5 Doa Ibu Hamil agar Diberi Kesehatan saat Sering Mual dan Muntah

Setiap doa yang dilantunkan saat hamil, setidaknya memberikan ketenangan bagi Mama dan si Kecil

8 Oktober 2020

5 Doa Ibu Hamil agar Diberi Kesehatan saat Sering Mual Muntah
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Setiap ibu hamil tentu ingin janin di dalam kandungannya tetap sehat dan berkembang dengan baik sampai proses persalinan tiba. Tak jarang ibu hamil pun selalu menyelipkan doa untuk janin di dalam kandungannya, termasuk saat sedang menunaikan ibadah salat.

Perlu diketahui bahwa ada doa tersendiri untuk ibu hamil agar diberikan kesehatan saat mulai sering merasa mual dan muntah, khususnya di trimester pertama. 

Berdoa juga dapat dilakukan untuk membawa ketenangan batin agar tetap semangat menjalani masa-masa kehamilan. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa doa ibu hamil agar bisa diberikan kesehatan saat sering merasa mual dan muntah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak yuk, Ma! 

1. Membaca surat Al-Insyirah

1. Membaca surat Al-Insyirah
Pexels/Fatemah Kaled

Surat Al-Insyirah bisa dibacakan ketika sedang menunaikan salat. Di momen tersebut, Mama bisa berkomunikasi secara langsung kepada sang Pencipta sekaligus meminta agar janin di dalam kandungan bisa sehat dan proses kehamilan selalu dilancarkan. 

Perlu Mama ketahui bahwa surat Al-Insyirah termasuk surat ke-94 dalam Alquran yang memiliki arti kelapangan. Surat Al-Insyirah seringkali dijadikan doa untuk memberikan kekuatan kepada siapa saja yang sedang mengalami ujian kehidupan. 

Dengan membaca surat Al-Insyirah seolah bisa menjadi obat dari segala macam penyakit, termasuk masalah-masalah kesehatan yang terjadi pada ibu hamil. Gejala fisik, seperti mual, pusing atau muntah di awal kehamilan setidaknya dapat teratasi dengan baik. 

Mama hanya perlu rutin membaca surat Al-Insyirah sebagai doa agar diberikan kemudahan selama sembilan bulan masa kehamilan. 

Editors' Picks

2. Membaca Al-Fatihah

2. Membaca Al-Fatihah
Freepik

Umat muslim memang dianjurkan untuk membaca Al-Fatihah ketika merasakan ada kesulitan atau sedang menghadapi sebuah tantangan hidup. Dengan membaca Al-Fatihah, ini akan membantu suasana hati menjadi lebih tenang dan mendapatkan petunjuk untuk mengatasi masalah yang ada. 

Al-Fatihah pun di dalam Alquran telah menjadi surat pertama yang paling diutamakan karena memiliki banyak manfaat. 

Apabila ibu hamil sedang merasakan mual dan ingin muntah di trimester pertama, maka tidak ada salahnya untuk membaca Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah bisa dibaca sebanyak tujuh kali agar diberikan keselamatan oleh sang Pencipta.

Ibu hamil yang terbiasa membaca Al-Fatihah diharapkan untuk mendapatkan ketenangan batin, sehingga mampu lebih berdamai dengan segala situasi selama menjalani masa-masa kehamilan. 

3. Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah

3. Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah
Freepik

Ketika menjalani masa-masa sulit selama hamil seperti mengalami mual atau sering muntah, cobalah untuk menenangkan hati dengan membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah. Percayalah kalau berdoa atau mendekatkan diri kepada sang Pencipta bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. 

Perlu diketahui bahwa membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah mampu melindungi ibu hamil dan janin tetap sehat. Ketika hormon di trimester pertama tidak stabil, doa ini bisa memberikan ketenangan tersendiri. 

Mama bisa membaca doa ini pada sore hari atau menjelang tidur, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak. 

Tetap semangat ya, Ma!

4. Membaca Ayat Kursi

4. Membaca Ayat Kursi
Freepik

Doa lain yang bisa dibacakan oleh ibu hamil yakni membaca Ayat Kursi. Ayat Kursi memang telah menjadi salah satu bacaan dalam Alquran yang dimuliakan karena berisikan tentang kekuasaan sang Pencipta. 

Perlu diketahui bahwa membaca Ayat Kursi memiliki makna yang dalam, sehingga dapat memperkuat keimanan terhadap sang Pencipta. Ibu hamil dapat membaca Ayat Kursi sebanyak dua kali yakni pada pagi dan sore hari. 

Selain itu, membaca Ayat Kursi juga bisa dilakukan ketika selesai menunaikan salat fardu atau saat tahajud. Ibu hamil yang membaca Ayat Kursi secara rutin selama masa kehamilan akan lebih tenang dalam menjalani semua permasalahan fisik atau mental yang sedang terjadi. 

Ingatlah dan selalu percaya bahwa akan selalu ada pertolongan dari Allah SWT. 

5. Membacakan doa yang baik selama salat agar janin diberikan kesehatan

5. Membacakan doa baik selama salat agar janin diberikan kesehatan
Freepik/rawpixel

Ada doa lain yang bisa dijadikan pedoman untuk ibu hamil agar diberikan kesehatan, terutama ketika sudah mulai sering merasa mual dan muntah di trimester pertama kehamilan.

Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa'an illaa syifaa'uka syifaa'an laa yughaadiru saqamaa

Artinya:

"Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

Ketika Mama salat lima waktu, cobalah untuk melantunkan doa di atas agar diberikan kesehatan dan terhindar dari segala penyakit. 

Itulah beberapa doa baik untuk ibu hamil agar senantiasa sehat. Perlu diingat bahwa mendekatkan diri kepada sang Pencipta dengan melantunkan doa-doa bisa membuat hati menjadi lebih tenang. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.