Pantangan Ibu Hamil Saat Trimester Pertama

Hamil muda biasanya mau makan ini dan itu, tapi jangan asal pilih ya Mama

1 Februari 2019

Pantangan Ibu Hamil Saat Trimester Pertama
boldsky.com

Ibu hamil biasanya akan merasa gugup saat menjalani periode pertama kehamilan. Sebab, banyak mitos tentang risiko hamil muda yang bisa membahayakan ibu dan janin.

Mulai dari kebiasaan-kebiasaan, hingga makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda.Keadaan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena para ahli pun menilai ada beberapa hal yang memang menjadi pantangan ibu hamil muda.

Nah, supaya Mama lebih tenang menjalani kehamilan trimester pertama, sebaiknya waspadai dan hindari beberapa pantangan berikut ini.

1. Alkohol dan rokok

1. Alkohol rokok
captainmums.com

Bagi orang yang sedang tidak hamil pun berbahaya, apalagi bagi ibu hamil. Larangan ini tentunya bersifat mutlak, karena konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok akan berdampak bahaya bagi kesehatan ibu sendiri dan janin di dalam kandungan, terlebih saat sedang hamil muda.

2. Melakukan diet

2. Melakukan diet
Pixabay/stevepb

Banyak ibu hamil yang merasa kurang percaya diri dengan penampilan karena berat badan yang bertambah.

Maka solusi mereka biasanya adalah dengan melakukan diet. Padahal, saat hamil seorang perempuan tidak dianjurkan menjalani program diet.

Kegemukan bagi wanita hamil adalah hal yang wajar dan tidak aneh. Diet tidak dianjurkan karena ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tidak mengganggu pertumbuhan janin.

3. Aktivitas berat

3. Aktivitas berat
ebay.com

Pantangan hamil muda berikutnya adalah tidak melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga atau melakukan pekerjaan kasar.

Ibu hamil muda harus menghindari kegiatan-kegiatan tersebut, karena kondisi janin di dalam kandungan masih sangat riskan. Jika terlalu dipaksakan, maka dampak terburuknya adalah keguguran.

4. Terpapar radiasi

4. Terpapar radiasi
medapp.com.tr

Hal ini harus diperhatikan oleh perempuan yang bekerja dalam bidang radiologi.

Sebab seorang perempuan yang sedang hamil muda dilarang terkena paparan radiasi dalam kurun waktu yang lama.

Contoh sederhananya adalah saat melakukan foto rontgen.

Editors' Picks

5. Konsumsi makanan mentah

5. Konsumsi makanan mentah
babydotdot.com

Jika Mama hobi makan sushi atau sejenisnya, maka sebaiknya hindari selama hamil. Sebab, ibu hamil muda disarankan agar tidak mengonsumsi makanan mentah.

Makanan yang masih mentah dinilai mengandung beberaha zat yang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, jenis makanan yang mengandung bahan kimia seperti MSG juga sebaiknya dihindari.

6. Kosmetik dan obat

6. Kosmetik obat
forskning.no

Untuk tampil menawan, Mama tidak perlu terlalu sering memakai kosmetik. Sebab, banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Selain itu, ibu hamil juga dilarang mengonsumsi obat sembarangan atau tanpa resep dokter. Apalagi itu adalah obat-obatan kimia.

7. Konsumsi minuman berkafein

7. Konsumsi minuman berkafein
Unsplash/Christiana Rivers

Minuman-minuman seperti teh dan kopi mungkin memang bisa memberikan ketenangan bagi mama saat sedang bersantai. Namun, jenis minuman tersebut memiliki kandungan kafein.

Sedangkan seorang ibu hamil muda sebaiknya mengindari asupan kafein secara berlebihan ke dalam tubuh. Sebagai gantinya, Mama bisa perbanyak konsumsi air putih dan jus buah.

8.Mengonsumsi buah nanas

8.Mengonsumsi buah nanas
Freepik

Ada yang pantangan ibu hamil muda ini hanya mitos, tapi ternyata ada penjelasan ilmiahnya. Seorang ibu hamil muda memang sebaiknya menghindari makan buah nanas, baik secara langsung ataupun dalam bentuk jus.

Alasannya adalah karena nanas mempunyai kandungan bromelain, yang mana bisa melemahkan leher rahim. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dampaknya kandungan bisa terganggu.

Nanas boleh dikonsumsi ibu hamil setelah melewati periode awal kehamilan, namun tetap harus diperhatikan pemilihan nanas yang matang dan tidak berlebihan.

Selama kehamilan trimester pertama, memang banyak hal yang seolah membuat Mama tidak bisa bergerak bebas.

Banyaknya pantangan itulah yang terkadang membuat Mama gugup. Dukungan dari suami dan keluarga sangatlah penting.

Disarankan pula untuk rutin berkonsultasi ke dokter supaya Mama lebih tenang menjalani trimester pertama kehamilan ini.

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;