5 Manfaat Konsumsi Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil

Konsumsilah buah kelengkeng setelah makan ya Ma

28 Maret 2021

5 Manfaat Konsumsi Buah Kelengkeng Ibu Hamil
Pixabay/Suanpa

Siapa yang tidak suka dengan buah kelengkeng? Ya, buah satu ini sangat disukai oleh banyak orang.

Buah dengan nama latin Dimocarpus longan tersebut tergolong buah musiman yang memiliki rasa manis dan segar. Meski ukurannya sangat kecil, ternyata buah kelengkeng memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berbagai kandungan nutrisi dan gizi ada pada buah kelengkeng, yakni karbohidrat, serat, lemak, protein, tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Nah, berikut adalah lima manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil yang sudah dirangkum oleh Popmama.com:

1. Baik untuk merangsang nafsu makan ibu hamil

1. Baik merangsang nafsu makan ibu hamil
Freepik/Freepic.diller

Kehilangan nafsu makan pada trimester awal kehamilan sering kali terjadi. Namun jangan biarkan berlarut-larut agar tidak membawa dampak buruk bagi kesehatan mama.

Pasalnya jika kekurangan nutrisi saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan perkembangan janin, kelahiran prematur, bahkan keguguran.

Cobalah variasikan menu makanan mama, misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan seperti kelengkeng.

Ya, buah kelengkeng memiliki vitamin B12 yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu buah kelengkeng juga memiliki senyawa berupa fitokimia dan sejenisnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil.

Editors' Picks

2. Meningkatkan metabolisme tubuh selama kehamilan

2. Meningkatkan metabolisme tubuh selama kehamilan
Pixabay/szyj351

Untuk Mama yang sering kali cepat merasa lemas dan tidak bersemangat menjalani kehamilan, maka disarankan untuk mengonsumsi buah kelengkeng.

Buah yang satu ini bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh ibu hamil.

Kandungan vitamin A, C, glukosa serta surkosa yang ada pada buah kelengkeng akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi kondisi lesu di masa kehamilan.

Selain itu, di dalam kelengkeng terkandung polifenol (antioksidan) yang ampuh menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh.

3. Membantu ibu hamil mengatasi insomnia

3. Membantu ibu hamil mengatasi insomnia
Freepik/Katemangostar

Buah kelengkeng yang biasanya menjadi hidangan penutup, ternyata berkhasiat cukup baik bagi ibu hamil.

Manfaat dari buah kelengkeng yakni dapat memberikan rasa tenang. Setelah dikonsumsi, kelengkeng mampu mengatasi rasa gelisah, susah tidur, dan sulit berkonsentrasi di masa kehamilan.

Hal ini tidak terlepas karena kandungan zat besi pada buah kelengkeng yang cukup tinggi dalam memproduksi sel darah merah, sehingga sangat baik untuk menyerap dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Oleh karenanya, cegahlah insomnia dan masalah tidur lainnya dengan mengambil manfaat dari buah kelengkeng.

4. Mengatasi masalah pencernaan selama masa kehamilan

4. Mengatasi masalah pencernaan selama masa kehamilan
Freepik

Masalah pencernaan merupakan masalah yang paling umum dialami oleh ibu hamil muda. Masalah pencernaan yang biasanya terjadi ialah maag dan sembelit.

Hal ini disebabkan perubahan hormon dan uterus yang terus berkembang, sehingga menekan perut ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

Tapi gangguan pencernaan pada ibu hamil bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah kelengkeng. Ya, buah kelengkeng yang mengandung tinggi serat bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

5. Sebagai sumber kalsium yang bagus untuk pembentukkan tulang janin

5. Sebagai sumber kalsium bagus pembentukkan tulang janin
Pixabay/Bigtreegroup

Ternyata, buah kelengkeng yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini dapat mengurangi risiko osteoporosis pada ibu hamil.

Buah kelengkeng mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, kalium, dan zat besi. Mineral-mineral itulah yang akan membantu menjaga kesehatan tulang mama dan janin.

Itulah lima manfaat kelengkeng untuk ibu hamil. Namun, konsumsilah buah kelengkeng secara wajar dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan dampak negatif.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.