Tips dan Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Simak tips berikut ini agar bisa tidur nyenyak di trimester pertama kehamilan!

11 Agustus 2022

Tips Posisi Tidur Baik Ibu Hamil Muda
Pexels/Ron Lach

Perubahan kebiasaan tidur ibu hamil di trimester pertama dipengaruhi oleh peningkatan hormon progesteron dalam tubuh. Karenanya, ibu hamil mudah kelelahan dan biasanya akan tidur malam lebih awal dari biasanya.

Namun sayangnya, ada beberapa ketidaknyamanan yang membuat ibu hamil sulit tidur nyenyak, misalnya karena mual dan muntah sepanjang hari. Lantas, bagaimana caranya agar ibu hamil bisa tidur nyenyak?

Nah, kali ini Popmama.com akan menbahas tips dan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda. Yuk, simak artikel ini agar bisa mendapatkan tidur berkualitas di trimester pertama kehamilan!

Editors' Picks

Posisi Tidur yang Baik saat Hamil Trimester Pertama

Posisi Tidur Baik saat Hamil Trimester Pertama
Freepik/drobotdean

Saat masih di trimester pertama, ibu hamil bisa tidur dengan posisi apapun yang membuatnya nyaman, entah itu telentang, miring, atau lainnya. Namun jika tidak terbiasa tidur miring, ada baiknya mulai berlatih di trimester pertama ini.

Tidur miring dengan menghadap ke sebelah kiri sangat direkomendasikan untuk ibu hamil, khususnya di trimester kedua dan ketiga. Jadi saat masih di trimester pertama, ibu hamil bisa mulai mencoba tidur dengan posisi ini, ya.

Nah, ibu hamil bisa mulai tidur dengan posisi miring jika sudah merasa tidak nyaman tidur telentang, bisa di akhir trimester pertama atau justru pertengahan trimester kedua. Sebab, setiap ibu hamil punya waktunya masing-masing.

Produk yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur saat Hamil Trimester Pertama

Produk Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur saat Hamil Trimester Pertama
Freepik/wayhomestudio

Saat hamil trimester pertama, ibu hamil biasanya merasakan beberapa gejala kehamilan, seperti mual dan muntah, pusing, lelah, hingga payudara yang semakin besar dan sensitif. Nah, agar bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak, ibu hamil perlu menyadari apa saja gejala yang ia rasakan.

Jika merasakan mual dan muntah, ibu hamil sebaiknya banyak minum air putih, jahe, atau minuman hangat lainnya. Jika merasakan pusing dan lelah, maka ibu hamil sebaiknya banyak istirahat di tempat yang tenang dan tidak terlalu banyak cahaya.

Sementara itu jika sudah mulai merasakan payudara yang semakin besar dan sensitif, ada baiknya untuk mulai mengganti bra yang berbahan lembut dan ukuran yang lebih besar.

Selain beberapa tips di atas, ada baiknya ibu hamil juga rutin mengonsumsi vitamin kehamilan yang sudah diresepkan dokter kandungan atau bidan. Dengan mengonsumsi vitamin tersebut, ibu hamil juga bisa terhindar dari berbagai gejala kehamilan yang bisa muncul karena kekurangan asupan nutrisi harian.

Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak saat Hamil Trimester Pertama

Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak saat Hamil Trimester Pertama
Pexels/Polina Kovaleva

Agar bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak, ibu hamil sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Buat rutinitas yang sehat sebelum tidur. Menggunakan laptop dan HP atau menonton TV sebelum tidur bisa membuat otak terus bekerja. Untuk menghindarinya, ibu hamil bisa membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, mandi air hangat, atau berhubungan seks bersama pasangan.
  • Perhatikan pola makan. Makan besar sebelum tidur bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Karenanya, ibu hamil bisa menggantinya dengan mengonsumsi cemilan ringan sebelum tidur. Jika merasa mual, makan dengan porsi kecil tapi sering juga akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.
  • Tetap terhidrasi. Meski harus minum banyak air putih, ada baiknya itu dilakukan sebelum mendekati jam tidur malam, sehingga ibu hamil bisa tidur dengan lebih nyenyak tanpa harus bolak-balik ke kamar mandi.
  • Beristirahatlah di tempat yang sejuk dan gelap. Ibu hamil biasanya akan lebih mudah kepanasan karena suhu tubuhnya meningkat. Karena itu, tempat yang sejuk dan gelap akan memudahkan ibu hamil beristirahat dan bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Nah, itu dia tadi tips dan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda. Semoga dengan mengikuti tips di atas, ibu hamil trimester pertama bisa tidur dengan lebih nyenyak, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk