Ingin Tampil Cantik? Ini 5 Rekomendasi Makeup untuk Ibu Menyusui

Meski sedang menyusui, Mama tetap bisa berdandan

20 Juni 2020

Ingin Tampil Cantik Ini 5 Rekomendasi Makeup Ibu Menyusui
Freepik

Sebagian besar wanita suka berdandan, mungkin Mama termasuk salah satunya. Namun bagaimana jika Mama sedang menyusui? Apakah Mama boleh tetap menggunakan kosmetik?

Ibu menyusui harus selektif memilih kosmetik atau makeup apa yang dipakainya, karena kandungan di dalam kosmetik bisa berpengaruh pada ASI.

Jika kosmetik yang dipakai mengandung zat kimia berbahaya, hal itu akan berdampak buruk pada perkembangan bayi.

Ibu menyusui memang disarankan untuk tidak memakai kosmetik untuk sementara waktu sampai selesai masa menyusui. Namun jika ini merupakan kebutuhan, misalnya pekerjaan mama membuat Mama harus menggunakan kosmetik, Mama harus memastika kosmetik yang digunakan aman.

Kosmetik yang Mama pilih tidak mengandung bahan kimia berbahaya, menggunakan bahan alami, dan memiliki sertifikat BPOM.

Mama dapat dengan mudah melakukan pengecekan terhadap produk kosmetik melalui situs resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) di sini. Kosmetik yang terdaftar dalam BPOM adalah produk yang telah mendapatkan izin edar secara resmi.

Untuk membantu Mama memilih kosmetik yang bisa digunakan selama menyusui, berikut Popmama.com mengulas lima rekomendasi merek kosmetik yang aman untuk ibu menyusui:

1. Mineral Botanica

1. Mineral Botanica
shopee.com

Mineral Botanica adalah makeup yang aman untuk ibu menyusui. Mineral Botanica telah mengeluarkan beberapa varian perawatan kulit dan kosmetik yang diproduksi dari bahan-bahan alami yang dapat membantu regenerasi kulit. Bahan baku Mineral Botanica ini berasal dari sari tumbuhan sebagai zat aktif dan penggunaan mineral.

Selain itu, Mineral Botanica memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Tidak berbahaya bagi kulit dan lingkungan.
  • Dibuat dari bahan yang alami dan cocok untuk semua jenis kulit.
  • Ramah lingkungan.
  • Produk bervariasi.
  • Bahan baku halal karena dibuat dengan bahan alami dan bebas bahan paraben.

Nah, beragam keunggulan di atas membuat merek ini aman digunakan untuk Mama selama menyusui si Kecil.

Editors' Picks

2. Wardah

2. Wardah
youtube/putriyustika

Siapa yang tidak kenal dengan merek yang satu ini? Wardah terkenal dengan produknya yang aman dan tanpa bahan kimia berbahaya. Maka tidak heran jika produk Wardah juga aman bagi ibu menyusui.

Kosmetik Wardah telah lolos dari pengujian ketat dan telah teruji tidak mengandung bahan-bahan non-halal dan berbahaya, seperti kolagen yang diambil dari babi, sapi, dan organ manusia, cairan ketuban, serta plasenta.

Wardah tidak mengandung bahan-bahan retinol, paraben, phthalates, benzoil peroksida, dan juga merkuri.

Wardah juga telah terdaftar pada BPOM. Ini berarti produk-produknya telah teruji tidak mengandung formula kimiawi berbahaya.

3. The Body Shop

3. The Body Shop
naheed.pk

Semua produk The Body Shop dikenal ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Ini dapat menjadi pilihan Mama untuk tampil cantik ketika masih menyusui.

Selain itu, produk The Body Shop menggunakan 100 persen bahan vegetarian dan bekerja di lapisan luar kulit. Ini berarti, hanya bekerja di lapisan terluar kulit yaitu epidermis dan tidak akan terbawa oleh aliran darah, sehingga aman untuk digunakan selama menyusui, Ma.

The Body Shop juga memiliki banyak pilihan produk, mulai dari produk perawatan muka, makeup, body care, sampai parfum.

4. Dear Me Beauty

4. Dear Me Beauty
Sociolla.com

Merek Dear Me Beauty merupakan salah satu merek makeup yang tidak menggunakan paraben. Karena penggunaan paraben pada kulit ibu menyusui akan memengaruhi kadar hormon selain itu juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Salah satu produk keluaran merek ini adalah Dear Me Airy Poreless Powder yang mampu menyamarkan garis halus dan pori-pori. Bedak ini formulanya sangat ringan dan tidak menyumbat pori-pori sehingga sangat cocok untuk digunakan sehari-hari.  

5. Zoya

5. Zoya
shopee.com

Produk kosmetik Zoya juga diklaim menjadi produk yang aman bagi ibu hamil maupun menyusui. Karena menggunakan bahan baku yang 100 persen dari bahan alami, Ma. Sehingga tidak mengganggu produksi ASI yang dapat memengaruhi bayi.

Tidak hanya itu, Ma, Zoya juga sudah mendapatkan ijin edar dari BPOM serta sudah lulus uji halal dan keamanan untuk ibu hamil nih, Ma. 

Salah satu produk Zoya yang dapat Mama coba adalah loose powder. Memiliki tingkat coverage dan ketahanan yang cukup tinggi, bedak ini mampu menahan minyak berlebih pada wajah. Teksturnya yang ringan dan tahan lama akan terasa nyaman digunakan sehari-hari.

Itulah lima rekomendasi merek makeup yang aman bagi ibu menyusui. Pastikan pula untuk tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai produk perawatan wajah yang Mama gunakan. Upaya ini harus dilakukan karena terdapat zat-zat kimia di dalam produk-produk perawatan wajah yang harus dihindari karena dapat memengaruhi produksi ASI.

Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.