5 Jenis Buah Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Selama kehamilan, perubahan terjadi pada jantung dan pembuluh darah

7 Januari 2020

5 Jenis Buah Ini Sangat Baik Kesehatan Jantung Ibu Hamil
parenting.firstcry.com

Selama kehamilan, perubahan terjadi pada jantung dan pembuluh darah.

Perubahan ini memberi tekanan ekstra di tubuh ibu hamil dan mengharuskan jantung bekerja lebih keras. Perubahan tersebut normal selama kehamilan.

Dikutip dari Cleveland Clinic.org, selama trimester pertama jumlah darah dalam tubuh meningkat 40 hingga 50 persen dan tetap tinggi. Namun jika mengalami hipertensi biasanya dokter akan mendiagnosis semua jenis penyakit jantung.

Sebaiknya lakukan pencegahan, berikut ada 5 jenis buah yang baik untuk kesehatan jantung ibu hamil. Yuk, simak daftarnya dari Popmama.com :

1. Apel bisa menurunkan kadar kolesterol

1. Apel bisa menurunkan kadar kolesterol
Freepik/jcomp

Orang yang makan paling banyak buah memiliki risiko kardiovaskular dan rendahnya tekanan gula darah.

Nah, apel adalah buah yang cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung di masa kehamilan.

Di mana apel mengandung kaya akan vitamin A, C, E, K polifenol dan flavonoid yang bisa menurunkan tekanan darah dalam mencegah penyakit jantung.

Menurut penelitian perintis terbaru di Amerika yang diansir dari Dailymail.co.uk, bahwa minum jus apel dan makan apel dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan pektin dari apel merupakan serat larut telah terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol.

Editors' Picks

2. Aprikot dapat mencegah kerusakan jantung

2. Aprikot dapat mencegah kerusakan jantung
Freepik/4045

Perubahan pola makan kecil saat hamil memainkan peran penting dalam diet jantung yang sehat. Sementara jenis buah kedua yang baik untuk jantung adalah buah aprikot.

Ya, aprikot memiliki nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, K, serat, kalium dan karotenoid yang berperan dalam mencegah kerusakan jantung akibat radikal bebas.

Baby Mori.com menjelaskan, bahwa segenggam aprikot kering mengandung sekitar 10% dari asupan zat besi harian. Buah ini juga mengandung asam folat, kalium, kalsium dan magnesium untuk membantu menjaga kesehatan selama kehamilan.

Jadi aprikot segar maupun kering, keduanya sama-sama berkhasiat untuk kesehatan jantung ibu hamil. 

3. Buah berry mampu melawan kerusakan sel

3. Buah berry mampu melawan kerusakan sel
Freepik

Tahukah Mama?

Makan tiga atau lebih porsi blueberry dan stroberi per minggu bisa mengurangi risiko serangan jantung di masa kehamilan.

Ya, jenis buah berry seperti stroberi, blueberry dan raspberry merupakan makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil.

Health Land.Time.com mengatakan, bahwa buah berry yang berwarna cerah mengandung anthocyanin dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan sel.

Bahkan flavonoid, serat, karbohidrat hingga vitamin C dari buah berry mampu memberikan asupan asam folat bagi ibu hamil serta menjaga pembuluh jantung lebih elastis dan fleksibel.

4. Jeruk bantu memperbaiki fungsi pembuluh darah

4. Jeruk bantu memperbaiki fungsi pembuluh darah
Freepik/ArthurHidden

Makanan yang sehat akan memberi nutrisi penting dalam membantu tubuh agar berfungsi secara efektif dan mengurangi risiko beberapa penyakit di masa kehamilan.

Jenis buah ini tentu tidak usah diragukan lagi. Di mana jeruk yang kaya akan vitamin A, B6, C, folat, kalium dan serat sangat bagus untuk kesehatan jantung ibu hamil.

Medical News Today.com memaparkan, bahwa jeruk baik dikonsumsi untuk menjaga seseorang tetap terhidrasi dan sehat. Vitamin C dari jeruk dapat membantu mencegah kerusakan sel dan penyerapan zat besi.

Jeruk juga diketahui mengandung senyawa flavonoid yang bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah, sehingga fungsi endothial bekerja dengan baik.

5. Pepaya terdapat sejumlah nutrisi penting

5. Pepaya terdapat sejumlah nutrisi penting
Freepik/mrsiraphol

Buah pepaya yang terdapat sejumlah nutrisi penting sangat baik untuk tubuh dan kesehatan ibu hamil.

Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya di antaranya ada vitamin, mineral, asam folat, serat, protein, antioksidan dan nutrisi penting lainnya.

Healthline mengungkapkan, studi menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya likopen dan vitamin C seperti pepaya dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Di mana pepaya adalah buah tropis yang mengandung antioksidan, termasuk karotenoid untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol.

Itulah 5 jenis buah yang baik untuk kesehatan jantung di saat hamil. Pola makan yang sehat tetap harus diimbangi dengan olahraga secara teratur di masa kehamilan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.