek yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI dan menjaga stamina mama sepanjang hari. Suplemen ini cocok dikonsumsi Mama yang sedang diet vegetarian karena semua bahannya berasal dari tumbuhan, Mama bisa mengonsumsi satu tablet dua kali sehari untuk menjaga stamina serta asupan vitamin dan mineral dalam tubuh selama menyusui.

4. Nature Plus Prenatal Complex

4. Nature Plus Prenatal Complex
shopee.co.id

Produk ini mengandung iodine yang bermanfaat untuk perkembangan kemampuan kognitif bayi. Tak hanya itu, produk ini juga mengandung kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang mama serta vitamin A yang mampu membentuk protein dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mama selama menyusui.

Jadi, Mama tidak perlu khawatir karena kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh tetap terpenuhi walaupun Mama sedang menyusui si Kecil.

5. Nature’s Way Fenugreek Seed

5. Nature’s Way Fenugreek Seed
shopee.co.id

Seperti Mama tahu, kandungan Fenugreek mampu meningkatkan produksi ASI karena mengandung fitoestrogen yang bisa memicu produksi ASI lebih banyak. Tak hanya meningkatkan produksi ASI, saat Mama mengonsumsi produk ini maka Mama tetap merasa fit sepanjang hari.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Mama sebaiknya mengonsumsi dua kapsul Nature’s Way Fenugreek Seed dua kali sehari. Satu botol produk ini berisi 100 suplemen yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh mama.

Pink Stork True Milk

Pink Stork True Milk
amazon.com

Keunggulan suplemen ini adalah memperbaiki rasa ASI sekaligus meningkatkan kuantitasnya. Sehingga Mama tidak perlu khawatir lagi si Kecil akan menangis karena tidak menyukai rasa ASI mama. Pasalnya, kandungan herbal dalam suplemen ini mampu membuat rasa ASI menjadi lebih manis.

Bahan-bahan organik dalam suplemen ini aman dikonsumsi. Harga produk ini adalah Rp 365.000 sampai Rp 370.000.

Sweet Leaf Extract Powder

Sweet Leaf Extract Powder
shopee.co.id

Produk ini cocok untuk Mama yang tidak suka mengonsumsi suplemen dalam bentuk tablet. Produk dari Herbilogy ini hadir dalam bentuk serbuk yang terbuat dari 100 persen ekstrak daun katuk tanpa bahan tambahan. Sehingga aman dikonsumsi Mama yang sedang menyusui.

Satu sendok teh Sweet Leaf Extract Powder setara dengan semangkuk daun katuk. Jadi, Mama tidak perlu repot mencari daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI. Mama hanya perlu mencampur bubuk ini dalam air hangat dan dapat dikonsumsi tiga kali sehari. Produk ini dipatok dengan harga Rp 65.000 sampai Rp 70.000.

Nah, itulah suplemen untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi. Nutrisi dalam suplemen tentu akan diserap oleh si Kecil. Oleh karena itu Mama harus memilih suplemen yang bebas bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan.

Mama harus memastikan suplemen aman dikonsumsi untuk Mama dan si Kecil. Apabila Mama masih ragu tentang kandungan dalam suplemen yang Mama pilih, maka konsultasikanlah kepada dokter terlebih dahulu.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.