Ini 5 Keluhan yang Sering Muncul di Usia Kandungan Ibu Hamil 2 Bulan

Mulai dari morning sickness hingga varises

5 Agustus 2021

Ini 5 Keluhan Sering Muncul Usia Kandungan Ibu Hamil 2 Bulan
Pexels/Anete Lusina

Trimester pertama adalah masa-masa yang membahagiakan sekaligus ibu hamil mulai menyusuaikan keadaan dirinya yang tengah berbadan dua. Mama mungkin tidak sabar untuk bisa melewati setiap fase kehamilan hingga nanti melahirkan.

Akan tetapi, pada trimester ini ada hal yang perlu diwaspadai yaitu keluhan-keluhan yang mulai muncul pada ibu hamil. Salah satunya perubahan yang terjadi ketika usia kehamilan dua bulan. 

Mama tidak perlu khawatir jika keluhan terasa masih dalam batas wajar dan normal. 

Lantas, apa saja keluhan ibu hamil dua bulan yang sering dialami? Berikut Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

1. Morning sickness

1. Morning sickness
Pexels/Andrea Piacquadio

Pada masa kehamilan usia dua bulan, ibu hamil akan sering merasakan mual dan muntah di pagi hari atau disebut dengan morning sickness. Morning sickness menjadi tanda kehamilan yang umum terjadi di trimester pertama. 

Penciuman yang sensitif membuat para ibu hamil akan merasa mual jika mencium aroma-arom tertentu, terutama yang menyengat. 

Meski demikian, untuk mengatasi morning sickness, ibu hamil dapat memerhatikan pola makannya. Hindari makanan yang berminyak, pedas, maupun mencium aroma menyengat.

Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang bergizi. 

Editors' Picks

2. Perut terasa kembung

2. Perut terasa kembung
Pexels/Garon Piceli

Keluhan selanjutnya adalah ibu hamil akan merasa kembung. Ini disebabkan oleh adanya peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh, akibatnya otot-otot yang terdapat pada perut dan pencernaan akan mengalami relaksasi dan seolah-olah perut terasa kembung. 

Untuk mengatasinya, hindari makanan yang mengandung gas tinggi dan kolesterol tinggi. Misalnya seperti mie instan dan kopi. 

3. Perubahan payudara dan aerola yang semakin membesar

3. Perubahan payudara aerola semakin membesar
Freepik/wayhomestudio

Pada kehamilan dua bulan, Mama akan membutuhkan bra baru dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya. Hal ini karena payudara serta sekitar aerola akan lebih membesar, lebih lembut, dan sangat sensitif ketika disentuh. 

Perubahan ini memang hal yang wajar bagi setiap ibu hamil, sebab tubuh sedang mempersiapkan diri untuk bisa menyusui. 

4. Perubahan suasana hati

4. Perubahan suasana hati
Pexels/Pixabay

Perubahan suasana hati atau mood swing juga menjadi keluhan ibu hamil dua bulan. Terjadinya perubahan suasana hati yang begitu cepat, hal ini disebabkan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh yang semakin meningkat karena sedang hamil.

Perubahan ini memiliki gejala yang hampir sama dengan mood swing saat Pre-Menstruation Syndrome (PMS). 

Cara mengatasinya cukup sederhana, ibu hamil hanya perlu selalu berpikir positif dan jangan stres, serta suami yang selalu mendukung dan menemani istrinya. 

5. Terjadinya varises pada ibu hamil

5. Terjadi varises ibu hamil
Pexels/lucas mendes

Peningkatan kadar hormon dan volume darah bisa menyebabkan terjadinya varises pada ibu hamil. Biasanya, varises terjadi di sekitar area kaki, vagina, serta di sekitar bokong dan anus. 

Varises ditandai dengan pembuluh darah yang membiru atau keunguan hingga berwarna merah dan terlihat menonjol keluar. Kondisi ini akan terjadi ketika pembuluh darah yang paling dekat dengan permukaan kulit mengalami pelebaran dan pembengkakan. 

Varises akan mereda setelah beberapa bulan setelah melahirkan, ibu hamil dapat mencegahnya dengan rajin berolahraga dan selalu berkonsultasi mengenai kesehatannya ke dokter. 

Demikianlah kelima keluhan ibu hamil dua bulan yang mungkin akan Mama rasakan dalam trimester pertama. Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.