Penyebab Jahitan Melahirkan Normal Masih Terasa Sakit

Kenapa ya, kok masih terasa sakit terus-menerus nih

24 Desember 2019

Penyebab Jahitan Melahirkan Normal Masih Terasa Sakit
Freepik/freepic.diller

Apa gangguan yang sering dikeluhkan oleh Mama yang baru menjalani persalinan normal? Salah satunya adalah jahitan masih terasa sakit dan tidak nyaman setelah persalinan normal. 

Perubahan tubuh pasca persalinan memang berbeda-beda. Tapi dari sekian banyak yang dialami oleh para mama adalah soal jahitan yang masih terasa nyeri. Padahal setelah melahirkan, mama harus menjaga si Kecil siang dan malam.

Berikut Popmama.com rangkum penyebabnya!

Editors' Picks

1. Penyebab jahitan masih nyeri setelah melahirkan normal

1. Penyebab jahitan masih nyeri setelah melahirkan normal
bundoo.com

Bekas jahitan pasca melahirkan sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 minggu. Namun pada beberapa kejadian bisa terjadi komplikasi.

Komplikasi pasca persalinan yang umum terjadi adalah infeksi pada bagian jahitan dan komplikasi luka vagina yang ditandai dengan terjadinya perdarahan hebat. Komplikasi luka vagina ini terjadi akibat adanya luka atau robekan pada vagina atau leher rahim, biasanya setelah persalinan selesai hal ini baru diketahui. Ini tidak umum, tapi ada juga robekan terjadi sampai anus dan menyebabkan perdarahan.

Bagusnya bila tidak ada komplikasi seperti disebutkan di atas, dalam 2-3 minggu rasa nyeri perlahan semakin berkurang kemudian menghilang.

Bila setelah 3 minggu nyeri masih sering terasa, kemudian kamu mengalami demam ditandai suhu tubuh di atas 37 C dan terasa menggigil, maka dicuragai kamu mengalami infeksi. 

2. Darah nifas yang keluar berwarna merah segar dan banyak, apakah normal?

2. Darah nifas keluar berwarna merah segar banyak, apakah normal
Unsplash/JoelValve

Jika ini terjadi setelah 3 minggu maka biasnaya warna darah nifas berubah menjadi kuning kecoklatan. Sebagian orang bahkan sudah memasuki warna darah nifas kuning atau bening.

Hal yang perlu kamu amati adalah, darah itu keluar dari vagina atau anus. Bila keluar dari anus, kemungkinan terjadi robekan yang berlebih pada saat persalinan normal berlangsung namun tidak tertangani dengan baik.

3. Jahitan dalam setelah melahirkan normal apakah bisa terbuka?

3. Jahitan dalam setelah melahirkan normal apakah bisa terbuka
Freepik

Perawatan itu penting guna mempercepat pemulihan luka dan mencegah agar infeksi tidak terjadi. Jahitan biasanya dirawat setelah persalinan, dan selama 6 jam pasca persalinan pemantauan kondisi kesehatan Mama masih terus diperhatikan.

Jahitan dalam biasanya tidak akan terbuka bila jahitan luar tidak terbuka.

Penyembuhan jaringan kulit yang lebih dalam bisa terganggu hingga menyebabkan luka menjadi kembali terbuka bila terjadi infeksi pada luka.

Setelah pulang ke rumah, aktivitas fisik juga kerap membuat jahitan jadi terasa nyeri. Hindari mengangkat terlalu berat, olahraga terlalu melelahkan, sehingga meminimalisir terjadinya pendarahan.

Jika terjadi perdarahan segera memeriksakan diri Mama ke bidan atau dokter kandungan agar bisa mengetahui penyebabnya dengan pasti.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.